Trik: Cara Membuat Teks Shortcut Desktop Komputer Hilang, Agar Lebih Clean!

Cara Menhilangkan Teks dibawah Shortcut

Memiliki komputer atau laptop pasti ada saja yang dilakukan oleh kita agar tampilannya menarik untuk dilihat. Mulai dari yang sederhana terlebih dahulu yakni mengganti wallpaper desktop atau lockscreen. Kemudian mengubah aksen warna agar tampilannya semakin selaras. Namun, dari itu semua tampilan yang paling utama dan dapat mewakili semua fungsi khususnya aplikasi adalah di desktop. Bagian di desktop terdapat fungsi umum yang biasa kita lihat yakni shortcut. Shortcut merupakan jalan pintas baik aplikasi atau file yang kita taruh desktop. Nah, shortcut ini tentu tampil bukan sekedar ikon namun disertai juga dengan teks atau tulisannya.

Tujuan dari adanya teks dibawah ikon shortcut adalah untuk memberikan keterangan. Seperti contoh keterangan shortcut umumnya “Recycle Bin”. Namun, dikarenakan memang ingin memiliki laptop yang menarik untuk dilihat maka trik berikutnya yang dilakukan adalah dengan menghilangkan teks shortcut tersebut. Dengan tulisan dibawah ikon shortcut yang dihilangkan maka akan menambah kesan bersih dan minimalis bak Macbook atau iMac.

Cara MembuatTeks Shortcut Desktop Komputer Hilang, Agar Lebih Clean dan Rapih!

Cara Menhilangkan Teks dibawah Shortcut

Memang ada berbagai trik yang bisa dilakukan untuk menjadikan komputer atau laptop kita menjadi lebih menarik dan salah satu cara selanjutnya dengan menghilangkan tulisan dibawah ikon shortcut. Pertanyaannya adalah apakah mungkin bisa dilakukan? Tentu saja tetap bisa dengan melakukan oprek sederhana. Tapi tenang saja oprek ini tidak sampai mempengaruhi sistem melainkan hanya melakukan modifikasi karakter saja. Untuk lebih lengkapnya mengenai caranya silakan ikuti tutorial berikut ini.

  1. Silakan siapkan beberapa aplikasi untuk bahan percobaannya, bisa dua atau tiga.
  2. Selanjutnya klik kanan pada aplikasi kemudian klik “rename”. 
  3. Hapus nama aplikasi tersebut lalu tekan dan tahan tombol “Alt” sambil ketik angka “255” (harus menggunakan numpad). Kamu juga bisa melihat kursor teks yang bergerak sendiri apabila telah melakukan trik tersebut. Setelah itu tekan “Enter”.
  4. Tulisan shortcut pun menjadi hilang. Sebenarnya trik yang dilakukan tidaklah menghapus karakter, melainkan menggunakan karakter “No-Break Space”.
  5. Selesai.

Lalu bagaimana jika ingin mengosongkan teks pada aplikasi yang kedua, ketiga dan seterusnya? Caranya cukup ulangi poin nomor tiga saja sesuai urutan aplikasinya. Contoh jika aplikasi kedua maka ulangi sebanyak dua kali, jika aplikasi ketiga ulangi sebanyak tiga kali. Namun, bagi pengguna laptop mungkin akan mengalami kendala ketika mengetikan angka 255. Karena tidak semua laptop tersedia numpad. Oleh karena itu solusinya bisa juga dengan menggunakan aplikasi Character Map. Kemudian cari kotak karakter yang kosong dan itulah karakter yang bernama “No-Break Space”.  Setelah itu “select > copy” dan silakan paste di aplikasinya ketika akan di rename.Karakter No Break Space

Penutup

Begitulah trik untuk menghilangkan teks atau tulisan dibawah shortcut pada komputer atau laptop. Bagaimana? Sekarang tampilan shortcut di desktop kamu sudah lebih bersih dan rapih bukan? Semoga informasi trik ini bisa bermanfaat untuk kamu!

error: Salin konten dilarang