Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Tips: Cara Cepat Membedakan iPhone 11 “Original” VS “HDC” (Replika)

0

Meluncurnya lini iPhone terbaru yakni iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max membuat orang-orang tercengang oleh harganya. Pasalnya untuk iPhone 11 yang biasa dihargai Rp. 13,5 juta hingga Rp. 16,9 juta. Lalu iPhone 11 Pro dihargai Rp. 19,5 juta hingga Rp. 26,9 juta. Terakhir iPhone 11 Pro Max adalah seri tertingginya dijual mulai dari Rp. 20,9 juta hingga Rp. 28,5 juta. Harga yang tertera ini adalah harga dari store resmi Apple yakni iBox. Fantastis sekali bukan harganya? Dengan satu HP saja kita bisa membeli satu unit sepeda motor matic biasa. Bahkan dapat dikatakan masih kembali uangnya. Meskipun harganya begitu mahal, tetapi tetap saja HP tersebut laku terjual apalagi di Indonesia. Namun, hanya orang tertentu saja yang mampu membelinya.

Karena HP ini harganya begitu fantastis nampaknya di Indonesia mulai bermunculan produsen HP yang memproduksi iPhone yang terkesan seperti “iPhone”. Hal ini karena untuk memenuhi keinginan konsumen yang ingin memiliki iPhone 11 namun dengan budget terbatas. Perlu kita ketahui iPhone yang terkesan seperti “iPhone” disebut sebagai iPhone “HDC” atau replika. Jadi, para produsen iPhone HDC membuat HP tersebut hampir 100% mirip dengan iPhone original. Bahkan apabila kita disuguhkan barangnya maka akan merasa sangat sulit untuk membedakannya. Disinilah kita patut waspada ketika ingin membeli sebuah iPhone khususnya iPhone 11 sebagai produk terbaru Apple.

Tips: Cara Cepat Membedakan iPhone 11 “Original” VS “HDC” (Replika)Cara Membedakan iPhone 11 Asli dengan HDC

Sebagai calon pembeli kita perlu waspada, hati-hati dan teliti untuk membeli produk tersebut. Tapi mengingat iPhone 11 HDC memang benar-benar mirip kita membutuhkan cara yang tepat untuk membedakannya. Terlebih lagi iPhone 11 sudah tersedia versi bekasnya sehingga kita butuh teliti yang lebih lagi. Karena seperti yang kita tahu kita hanya bisa melihat bagian luarnya saja tanpa melihat jeroannya. Tidak mungkin juga kita menelitinya sampai membongkarnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Java’sTech akan membahas cara membedakan iPhone 11 “Original” VS “HDC”. Sebenarnya trik ini juga bisa digunakan untuk iPhone lainnya. Jadi untuk lebih lengkapnya silakan simak informasinya berikut ini.

1. Lihat dari Harga

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max  yang asli dihargai hingga puluhan juta rupiah bahkan hampir 30 jutaan. Sedangkan, iPhone 11 “HDC” hanya dihargai antara Rp. 1,5 hingga Rp. 2 juta saja. Paling tinggi adalah Rp. 3 jutaan. Harganya benar-benar jauh sekali bukan antara iPhone asli dengan replika? Jika sudah mendengar harga yang diberitahukan oleh penjual, sebaiknya kita sudah perlu  meninggalkan toko itu karena harga yang ditawarkan tidak masuk akal.

2. Tampilan Kemasan (Kotak HP)

Tampilan kemasan menjadi salah satu tolak ukur kita dalam membedakan iPhone 11 asli dengan HDC. Untuk kotak iPhone 11 original tampilannya memiliki tulisan “iPhone” yang apabila terkena cahaya akan mengkilat. Lalu untuk iPhone 11 HDC tulisan “iPhone” pada kemasannya terlihat kesat (matte) tidak mengkilat.

Kemudian pada bagian belakang kotak iPhone 11 original terlihat beberapa keterangan dan keterangannya pun lengkap hingga memenuhi bagian belakang kotak tersebut. Sedangkan bagian belakang kotak iPhone 11 HDC tampilannya polosan saja dan keterangannya hanya pada bagian paling bawah saja. Selanjutnya  adalah perhatikan dari tampilan tulisannya. Jika kusam dan samar-samar maka sudah patut dicurigai bahwa produk tersebut adalah iPhone 11 HDC. Tak lupa juga perhatikan dari cekungan untuk tempat lensa kamera iPhone itu sendiri. Versi originalnya adalah bentuknya lebih menonjol ke dalam sedangkan HDC bentuknya tipis dan kasar.

