Inilah 9 Cara Sederhana dan Mudah Untuk Mengatasi WhatsApp Pending dan Error

0

Cara Mengatasi WhatsApp Pending dan Error – WhatsApp sebagai aplikasi yang sudah terkenal karena fitur-fiturnya yang dapat diandalkan serta mudah dan sederhana dalam penggunaannya tentulah tidak selalu 100% berjalan dengan lancar sesuai yang kita inginkan. Ada kalanya apliaksi tersebut mengalami kendala ketika kita menggunakannya.

Kendala ini bermacam-macam ada yang error seperti gagal terbuka, tidak merespon atau yang sering terjadi adalah pesan yang tidak terkirim ke kontak tujuan. Kita sebagai penggunanya tentu harus mengetahui tentang apa saja yang harus dilakukan ketika WhatsApp mengalami kejadian seperti ini. Karena masalah seperti ini tidak semua orang secara serentak merasakannya, melainkan ini bersifat individual.

Oleh karena itu karena cukup banyak yang mengalami kejadian seperti ini, maka Admin akan memberikan solusi tentang bagaimana caranya untuk mengatasi WhatsApp pending dan error. Cara ini terdapat 9 macam, maka dari itu silakan simak ketujuh caranya berikut ini.

Inilah 9 Cara Sederhana dan Mudah Untuk Mengatasi WhatsApp Pending dan Error9 Cara Sederhana dan Mudah Untuk Mengatasi WhatsApp Pending dan Error

Masalah WhatsApp pending dan error merupakan masalah umum yang terjadi dikalangan para pengguna tetapi walau demikian tentu ini bersifat tidak nyaman bagi para pengguna yang menggunakannya. Lalu apa saja cara untuk mengatasinya?

1. Restart SmartphoneRestart Smartphone

Jangan tergesa-gesa dan langsung panik ketika WhatsApp mengalami error, cobalah untuk melakukan tindakan sederhana ini, yaitu dengan restart smartphone. Karena dengan cara ini maka seluruh sistem akan memulai ulang lagi performanya dan mengembalikan proses seperti pada awal sebelum aplikasi berjalan.

2. Cek Koneksi Internet dan Kualitas SinyalCek Koneksi Internet dan Kualitas Sinyal

Ini adalah hal vital yang harus kamu perhatikan. Sebab lancarnya suatu komunikasi dengan WhatsApp tergantung dari koneksi internet dan kualitas sinyal itu sendiri. Jangan sampai ketika sinyal kamu sedang baik, penuh dan tinggi pada bar grafik yang tertera tetapi koneksi didalamnya tidak ada sama sekali atau kualitasnya buruk. Mengapa dikatakan demikian? Karena ini adalah berdasarkan pengalaman Admin. Jadi perlu perhatikan poin yang satu ini dalam kegiatan berkomunikasi WhatsApp.

Untuk solusinya kamu bisa menggunakan cara peralihan mode jaringan dengan memilih koneksi jenis 4G. Tetapi karena di Indonesia sinyal 4G terkadang masih suka labil, kamu bisa memilih mode jaringan jenis 3G saja karena ini sudah cukup kuat untuk lalu lintas datanya.Ubah Mode Jaringan

3. Nyalakan Mode Pesawat Kemudian Matikan Matikan KembaliAirplane Mode

Cara ini terbilang cukup ampuh untuk mengatasi WhatsApp error khususnya pada saat pending. Dengan kamu menyalakan mode pesawat dan mematikannya kembali setelah 7 detik maka sinyal yang semulanya tidak memiliki koneksi, maka ia secara menyentak akan mendapatkan koneksi yang langsung terhubung ke smartphone tersebut sekaligus dengan kualitas sinyal yang langsung berubah seperti semula. Dapat dikatakan ini seperti “restart” jaringan.

Untuk caranya kamu tetap nyalakan saja data seluler smartphone, setelah itu hidupkan mode pesawat dan tunggu tujuh detik. Setelah tujuh detik, matikan kembali mode pesawat dan kamu bisa rasakan perubahannya.Mode Pesawat

4. Cek Penghemat Daya Smartphone AndroidPenghemat Daya

Penghemat daya yang ada di smartphone memang memiliki tujuan yang benar, yaitu menghemat daya agar masa waktu penggunaan perangkat dapat lebih lama dari biasanya. Tetapi apa jadinya jika penghemat daya ini malah membuat beberapa aplikasi menjadi tidak berfungsi dengan semestinya seperti salah satunya WhatsApp yang tidak berjalan atau terhenti?

