Berikut 3 Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19 dari PeduliLindungi

Sertifikat Vaksin COVID-19
Sertifikat Vaksin COVID-19

JAVASTECH.COM – Indonesia terus berupaya melakukan vaksinasi terhadap seluruh warganya untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Bagi warga yang sudah melakukan vaksinasi maka diberikan sertifikat vaksinasi COVID-19 dalam bentuk fisik berupa kartu atau dokumen non-fisik (digital) seperti PDF misalnya.

Sertifikat ini akan diberikan sebanyak dua kali apabila warganya sudah melakukan vaksinasi sebanyak dua tahap. Ketika kedua sertifikat ini sudah dimiliki oleh warganya, maka berguna sebagai tanda bukti bahwa peserta telah menerima vaksin COVID-19.

Bagi yang sudah menerima vaksin dan memerlukan sertifikat tersebut sebagai tanda bukti, maka pada artikel ini berikut 3 cara untuk download sertifikat vaksin COVID-19.

Download Sertifikat Vaksin Melalui SMS

Apabila peserta sudah melakukan vaksinasi, maka dikirimkan SMS dari nomor 1199 yang menyatakan telah berhasil mengikuti vaksinasi tahap pertama.

Pada SMS tersebut berisi kelengkapan berupa nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin dan jadwal vaksin dosis kedua yang disertai dengan tanggal dan lokasi vaksinasi.

Selain itu, terdapat sebuah tautan (link) yang berisi sebuah sertifikat digital sebagai tanda bukti bahwa telah selesai vaksinasi tahap pertama. Jadi, silakan buka link tersebut untuk melihat dan download sertifikat.

Download Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Cara yang kedua adalah peserta dapat download sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut tersedia di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk perangkat iOS. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Download dan instal aplikasi PeduliLindungi melalui aplikasi toko di ponsel masing-masing.
  2. Lakukan daftar terlebih dahulu dengan memasukan nama lengkap, alamat email dan nomor ponsel. (Jika sudah punya akun, langsung login saja).
  3. Pengguna akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui email. Silakan cek email dan masukan kode tersebut ke aplikasinya.
  4. Pengguna akan dimintai juga akses berupa penggunaan lokasi dan media untuk keperluan aplikasi. Silakan berikan izin untuk aplikasi tersebut.
  5. Setelah selesai membuat akun dan berhasil masuk, pengguna akan berada diberanda aplikasi dengan tampilan peta dan beberapa menu.
  6. Untuk mengecek sertifikat vaksin, silakan akses menu “Akun > Sertifikat Vaksin”.
  7. Selanjutnya klik “Periksa” dan pengguna akan dialihkan ke halaman validasi yang mengharuskan pengguna untuk mengisi kelengkapan penduduk, formulir vaksinasi dan setelah itu baru bisa konfirmasi.
  8. Jika kelengkapan datanya benar, maka sertifikat vaksin tahap pertama dan kedua akan muncul.
  9. Silakan download sertifikatnya dengan cara klik salah satu tahap penyuntikan dosis vaksin.
  10. Secara otomatis, file sertifikat akan tersimpan di smartphone.
  11. Selesai.

Download Sertifikat Vaksin Melalui Situs PeduliLindungi.id

Cara ketiga yang bisa digunakan adalah download sertifikat melalui situsnya di pedulilindungi.id. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka browser baik di smartphone atau PC, lalu masukana alamat situs berikut ini: https://pedulilindungi.id/
  2. Login dengan akun yang telah dibuat (jangan lupa masukan juga kode OTP yang dikirim melalui email). Jika belum silakan daftar terlebih dahulu.
  3. Kemudian klik pada nama peserta, lalu buka menu “Sertifikat Vaksin”.
  4. Dimenu tersebut, akan tertera sertifikat vaksin COVID-19 tahap pertama maupun kedua.
  5. Silakan klik salah satu sertifikatnya dan terakhir klik “Unduh Sertifikat” untuk segera menyimpannya.
  6. Selesai.

Setelah memiliki sertifikat tersebut, kamu bisa langsung mencetaknya dengan mesin printer dan jangan lupa untuk menyimpannya dengan baik sebagai tanda bukti bahwa kamu sudah divaksin.

Demikian artikel mengenai tutorial download sertifikat vaksin COVID-19. Jaga kesehatan kamu dan keluarga ya! Serta jangan lupa patuhi protokol kesehatan ketika berpergian keluar rumah.

error: Salin konten dilarang