3. Bungkus Plastik

Biasanya ketika kita membeli sebuah HP maka akan ditempatkan didalam kotak dan HP-nya pun dibungkus dengan plastik untuk melindungi lagi dari goresan atau benturan. Tapi untuk iPhone 11 original dengan HDC memiliki perbedaan yang cukup terlihat jelas. iPhone 11 original memiliki bungkusan yang resmi dan terkesan premium. Sedangkan iPhone 11 HDC memiliki bungkusan hanya sebuah bubble wrap. Sudah jelas bukan disini?

4. Buku Manual/Panduan

Adalah wajib bagi setiap produk elektronik termasuk HP memiliki buku manual atau panduan sebelum digunakan. Tapi untuk iPhone 11 original memiliki buku panduan dengan tiga bahasa yang berbeda. Sedangkan versi HDC-nya hanya memiliki satu panduan saja dan itupun hanya Bahasa Indonesia.

5. Ketuk Bagian Belakang iPhone

Tidak mungkin juga bukan ketika ingin mengetahui perbedaan yang asli dengan yang palsu kita harus membongkar HP ditempat? Nah, untuk mengetahui hal tersebut ada salah satu cara cepat dan mudah untuk membedakannya yakni dengan cara ketuk bagian belakang iPhone. Apabila diketuk dan suara yang dihasilkan terasa empuk dan padat, maka iPhone tersebut adalah asli. Tapi, jika diketuk dan suara yang dihasilkan ternyata nyaring dan seperti kopong (tidak ada isi) maka disini sudah dianggap iPhone tersebut HDC.

6. Kamera

Untuk kamera iPhone versi asli dia memiliki zoom kamera dengan varian 0.5x, 1x dan 2x. Sedangkan iPhone HDC hanya 1 dan 2x saja. Selanjutnya perhatikan lensa kameranya. iPhone asli memiliki lensa kamera berwarna kebiru-biruan dengan ukuran yang berbeda-beda juga untuk lensa telefoto, wide dan ultrawide. Sedangkan versi HDC berwarna abu-abu samar dan terdapat dua lensa yang ukuran serta bentuknya sama.

7. Perhatikan Bagian Notch

Notch merupakan wadah atau tempat untuk menaruh lensa kamera, speaker, sensor cahaya serta inframerah. Nah, pada bagian ini kita perlu memperhatikan notch ketika akan membeli iPhone 11. Untuk versi asli maka memiliki empat bulatan. Sedangkan iPhone HDC hanya memiliki satu bulatan saja yakni kamera depan. Untuk bisa melihat bulat-bulatan tersebut kita membutuhkan cahaya yang bisa memantulkan bentuk bulatan tersebut.

8. Tombol Siri/Power

Ini adalah bagian termudah juga. iPhone versi asli ketika ditekan tombol siri dalam waktu lama maka akan memunculan “Siri Assistant”. Tapi untuk iPhone versi HDC adalah jika ditekan tombol siri dalam waktu lama maka yang muncul adalah voice control.

9. AirPods Tidak Terhubung

iPhone 11 memiliki aksesoris baru yakni adanya AirPods yang mana earphone nirkabel ini dapat menghasilkan suara tanpa adanya sambungan kabel. Cukup dengan buka penutup case AirPods maka langsung terhubung. Tetapi apabila iPhone HDC disambung dengan AirPods asli maka tidak akan bisa.

Kesimpulan

Kini kamu sudah mengetahui bagaimana cara membedakan iPhone 11 original dengan yang HDC atau replika. Artikel ini di informasikan agar tidak terkena korban dari iPhone 11 abal-abal. Bukan iPhone 11 saja melainkan untuk seluruh iPhone pun bisa apabila poin-poin tersebut cocok ketika dilakukan uji coba pada iPhone yang berbeda. Tapi yang perlu kita ketahui adalah para produsen iPhone HDC ketika menjualnya HP tersebut ditoko maka sudah ada stiker atau label bertuliskan “HDC”. Sebenarnya disini saja sudah mewakilkan kita untuk dapat mengetahui bahwa ini adalah iPhone replika. Jadi kesimpulannya iPhone HDC sangat tidak direkomendasikan khususnya bagi orang-orang yang hanya ingin terkesan bergaya dan gengsi saja.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More