Dampak WhatsApp apabila masuk dalam lingkaran penghematan daya adalah fungsinya untuk tetap berjalan dibelakang layar (background) tidak dapat terjadi karena cara kerja penghemat daya adalah berusaha mungkin untuk mengurangi aktivitas dibelakang layar dan lebih memindahkannya didepan layar (foreground) sehingga aktivitas hanya dapat dilakukan ketika aplikasi terbuka saja.

Maka dari itu silakan untuk mengecek penghemat daya kamu. Kamu bisa mematikan penghemat dayanya, melakukan penjadwalan kapan penghemat daya aktif seperti misalnya akan aktif ketika baterai sudah 20% atau masukan WhatsApp ke dalam whitelist penghemat data.Cek Penghemat Daya

5. Perhatikan Apakah Koneksi WhatsApp Berjalan Di Background atau TidakKoneksi Aplikasi Dibackground

Jika sinyal bagus, kualitas baik dan koneksi kuat hingga full 4G tetapi masih terjadi pending mungkin salah satu inilah penyebabnya, yakni koneksi WhatsApp dibatasi dilayar belakang atau background. Ketika koneksi dilayar belakang dibatasi maka kamu hanya bisa mendapatkan koneksi ketika aplikasi dibuka pada saat itu juga dan jika ditinggalkan (keadaan tidak dibersihkan dari RAM) koneksi akan hilang.

Silakan untuk buka pengaturan smartphone, buka menu dengan kategori koneksi atau jaringan, penggunaan data, penggunaan data seluler. Selanjutnya cari aplikasi WhatsApp, buka aplikasinya dan lihat apakah ia dibatasi atau tidak. Jika dibatasi, matikan saja opsinya dan setelah itu WhatsApp akan tetap mendapatkan koneksi dibelakang layar.Atur Penggunaan Data Seluler di Background

6.  Cegah WhatsApp Dari Pembersihan RAMAplikasi Bersih-Bersih

Aplikasi yang dibersihkan dari penggunaan RAM artinya prosesnya mati.  Artinya jika WhatsApp dibersihkan dari penggunaan RAM maka seluruh prosesnya yang ada dibelakang layar akan mati. Sebab cara kerja aplikasi “bersih-bersih” RAM tak jauh berbeda dengan penghemat daya.

Silakan masukan WhatsApp ke dalam whitelist apabila memang ada opsi tersebut. Tetapi jika tidak ada, ada baiknya untuk uninstall aplikasi bersih-bersih RAM tersebut.

7. Bersihkan Cache WhatsAppHapus Cache WhatsApp

Sebelumnya apa itu “cache”Cache adalah data yang disimpan secara sementara dengan guna untuk mempercepat pemrosesan sebuah aplikasi. Jadi, apabila kamu sering mengakses aplikasi sepert WhatsApp maka lama-kelamaan cache akan semakin bertambah karena banyak aktivitas yang kamu lakukan salah satunya ketika ada banyaknya chat yang ada diberanda khususnya pada isi obrolan.

Oleh karena itu silakan kamu bersihkan WhatsApp dari cache. Kamu bisa membersihkannya tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, melainkan dapat melakukannya seperti gambar dibawah ini.

8. Update WhatsApp Ke Versi yang Lebih Baru

Update pada WhatsApp semata-mata bukanlah merubah kode versi saja, melainkan adanya perubahan, peningkatan dan perbaikan pada bug-bug yang ada pada WhatsApp. Sehingga dengan kamu melakukan update pada WhatsApp maka dapat mengoptimalkan performa pada aplikasi tersebut agar tetap dapat digunakan dengan nyaman dan lancar.

9. Hapus Seluruh Data WhatsAppHapus Cache WhatsApp

Sebenarnya ini adalah membersihkan WhatsApp tingkat “advanced” apabila membersihkan cache saja dirasa belum membuahkan hasil. Dengan kamu menghapus seluruh data WhatsApp, artinya sekaligus membersihkan apa-apa yang ada didalam WhatsApp itu sendiri dengan harapan semua sudah bersih seperti sedia kala dapat digunakan kembali seperti WhatsApp yang baru di install.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More