Penting! Cara Membersihkan HP Untuk Mencegah Virus Corona

Kini virus corona tengah mewabah dimana-mana. Penularannya pun bisa melalui orang-orang atau lingkungan disekitar kita. Tapi siapa sangka bahwa virus ini juga bisa menyebar melalui barang yang sering kita gunakan setiap hari untuk berkomunikasi. Ya, yakni HP kita sendiri.

Mengapa dibilang demikian? Karena HP juga sebenarnya memiliki banyak kuman karena dari genggaman tangan kita sendiri. Terlebih lagi jika HP tersebut sebelumnya sempat dipinjam oleh orang lain. Kita tentu tidak mengetahui bagaimana kondisi kebersihan HP kita ketika dipinjam oleh orang lain.

Disinilah sebenarnya kita patut waspada! Kebersihan bukan hanya dilihat dari diri kita dan lingkungan kita, melainkan barang-barang kita pun demikian termasuk HP salah satunya. Kita sebagai pengguna yang tiap hari menggunakannya harus membersihkannya dari kuman terlebih lagi munculnya kasus virus corona yang bisa menyebar darimana saja.

Penting! Cara Membersihkan HP Untuk Mencegah Virus CoronaCara Membersihkan HP

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Nah, oleh karena itu demi melindungi diri dari virus corona maka tidak ada salahnya untuk diri kita membersihkan HP. Karena kembali lagi HP memang memiliki banyak kuman yang berasal dari tangan manusia. Untuk bagaimana cara membersihkannya berikut ini cara membersihkan HP untuk mencegah virus corona.

  1. Lepaskan semua aksesoris yang terdapat pada HP. Seperti casing, earphone, charger dan lainnya. Pastikan HP dalam kondisi batangan asli saja.
  2. Matikan HP kamu agar ketika membersihkan HP tidak ada gangguan. Seperti tertekannya tombol atau hidupnya layar dari notifikasi.
  3. Ketika poin satu dan dua telah dilakukan, kamu wajib mencuci tangan terlebih dahulu. Karena percuma saja jika ingin membersihkan HP namun tangan yang digunakan masih dalam kondisi kotor.
  4. Siapkan kain microfiber, sabun dan air. Kemudian buat larutan air sabun dan setelah itu celupkan kain microfiber yang sudah disiapkan.
  5. Angkat kain microfiber lalu peras namun kondisinya masih agak basah. Kemudian ambil HP dan silakan bersihkan dengan kain microfiber tersebut mulai dari bagian depan layar, sisi kanan-kiri atas-bawah HP dan bagian belakangnya juga. Hati-hati jangan sampai ada air yang masuk ke port charger atau jack HP.
  6. Setelah dibersihkan dengan kain microfiber basah, sekarang bersihkan lagi dengan kain microfiber yang bersih dan kering.
  7. Untuk membersihkan bagian sela-sela HP atau yang ruangannya agak sempit, silakan gunakan cotton bud.
  8. Lalu HP yang setelah dibersihkan silakan untuk dikeringkan lagi dengan cara diangin-anginkan dipermukaan yang bersih dari debu kurang lebih selama 30 menit.
  9. Sebelum memasang casing ke HP, silakan untuk dibersihkan terlebih dahulu casingnya dari debu.
  10. Baru setelah itu HP sudah bisa digunakan kembali dengan casingnya juga.

Sebenarnya kamu juga bisa membersihkan HP dengan menggunakan UV light. Namun, yang perlu kamu ingat dengan cara ini bisa membuat HP mengalami diskolorasi atau perubahan warna. Kemudian untuk membersihkan HP dilarang menggunakan material berbahan alkohol, cuka, tisu kering hingga tisu basah.

Penutup

Demikian informasi tentang bagaimana cara membersihkan HP dari virus corona. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membuat kita sebagai pengguna HP untuk lebih meningkatkan kewaspadaan mengenai kebersihan. Apalagi virus corona ini dapat dengan mudah menyebar, terutama lewat HP itu sendiri. Semoga bermanfaat!