Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda (Romawi-Angka) di Ms. Word

Beri Nilai Informasi
JAVASTECH.COM – Kita pasti sering melihat sebuah buku atau karya ilmiah yang memiliki format penomoran berbeda untuk halaman tertentu. Ya, penomoran tersebut tidak asing dan tidak bukan adalah penomoran romawi dan angka.

 

Contohnya, pada sebuah skripsi dimana terdapat kata pengantar, daftar isi hingga daftar lampiran. Ketiga bagian ini diberi nomor dengan penoroman romawi. Selanjutnya pada bagian BAB awal hingga BAB akhir diberi penomoran berupa angka.

Mengapa format penomoran dalam suatu karya ilmiah ini berbeda? Tujuannya adalah untuk membedakan antara halaman awal (pembuka) dan pengisi.

Banyak diantara kita khususnya yang masih mahasiswa belum tahu tentang bagaimana caranya membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word dengan nomor romawi dan angka.

Ini adalah teknik dasar Microsoft Word yang mesti bisa dikuasai karena ada kalanya teknik ini bakal digunakan kembali pada kondisi tertentu.

Permasalahan umum yang sering terjadi ketika akan membuat nomor halaman berbeda adalah ketika halaman awal sudah dibuat nomor romawi dan berniat ingin membuat nomor angka dihalaman pengisi, ternyata nomor dihalaman sebelumnya ikut berubah.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini ini, Java’sTech akan memberikan artikel tentang tutorial membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word dengan romawi dan angka.

Tutorial Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

  1. Silakan siapkan sebuah file Word yang telah terisi untuk diberi nomor halaman berbeda.
  2. Buka tab menu Insert > Page Number > Format Page Number. Kemudian pilih format nomor romawi dan setelah itu jangan lupa setel posisi penomoran di Bottom Of Page > Plain Number 2.
  3. Sekarang letakan kursor ketikan di akhir paragraf sebelum masuk halaman pengisi. Contohnya disini adalah kursor diletakan di akhir paragraf sebelum BAB 1.
  4. Selanjutnya buka tab menu Layout > Breaks > Next Page. Disini, Ms. Word akan memberikan section break (pemisah) dan otomatis membuat seksi baru dihalaman tersebut.
  5. Masih dihalaman/seksi yang baru, silakan buka kembali tab menu Insert > Page Number > Format Page Number dan beri penomoran dengan angka. Jangan lupa juga pastikan posisi penomormannya juga sudah di setel ke Bottom of Page > Plain Number 2.
  6. Sekarang, klik dua kali pada bagian footer atau bawah dari halaman yang kosong tersebut. Kemudian, silakan nonaktifkan Different First Page pada tab menu Header & Footer.
  7. Nomor halaman dengan angka sudah muncul. Yang perlu dilakukan sekarang adalah, silakan hapus sisa karakter spasi di halaman kosong tersebut agar pada halaman nomor angka “2” bisa naik ke atas dan menjadi angka “1”. Untuk memastikan apakah ada sisa karakter spasi dihalaman kosong tersebut, silakan klik saja kursor atau gunakan arrow keys di keyboard untuk mengubah posisi kursor ketikan sampai akhir dari halaman kosong tersebut. Jika ada, maka silakan hapus saja sampai dihalaman kedua bisa naik ke atas.
  8. Selesai.

Cukup mudah bukan cara ini? Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengerjakan penulisan di Microsoft Word. Silakan share artikel ini jika dirasa berhasil dan memudahkan pekerjaan kamu. Selamat mencoba!

error: Salin konten dilarang