Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Cara Mempercepat Performa Photoshop yang Lambat (CS6 dan CC)

0

Sampai saat ini Adobe Photoshop merupakan aplikasi atau software yang paling banyak digunakan untuk mendesain atau manipulasi gambar. Banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi ini tak lepas dari sebuah alasan yakni karena tools dan fiturnya yang lengkap. Apalagi dari masa ke masa Photoshop selalu merilis pembaruan mulai dari CS6 hingga menjad CC atau Creative Cloud yang artinya bisa simpan projek langsung ke penyimpanan awan. Keren bukan? Oleh karena itulah Photoshop selalu menjadi software andalan bagi setiap desainer gambar.

Software ini memang memiliki banyak tools dan fitur yang bisa digunakan. Namun, yang perlu diingat adalah untuk menggunakannya diperlukan juga resource dari hardware komputer itu sendiri. Tentu saja hardware tersebut untuk memproses hasil dari manipulasi yang kita buat. Disinilah terkadang beberapa pengguna merasakan performa Photoshop yang menurun. Memang wajar karena Photoshop memerlukan resourcenya yang besar untuk bisa melakukan pemrosesan gambar tersebut.

Cara Mempercepat Performa Photoshop yang Lambat (CS6 dan CC)Adobe Photoshop

Walaupun wajar tapi tetap saja dengan menurunnya performa Photoshop dapat mengakibatkan pekerjaan desain menjadi terlambat juga. Apalagi seiring adanya pembaruan spesifikasi yang dibutuhkan Photoshop ikut bertambah. Oleh karena itu kita harus mengetahui bagaimana cara mengatasi performa Photoshop yang lambat. Informasi lebih lengkap mengenai caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Adobe Photoshop. Kemudian navigasi pointernya ke menu Edit > Preferences > General. Atau jika ingin akses cepatnya adalah gunakan tombol kombinasi CTRL + K.
  2. Sekarang kita akan mengatur performa dari Adobe Photoshop itu sendiri. Ikuti instruksi berikut ini.Pengguna Memori Photoshop
    • Buka menu Performance. Nantinya kita akan melihat penggunaan memori dengan setelan performa lainnya yang tersedia. Namun, disini kita hanya fokus ke penggunaan memorinya saja.
    • Untuk komputer dengan RAM 2GB atur penggunaan memorinya 55-65%.
    • Sedangkan untuk RAM 4GB atau lebih, atur penggunaan memorinya 70-75%.
  3. Berikutnya kita akan menyetel virtual RAM atau Scratch Disks. Tujuan untuk menyetel scratch disks adalah untuk mengalokasikan data dan membantu Photoshop untuk bekerja lebih cepat pada hard drive. Caranya mudah, cukup ke menu Scratch Disks kemudian ceklis seluruh partisi hard drive yang ada.Centang Seluruh Hard Drive
  4. Kosongkan memori dengan cara purge Photoshop. Caranya yakni ke menu Edit > Purge > All. Nantinya seluruh memori akan dihapus termasuk clipboard dan undo -nya. Maka dari itu perlu dipertimbangkan dahulu sebelum melakukan hal tersebut. Karena jika sudah terjadi maka tidak bisa dikembalikan.
  5. Protitaskan program Photoshop ke paling tinggi. Tujuannya adalah agar resource hardware lebih diberikan kepada program tersebut sehingga performa pun lebih maksimal. Caranya adalah dengan buka Task Manager (CTRL + SHIFT + ESC) > Menu Details > Cari Program “Photoshop.exe” > Klik Kanan > Set Priority > High. Ketika muncul pop up, klik saja Change Priority.Atur Prioritas Photoshop
  6. Tutup software/aplikasi/program apabila sudah tidak diperlukan lagi karena untuk membebaskan CPU dan RAM dari penggunaan.
  7. Downgrade versi Adobe Photoshop. Karena spesifikasi mempengaruhi juga performa software tersebut.

Penutup

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi photoshop yang lambat. Tips ini bisa kita gunakan untuk CS6 maupun CC. Harapannya dengan tersedianya tips ini bisa membantu kamu dalam mempercepat performa Adobe Photoshop. Kalaupun tidak secepat yang diinginkan setidaknya performa yang dihasilkan optimal. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More