Berapakah Kapasitas Minimal Memori Penyimpanan Smartphone Untuk Tahun Ini?

Penyimpanan Internal Smartphone
Persentase Penggunaan Memori (PhoneArena)

Smartphone kini sudah menjadi barang yang wajib kita miliki karena kegunaannya yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas maupun produktivitas. Dikarenakan penggunaannya, tentu saja smartphone akan terus menggunakan memorinya khususnya di bagian penyimpanan untuk menyimpan berbagai file yang diperoleh.

Sekarang sudah tersedia varian memori penyimpanan smartphone mulai dari 32 GB hingga 1 TB. Semua pilihan memori ini tergantung dari kebutuhan penggunanya juga. Sedangkan varian memori seperti 8 GB dan 16 GB sudah tidak berlaku lagi karena jumlahnya sudah tidak mencukupi untuk tahun-tahun seperti ini.

Seperti yang diketahui, berbagai file yang dimiliki oleh orang-orang kini jumlahnya terbilang besar. Seperti file game, video, aplikasi yang khususnya chatting dan lainnya. Belum lagi jika terdapat file sementara yang ternyata mengendap di smartphone, tentu jumlah pemakaiannya bisa bertambah besar. Lalu berapakah kapastias minimal memori penyimpanan smartphone untuk tahun ini?

Untuk mengetahui hal tersebut, GSMArena membuka voting kepada pengunjung situs untuk bertanya mengenai berapakah jumlah minimal yang diperlukan smartphone untuk menyimpan berbagai file di tahun 2021 ini.

Total Voting Varian Memori 128-256GB
Total Voting Varian Memori 128-256GB (GSMArena)

Dan hasilnya adalah 42% dari total voting memilih 128-256 GB sebagai kapasitas minimal memori penyimpanan smartphone yang dibutuhkan di tahun ini. Bahkan seorang pengunjung situs GSMArena pun berkomentar seperti berikut.

“Untuk sekarang, 128GB sudah cukup dimana 64GB sudah cukup kurang. Namun untuk jangka panjang, 256GB menjadi pilihan yang bagus. 32GB kini sudah sulit digunakan karena langsung habis saat mendapat update baru.”

Selain membuka voting tentang pilihan kebutuhan memori penyimpanan smartphone, GSMArena juga menanyakan opsi lain tentang tambahan penyimpanan cloud, penggunaan kartu memori atau penyimpanan internal saja sudah yang apakah sudah cukup atau belum.

Total Voting Pemilihan Kartu Memori
Total Voting Pemilihan Kartu Memori (GSMArena)

Hasilnya adalah 53% dari total voting memilih penggunaan kartu memori sebagai tambahan dari penyimpanan internal smartphone. Dengan kartu memori memang lebih fleksibel dan tidak perlu butuh internet. Beda dengan penyimpanan cloud yang mana untuk menarik data kita perlu download menggunakan internet.