Cara Mempercepat Cas HP Untuk Smartphone yang Belum Memiliki Fast Charging

0

Cara Mempercepat Cas HP Untuk Smartphone yang Belum Memiliki Fast Charging – HP saat ini sudah menjadi bagian dari hidup kita. Berkatnya, komunikasi sudah menjadi lebih mudah apalagi tersedia fitur-fitur yang sangat mendukung kebutuhan kita. Seperti aplikasi memesan jasa transportasi umum, peta, mesin pencari, berita dan lain sebagainya. Tentunya semua kemudahan berada dalam genggaman kita.

Tetapi HP juga memiliki waktu yang terbatas untuk tetap menyala. Bila persentase daya sudah rendah, artinya ia butuh dicas atau di-isi kembali dayanya. Namun permasalahannya adalah lamanya proses untuk mengisi daya menjadi salah satu hal yang menyebalkan tiap orang apalagi HP tersebut belum memiliki fitur fast charging dan kita sedang membutuhkannya disaat itu juga.

Cara Mempercepat Cas HP Untuk Smartphone yang Belum Memiliki Fast ChargingCara Mempercepat Cas HP

Admin sudah menyediakan beberapa cara agar pengisian daya pada HP kamu dapat dipercepat walaupun belum memiliki fitur fast charging. Berikut tutorial lengkapnya.

  • Memakai Kabel TerbaikKabel Charger

Tahukah kamu kalau kualitas kabel ternyata mempengaruhi kecepatan proses pengisian daya? Kabel USB yang murah umumnya kurang bisa menghantar daya dengan baik karena dibuat sangat tipis. Logam yang dipakai di kabel murah pun berkualitas rendah sehingga kurang cocok dipakai menghantarkan daya listrik tinggi. Oleh karena itu, sebisa mungkin menggunakan kabel bawaan paket pembelian smartphone. Atau kalau ingin membeli kabel baru sebaiknya pilih kabel berkualitas terbaik dari brand terpercaya meskipun sedikit lebih mahal.

  • Matikan Ponsel Saat Pengisian DayaMatikan Ponsel Saat Pengisian Daya

Disarankan untuk mematikan ponsel saat pengisian daya. Dalam keadaan menyala, ternyata masih ada aplikasi yang masih berjalan di background, walaupun kamu tak memakai ponsel sama sekali. Aplikasi tersebut tentu menyedot daya sehingga membuat proses pengisian HP justru melambat.

Kalau kamu mematikan HP pada saat pengisian daya, maka semua aplikasi background juga akan mati dan membuat pengisian daya jadi lebih optimal. Bahkan menurut penelitian, proses pengisian daya pada HP yang dimatikan 12% lebih cepat daripada mengisi daya ponsel yang menyala. Kalau tak sempat mematikan ponsel, bisa juga mengaktifkan modeAirplane saat pengisian daya. Pada saat mode Airplane aktif, transmisi seluler atau Wi-Fi akan dihentikan sehingga daya HP bisa terisi sempurna.

  • Hindari Menyentuh PonselHindari Menyentuh Ponsel

Ketika mengisi ponsel sebaiknya hindari menyentuh ponsel kecuali ada pesan penting yang masuk. Mengaktifkan layar pada saat pengisian daya bisa menguras baterai. Apalagi kalau kamu menjalankan aplikasi berat seperti bermain game, mengunduh file atau memutar video tentu proses pengisian daya ponsel makin tak optimal bahkan bisa berakibat baterai ponsel jadi lebih cepat habis.

  • Jangan Mengisi HP Menggunakan Port USB KomputerJangan Mengecas Lewat USB Komputer

Biasanya orang sering mengisi daya HP melalui port USB komputer ketika sedang berada di warnet. Padahal hal ini justru memperlambat pengisian daya HP. Output daya port USB komputer sebenarnya cukup rendah hanya sekitar 0,1A sampai 0,5A saja. Sedangkan charger untuk ponsel biasanya menghasilkan daya 2A atau lebih. Jika benar-benar harus mengisi daya melalui port USB komputer, sebaiknya gunakan port USB 3.0 yang mampu menyalurkan daya 1A, jadi proses pengisian dayanya bisa sedikit lebih cepat.

  • Hindari Menggunakan Wireless Charging Saat Terburu-buruHindari Menggunakan Wireless Charging

Cara mempercepat cas HP selanjutnya adalah menghindari wireless charger. Saat ini penggunaan wireless charging tengah menjadi tren. Sayangnya, agar pengisian daya lebih optimal kamu tidak menggunakan wireless charging. Alasannya, wireless charging belum bisa menghantarkan daya secepat charger kabel namun masih lebih baik daripada pengisian daya melalui USB. Pengisian daya melalui wireless charger akan lebih efektif ketika kamu memiliki banyak waktu luang.

Semoga pembahasan ini menjadi ilmu yang bermanfaat dan pastinya pengetahuan kamu makin bertambah.

Untuk lebih menambah pengetahuan lagi terus pantau informasi terbaru dari javastech.com!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More