Cara Backup Kontak dengan Mudah dan Cepat di HP Android

Cara Backup Kontak di HP Android

Cara Backup Kontak dengan Mudah dan Cepat di HP Android – Siapapun yang sudah memiliki HP Android tentu didalamnya terdapat kontak nomor telepon yang bisa dihubungi baik lewat SMS atau telpon. Ini menjadi hal yang penting bagi setiap orang untuk tetap dapat berkomunikasi karena dengan kontak tersebut kita bisa langsung menghubungi orang yang dituju apabila memiliki keperluan. Sebenarnya kontak bisa menjadi benda yang sensitif apabila tidak dijaga ketersediaannya. Jika hilang, maka akan sulit bagi kita bila menghubungi seseorang.

Disinilah sebagai mayoritas pengguna HP Android kita harus mengetahui tentang tindakan yang perlu dilakukan untuk mencegah kehilangan tersebut, yakni dengan pencadanganan atau backup terhadap kontak nomor HP Android. Ada beragam cara yang bisa dilakukan dan apabila kamu membutuhkannya maka situs javastech.com sudah menyediakannya.

Cara Backup Kontak dengan Mudah dan Cepat di HP AndroidCara Backup Kontak di HP Android

Cara yang disediakan disini tentu tidak sulit, bahkan kamu dapat melakukannya dengan mudah dan cepat tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Kontak nomor HP memang harus dijaga ketersediaannya agar dapat tetap terhubung meskipun kontak utamanya sudah terhapus. Oleh karena itu mari simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Backup Kontak dengan Menggunakan Akun Google

Gmail atau Google Mail memiliki kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna HP Android, yakni dapat dijadikan sebagai wadah untuk backup berbagai file termasuk salah satunya adalah konak nomor HP. Lalu bagaimanakah cara backupnya?

  • Buka pengaturan Android pada HP masing-masing kemudian temukan menu pilihan akun.Menu Akun di Pengaturan
  • Terdapat berbagai jenis akun yang tertera. Silakan pilih akun dengan jenis Google.
  • Pilih salah satu akun Gmail yang ingin dijadikan sebagai wadah backup kontak dan kemudian ketuk sinkronkan akun.Pilih Akun Gmail Untuk Sinkron
  • Nyalakan tombol untuk memulai sinkronisasi kontak dan tunggu kurang lebih hingga 1-2 menit untuk proses backup sampai muncul waktu terakhir melakukan sinkronisasi.Nyalakan Sinkron Kontak

2. Backup Kontak dengan Menggunakan Kartu SD

Cara yang satu ini juga cukup populer digunakan oleh kalangan pengguna HP Android. Karena cukup pilih kontak kemudian klik eksport untuk proses backup -nya. Untuk selengkapnya silakan simak dibawah ini.

  • Buka pengaturan HP Android kemudian temukan menu kontak.Buka Pengaturan Kontak
  • Lalu disini terdapat menu impor/ekspor kontak. Silakan pilih dan buka menu tersebut.Impor Ekspor Kontak
  • Pilih opsi ekspor ke penyimpanan dan ketika kamu memilihnya maka sistem akan memunculkan dialog pernyataan bahwa kamu akan mengskpor kontak ke penyimpanan yang sudah tertera (Kartu SD)Ekspor ke Penyimpanan
  • Kamu bisa mengecek hasilnya di dalam kartu SD dari file manager.

3. Backup Kontak ke Kartu SIM

Sebenarnya cara ini tidak jauh berbeda dengan poin nomor dua, hanya saja perbedaannya adalah jika backup kontak dengan kartu SIM maka penyimpanannya berada di kartu SIM itu sendiri. Sehingga bisa dibawa kemana-kemana dan dapat langsung di import seperti layanya penyimpnanan di kartu SD.

4. Backup Kontak dengan Membagikannya Lewat Media Aplikasi

Dengan cara ini artinya kamu harus membagikannya lewat media aplikasi terlebih dahulu dan nantinya apabila yang dibagikan sudah menerimanya maka bisa di download untuk disimpan kontaknya. Berikut caranya.

  • Buka menu kontak kemudian pilih kontak mana saja yang ingin dibagikan untuk bisa dicadangkan.Pilih Kontak
  • Setelah itu buka opsi yang terdapat menu bagikan. Silakan bagikan dengan media aplikasi yang dibutuhkan.Pilh Media Apliaksi

Kesimpulan

Kontak memang menjadi suatu hal yang penting bagi setiap pengguna HP Android. Karena dengan adanya kontak tersebut kita masih bisa berkomunikasi dengan orang-orang tertentu terlebih lagi jika kita memiliki keperluan.

error: Salin konten dilarang