Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

5 Cara Memperkuat Sinyal HP Untuk Silaturahmi Lebaran, Terutama Video Call

0

Seperti yang kita tahu bahwa pemerintah telah resmi mengeluarkan kebijakan untuk tidak melakukan mudik lebaran tahun 2020. Kebijakan ini dikeluarkan dengan alasan untuk memutus mata rantai pandemi COVID-19. Apalagi saat ini wabah tersebut sudah meluas dan kasus positifnya semakin meningkat. Oleh karena itulah pemerintah mengharuskan kita untuk tidak berpergian kemana-mana dan tetap dirumah saja sebagai upaya untuk pencegahan yang lebih parah.

Memang sedih rasanya khususnya sebagai orang perantauan tidak bisa mudik lebaran 2020 untuk menemui sanak keluarga di kampung halaman. Namun, kita masih bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk tetap berkomunikasi. Salah satunya yakni dengan video call melalui aplikasi atau layanan yang sudah disediakan. Untuk bisa melakukan video call dengan lancar dan kualitas terbaik maka HP yang kita gunakan membutuhkan sinyal yang bagus dan kuat juga.

5 Cara Memperkuat Sinyal HP Untuk Silaturahmi Lebaran, Terutama Untuk Video CallCara Memperkuat Sinyal HP

Maka dari itu agar kelancaran silaturahmi tetap terjaga dengan bantuan video call, maka kita harus mengetahui bagaimana caranya untuk memperkuat sinyal  HP. Berikut ini sudah tersedia langkah-langkah untuk melakukannya. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Hidup-Matikan Airplane ModeAirplane Mode

Langkah sederhana yang bisa kita lakukan pertama kali adalah dengan hidup-matikan mode pesawat. Karena hal tersebut berarti sinyal dimatikan kemudian dihidupkan lagi dengan tujuan untuk me-refresh. Cara ini terbilang cukup efektif karena HP akan menangkap sinyal baru lagi daripada yang sebelumnya. Untuk bagaimana melakukannya maka kita bisa menghidupkan mode pesawat melalui panel notifikasi dan ketuk ikon pesawat. Atau bisa juga dengan melalui pengaturan kemudian ke menu bagian jaringan. Disanalah mode pesawat juga berada.

2. Kunci Jaringan Internet yang DigunakanMode Jaringan

Lokasi pengguna HP memperngaruhi jaringan internet itu sendiri. Contohnya di perkampungan karena di lokasi tersebut banyak pepohonan tinggi serta lebat sehingga sinyal kurang mendapatkan ruang terbuka untuk bisa tersebar. Sehingga sinyal yang tertangkap kadang tidak konsisten alias berubah-ubah jenisnya bisa LTE, HSPA atau EDGE.

Maka dari itu agar sinyal tetap terjaga ada baiknya kita perlu mengunci jaringan tersebut. Caranya adalah dengan membuka pengaturan HP, kemudian buka menu jaringan dan setelah itu ganti mode jaringannya. Silakan ganti dan rekomendasinya adalah LTE Only atau WCDMA Only. Namun, kedua jaringan ini disesuaikan lagi dengan lokasi kita lebih dominan ke yang mana jenisnya.

3. Lepas Case HPCase HP

Pernahkah kita terpikirkan bahwa case HP ternyata mempengaruhi kekuatan sinyal? Jika belum maka disini ada penjelasan singkatnya. HP zaman sekarang sudah menerapkan sistem unibodi yang membuat area antena berada di bagian luar. Oleh karena itu, ketika case dipasang di HP maka antena luar akan tertutup. Walaupun begitu kembali lagi ke soal lokasinya apakah memiliki ruang terbuka yang cukup untuk mendapatkan sinyal yang kuat. Jika dirasa lokasinya mendapatkan sinyal yang kuat maka melepas case tidak menjadi masalah. Sebaliknya, jika sinyal sulit didapatkan maka silakan untuk coba lepas case HP tersebut agar HP lebih leluasa dalam menangkap sinyal.

4. Pindah ke Ruangan yang Lebih Terbuka

Pepohonan yang lebat dan tinggi serta banyaknya bangunan terlebih lagi hingga padat maka bisa mempengaruhi rambatan sinyal melalui udara. Hal ini bisa terjadi karena tidak adanya ruangan yang lebih terbuka untuk bisa menyebarkan sinyal ke udara. Dengan kata lain sinyal terhalang oleh objek tersebut. Oleh karena itu silakan untuk coba pindah ke ruangan yang lebih terbuka alhasil HP lebih optimal untuk mendapatkan sinyal meskipun tidak harus kuat.

5. Pastikan Baterai Selalu Terisi PenuhBaterai Penuh

Berbicara soal menangkap sinyal tentunya HP juga membutuhkan tenaga untuk bisa melakukan hal tersebut. Apalagi jika HP dipaksa untuk terus mencari-cari sinyal ketika sinyalnya sedang lemah, pastinya akan lebih boros penggunannya daripada biasanya. Maka dari itulah pastikan HP selalu dalam kondisi penuh agar dari kita sendiri tidak was-was soal baterai mulai melemah ketika sedang mencari sinyal terbaik. Kemudian, pastikan untuk tidak menyalakan penghemat daya otomatis jika sedang dalam kondisi mencari sinyal untuk berkomunikasi. Mengapa? Karena ketika fitur tersebut menyala biasanya HP akan mengubah mode jaringan menjadi 2G (EDGE). Karena sinyal ini memang irit baterai ketimbang HSPA (3G) dan LTE (4G).

Penutup

Demikian informasi mengenai bagaimana caranya untuk memperkuat sinyal HP untuk berkomunikasi silaturahmi ketika lebaran. Walaupun saat ini kita tengah dilanda pandemi namun bukan berarti ini akhir dari segalanya. Kita masih bisa menggunakan cara seperti video call untuk tetap bersilaturahmi meskipun secara virtual. Itulah manfaat teknologi yang kini bisa kita gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More