Cara Membuat QR Code Sendiri Secara Gratis, Lengkap Bisa di Desain!

Cara Membuat QR Code Online
Cara Membuat QR Code Online (useqrcode.me)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Dahulu untuk kita bisa mendapatkan atau memvalidasi informasi yang dituju, kita diharuskan untuk mengakses sumber informasi tersebut secara manual. Caranya pun beragam dan yang biasa kita lakukan adalah dengan memasukan sumber informasi secara manual.

Contohnya adalah ketika seseorang ingin menambah kontak WhatsApp. Dulu, ketika pengguna ingin menambah kontak, maka harus memasukan nomor telepon terlebih dahulu. Cara tersebut akhir diganti dengan yang lebih efisien dengan hadirnya QR Code.

Dengan QR Code ini, pengguna cukup melakukan pemindaian atau scan ke fitur tersebut. Hasil scan yang valid akan menambah informasi berupa kontak WhatsApp. Itulah contoh dari sebuah QR Code dimana fitur ini dihadirkan oleh perusahaan sebagai bentuk kemajuan teknologi.

QR Code telah menjadi bentuk kemajuan teknologi yang memudahkan pengguna untuk akses hal tertentu. Namun, selain perusahaan apakah QR Code bisa dibuat dengan “tangan” sendiri?

Tentu saja bisa, karena kembali lagi soal kemajuan teknologi yang memudahkan pengguna, maka tentu banyak layanan yang bisa membantu orang-orang untuk mencari kebutuhannya.

Untuk bisa membuat QR Code sendiri, kita bisa memanfaatkan layanan QR Code Generator yang tersedia secara online di useqrcode.me dan pastinya gratis. Lalu bagaimana cara membuat QR Code sendiri dengan generator tersebut? Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Cara Membuat QR Code Secara Gratis

  1. Silakan akses QR Code Generator gratis di tautan useqrcode.me
  2. Pada halaman awal kamu akan disuguhkan 9 format yang bisa dipilih untuk membuat QR Code sesuai dengan kebutuhan. Silakan pilih dari kesembilan menu tersebut dan masukan informasinya untuk diakses oleh pengguna jika memindai QR Code buatan sendiri.
    Menu Membuat QR Code
    Menu Membuat QR Code
  3. Sebagai contoh, Java’s Tech akan membuat QR Code untuk akses Wi-Fi maka perlu memasukan informasi SSID (nama Wi-Fi), tipe jaringan (keamanan) dan password sesuai dengan tipe jaringan yang dipilih.
    Membuat QR Code WiFi
    Membuat QR Code WiFi
  4. Setelah memasukan informasi, kamu juga bisa melakukan kustomisasi QR Code dengan memberi warna, desain QR Code, logo, bingkai dan opsi lanjutan.
  5. Jika semuanya sudah sesuai, silakan simpan dengan klik “Save”. QR Code disimpan dengan diunduh berformat PNG, SVG, PDF atau bisa langsung cetak dengan printer yang terhubung.
  6. Selesai.

Demikianlah cara untuk membuat QR Code secara gratis di situs useqrcode.me. Situs ini rekomendasi untuk digunakan sebagai pembuat QR Code karena lengkap dengan 9 format berbeda dan bisa di kustom sesuai dengan selera sendiri. Serta yang terpenting adalah gratis untuk digunakan. Selamat mencoba!

error: Salin konten dilarang