Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Cara Mudah Mengatasi Masalah “Download Tertunda” di Play Store

0

Cara Mengatasi Masalah “Download Tertunda” di Play Store –  Pastinya kamu harus mengetahuinya, dimana hal ini akan mempermudah kamu ketika menghadapi permasalahan ini. Sebab tertundanya download pada Play Store sering terjadi dimana hal ini disebabkan oleh beberapa hal, hal ini pastinya akan sangat mengganggu kamu dalam mendownload nanti.

Mengingat kehadiran Play Store sangat penting karena aplikasi ini dapat mempermudah kamu dalam mendownload beberapa aplikasi yang diperlukan apakah aplikasi kamera maupun game. Jadi dengan mengetahui hal ini maka kamu tidak perlu kebingungan serta sangat mudah dalam mengatasi permasalahan ini.

Cara Mudah Mengatasi Masalah “Download Tertunda” di Play StoreDownload Tertunda Pada Play Store

Memang begitu menyebalkan masalah yang satu ini. Dikala ingin mendownload aplikasi seperti game, proses pada Play Store malah menunjukan keterangan “Download Pending” atau “Download Tertunda” tentunya menunggu untuk jalan kembali sangatlah lama.

Ditips kali ini sudah Admin sediakan 7 poin yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut, silakan simak selengkapnya dibawah ini.

1. Mengubah Pengaturan Download Pada koneksi WiFiMengubah Pengaturan Download

Karena mendownload dalam jumlah yang banyak pastinya beberapa orang menggunakan jaringan WiFi, namun kurang bagusnya jaringan WiFi bisa menjadi salah satu penyebab tertundanya download pada Play Store. Oleh sebab itu ada baiknya jika kamu mengubah pengaturan download dengan mengubah mode jaringannya, sehingga nantinya kamu dapat mendownload tanpa harus menggunakan jaringan WiFi dan menggunakan jaringan data seluler.

Akan tetapi hal ini akan membuat kuota kamu terbuang banyak, sehingga akan sangat memberatkan jika memperbarui aplikasi dalam jumlah yang banyak. Sebab banyak orang memilih untuk memperbarui aplikasinya apabila telah banyak.

2. Membersihkan Cache atau Data Sampah Pada Play StoreBersihkan Cache

Tentunya mendownload aplikasi maupun game nantinya kamu menggunakan Play Store, namun kebiasaan seperti ini mempermudah penuhnya cache yang tersimpan sehingga menjadi penuh dan mempengaruhi kinerja dari Play Store. Oleh sebab itu menghapusnya menjadi salah satu solusi, dimana cara untuk menghapus cache adalah dengan pergi ke menu setting dan pilih menu My Apps.

Tentunya di menu ini nantinya kamu akan menemukan semua aplikasi yang terpasang pada smartphone kamu, kemudian carilah aplikasi Play Store dan pilihlah. Kemudian pilih menu Storage, setelah itu untuk menghapus cache maka kamu dapat memilih menu Clear Cache. Dengan cara ini maka Play Store dapat bekerja dengan maksimal dan membantu kamu dalam mendapatkan aplikasi yang diinginkan.

3. Mengupdate Versi Play Store TerbaruUpdate Play Store

Beberapa smartphone masih ada yang menggunakan Play Store versi lama, dimana hal ini memberikan pengaruh terhadap performa dari aplikasi tersebut. Oleh sebab itu ada baiknya jika kamu mengupdate versi dari aplikasi tersebut sehingga dapat nyaman untuk menggunakannya, untuk mengupdate Play Store tersebut sangatlah mudah.

Pilihlah menu Settings pada Play Store, kemudian pilihlah menu About (Tentang) nantinya akan ditemukan info mengenai versi dari Play Store tersebut. Oleh sebab itu ketuklah beberapa kali dan pilihlah update sehingga versi Play Store kamu menjadi update sehingga versi Play Store akan menjadi versi terbaru.

4. Memeriksa Kapasitas Penyimpanan Internal SmartphonePeriksa Penyimpanan Internal

Apabila kamu menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang rendah tentunya sangat sulit untuk mengupdate versi terbaru pada sebuah aplikasi, sebab dengan kapasitas memori yang terbatas namun tidak dapat diimbangi dengan jumlah data yang membengkak. Jadi apabila tertundanya download pada Play Store kamu maka bisa jadi diakibatkan penuhnya memori internal, oleh sebab itu melegakan memori internal bisa menjadi salah satu solusi.

Sudah pasti caranya adalah dengan menghapus sebagian besar aplikasi dan beberapa data yang tidak penting, oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kamu mencoba cara mengatasi download tertunda di Play Store sehingga kamu bisa menggunakan Play Store dengan baik tanpa hambatan.

5. Lakukan Force Close (Paksa Berhenti) Pada Play StorePaksa Berhenti

Kamu bisa menggunakan cara ini untuk memberhentikan seluruh operasi pada Play Store baik yang tersimpan di RAM atau background sehingga bila kamu membuka kembali aplikasi tersebut, maka ia seperti menyalakan ulang seluruh operasi yang sebelumnya dihentikan secara paksa dan memiliki kemungkinan masalah download tertunda akan teratasi

6. Hapus Data Play StoreHapus Data Play Store

Hapus data Play Store, berarti kamu menghapus seluruh data dan konfigurasi yang tersimpan termasuk dengan kembalinya versi aplikasi tersebut ke awal . Tapi kamu tidak perlu khawatir, menghapus seluruh data ini tidak akan menyebabkan suatu fatalnya pada smartphone kamu dan untuk kembalinya versi, ia secara otomatis akan terupdate kembali bila kamu sudah membukanya kembali.

7. Gunakan Toko Aplikasi Pihak Ketiga (Alternatif)Gunakan Aptoide

Jika kamu sudah mencoba serangkaian poin-poin diatas namun belum membuahkan hasil juga, maka kamu dapat menggunakan jalan alternatif dengan menginstall Aptoide sebagai pengganti dari Play Store. Soal keamanan, kamu tidak perlu risau karena toko aplikasi ini bebas dari malware dan virus!

Semoga poin-poin beserta penjelasannya tadi dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah download tertunda di Play Store. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More