4 Cara Mengecek Kuota Internet 3 (Tri) Lewat Dial, SMS, Aplikasi dan Website

Cara Mengecek Kuota Internet Tri
Beri Nilai Informasi

4 Cara Mengecek Kuota Internet 3 (Tri) Lewat Dial, SMS, Aplikasi dan Website – Jika kamu menginginkan kuota internet yang besar namun tetap dengan harga yang terjangkau, maka provider Tri (3) adalah salah satu jawaban untuk kamu. Tri memang sudah dikenal sebagai kartu yang harganya murah meriah dan karena inilah pengguna Tri sangat banyak sekali di Indonesia. Kemudian provider ini sudah memiliki kualitas jaringan 4G sehingga kecepatan internet lebih ngebut dari sebelumnya. Tak hanya disitu saja, terkadang ada banyak promo kuota internet yang harganya mulai dari dibawah Rp 10.000 saja. Provider ini memang recommended untuk kamu yang ingin internetan dengan budget pas-pasan.

Berbicara soal kuota internet, Tri memiliki dua jenis yakni kuota reguler dan unlimited. Untuk yang unlimited, Tri menyediakannya namun dengan batasan waktu yang telah ditentukan, sedangkan kuota biasa ditentukan dengan ukurannya seperti 2GB atau 5GB. Permasalahannya ketika kita menggunakan kuota reguler, maka tentu bisa mengalami kehabisan tanpa terduga, misal ketika sedang menonton YouTube.

4 Cara Mengecek Kuota Internet 3 (Tri) Lewat Dial, SMS, Aplikasi dan WebsiteCara Mengecek Kuota Internet Tri

Maka dari itu bagi yang menggunakan kuota reguler ada baiknya melakukan pengecekan kuota internet secara berkala agar tidak kebobolan. Karena apabila kuota sudah habis, maka pulsa HP-lah yang akan menjadi pengganti kuota internet ketika koneksi internet menyala. Untuk provider Tri tersedia empat cara dalam mengeceknya, yakni lewat dial (panggilan), SMS, aplikasi dan website. Bagaimanakah caranya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Mengecek Kuota Tri Lewat Dial/Kode USSD

Kode USSD adalah sebuah protokol yang di gunakan oleh penyedia layanan telekomunikasi supaya para pelanggannya dapat terhubung dengan pihak provider untuk beberapa kepentingan tertentu. Kamu dapat menggunakan kode USSD ini untuk mengecek sisa kuota Tri yang kamu miliki. Untuk tutorialnya, silakan ikuti langkah demi langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi telepon pada smartphone kamu
  • Ketikan kode *123# pada papan telepon, kemudian panggil dan tunggu beberapa saat.Masukan Kode USSD Tri
  • Muncul jendela menu utama dengan berbagai pilihan. Pilih menu nomor 2 yaitu “Info”.Pilih Info
  • Selanjutnya pilih menu nomor 3 yaitu “Cek Kuota Internet”.Pilih Cek Kuota Internet
  • Provider Tri akan memproses pilihan kamu dan silakan tunggu informasinya melalui SMS yang akan dikirimkan.Permintaan Sedang di Proses
  • Dan ini adalah informasi yang telah dikirim melalui SMS.Informasi Kuota Lewat SMS

2. Mengecek Kuota Tri Lewat SMS

Selain lewat pemanggilan seperti pada poin pertama, masih ada cara lain untuk mengecek kuota Tri yakni lewat SMS. Cukup membuat pesan baru dengan format yang ditentukan, lalu kirim ke nomor provider tersebut. Lebih lengkapnya ikuti tutorial dibawah ini.

  • Buka aplikasi perpesanan atau SMS pada smartphone kamu.
  • Buat pesan baru dengan formatnya adalah INFO DATA.INFO DATA
  • Setelah itu kirim format SMS tersebut ke nomor 234.Kirim Ke Nomor 234
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan informasinya melalui balasan SMS.Hasil Informasi Kuota Lewat SMS

3. Mengecek Kuota Tri Lewat Aplikasi “bima+”

Tri memiliki sebuah aplikasi yang bernama “bima+”. Didalam aplikasi ini ada banyak sekali konten dan promo mengenai pilihan paket termasuk salah satunya paket kuota. Kemudian aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk melihat informasi mengenai paket kuota yang sedang aktif. Untuk cara menggunakannya, silakan simak dibawah ini.

  • Silakan download dan install terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Play Store atau bisa langsung klik linknya disini.
  • Setelah terinstall, login aplikasinya dengan nomor Tri yang kamu gunakan.Login Bima+
  • Selanjutnya setelah login, kamu akan dikirimkan kode otentikasi via SMS dan apabila sudah menerimanya, silakan masukan kode tersebut ke kolom yang sudah disediakan.Masukan Kode OTP
  • Di beranda aplikasi, sudah tertera jumlah kuotanya. Namun, untuk mendapatkan informasinya yang lebih detail, silakan ketuk saja ikon kuota tersebut.Cek Kuota Tri Lewat Aplikasi

4. Mengecek Kuota Tri Lewat Website

Sebenarnya langkah-langkah untuk mengecek kuota Tri lewat website sama dengan aplikasi bima+. Tetapi Java’sTech akan tetap memaparkannya untuk kamu.

  • Silakan akses situsnya dengan klik tautan berikut ini: http://internet.tri.co.id/login.
  • Login dengan nomor Tri yang kamu gunakan.
  • Masukan kode otentikasi yang sudah dikirim oleh Tri melalui SMS ke kolom yang tertera diwebsite.
  • Kamu akan dibawah menuju ke beranda website dan klik saja ikon kuota untuk melihat informasi kuota secara detail.

Demikian 4 Cara Mengecek Kuota 3 (Tri) Lewat Dial, SMS, Aplikasi dan Website. Dengan ini kamu sudah mengetahui ke-empat cara tersebut dan kamu cukup pilih cara manakah yang ingin digunakan untuk mengecek kuota Tri. Kamu bisa share artikel ini ke rekan-rekan kamu bagi mereka yang sedang membutuhkan informasinya. Semoga bermanfaat!

error: Salin konten dilarang