Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Cara Mengatasi Shortcut di Flashdisk Akibat Terdampak Virus, Hanya Perlu CMD!

0

Flashdisk atau bisa disebut juga dengan flashdrive merupakan salah satu media penyimpanan dengan bentuk sebesar jempol manusia saja. Walaupun begitu ukuran penyimpanan yang disediakan besar bahkan sudah support hingga 1TB. Benda kecil dan fleksibel dapat menyimpan berbagai macam file yang diinginkan. Kecil dan fleksibel artinya dapat dengan mudah dibawa kemana-mana apalagi jika kita menaruh berbagai file penting didalamnya. Sayangnya benda ini sering sekali mendapatkan masalah yakni yang sering ditemui adalah terkena virus. Namun, virus disini yang umum adalah shortcut.

Apa maksudnya virus shortcut ini? Maksudnya adalah virus ini membuat seluruh file kita menjadi disembunyikan. Ketika sudah disembunyikan maka ikon shortcut flashdisk ini akan muncul seolah-olah disitulah lokasi file kita. Padahal ketika kita buka file tersebut tidak ada bahkan terjadi error. Jalan terakhir yang dilakukan oleh orang-orang biasanya dengan memformatnya baik melalui tools bawaan Windows atau antivirus.

Cara Mengatasi Shortcut di Flashdisk Akibat Terdampak Virus, Hanya Perlu CMD!Cara Mengatasi Virus Shortcut di Flashdisk

Padahal tindakan diatas tidak tepat! Kita masih bisa mengatasi atau memperbaikinya dengan langkah sederhana yakni memasukan sintaks di CMD atau Command Prompt. Sintaksnya sendiri pun tidak panjang seperti yang kita kira bahkan pembaca pun tentu bisa melakukannya dengan mudah. Jika ingin tahu bagaimana caranya silakan simak informasi selengkapnya dibawah ini.

  1. Siapkan flashdisk yang terkena dampak virus shortcut.
  2. Colokan flashdisknya ke komputer atau laptop.
  3. Berikutnya silakan bukan apliaksi Command Prompt.
  4. Setelah aplikasi tersebut terbuka, ketikan label disk yang digunakan. Contohnya dibawah ini ketik “F:” (tanpa kutip). Untuk bisa melihat label, silakan lihat saja melalui File Explorer.
  5. Setelah itu ketikan sintaks berikut: attrib -s -h -r -a * . * /s /d
  6. Tunggu kurang lebih 30 detik.
  7. File yang tadi disembunyikan akan muncul dengan folder tanpa nama.
  8. Selesai

Tutorial gambar:

Sintaks Mengatasi Shortcut Flashdisk

Folder Tanpa Nama di Flashdisk

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara untuk mengatasi shortcut di flashdisk hanya dengan command prompt saja. Artinya adalah tidak perlu menggunakan antivirus. Cukup dengan memasukan perintah command prompt shortcut pun menjadi hilang. Silakan sebarkan informasi ini bagi orang yang sedang membutuhkannya. Semoga bermanfaat!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More