Berapa Besaran RAM Ponsel yang Ideal Untuk Penggunaan Masa Kini?

Ilustrasi RAM Smartphone
Ilustrasi RAM Smartphone (JAVASTECH/Antonio Gunawan)

JAVASTECH.COM – Salah satu pertimbangan untuk beberapa orang sebelum membeli smartphone baru adalah melihat besaran RAM yang tersemat. Kemudian masih ada orang yang membeli smartphone dengan RAM besar namun kegiatannya tidak begitu produktif.

Pemilihan RAM terhadap sebuah smartphone tentu harus diperhatikan disini agar tidak menjadi mubazir khususnya bagi orang yang memang tidak produktif. Lantas berapakah besaran RAM yang ideal untuk penggunaan sehari-hari?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Android Authority melakukan sebuah survei terhadap pengunjungnya dengan menghasilkan beberapa respon yang bervariasi.

Survei tersebut berisi pemilihan RAM dari dibawah 1GB hingga 16GB. Dari total 40.000 responden, sebanyak 12.426 (31.70%) orang memilih RAM 8GB adalah besaran RAM yang ideal untuk penggunaan ponsel sehari-hari.

Kemudian sebanyak 10.178 (26.97%) responden juga memilih RAM 6GB adalah ukuran yang cukup untuk sebuah ponsel yang dijadikan daily driver atau ponsel keseharian pengguna.

Tapi, ada beberapa alasan mengapa RAM 8GB menjadi pilihan mayoritas responden. Pertama, ponsel RAM 8GB tidak harus dari flagship, karena dari kelas mid-range pun sudah tersedia, seperti POCO X3 Pro, Samsung Galaxy A52 hingga Realme GT Master Edition.

Kedua, harga ponsel dengan RAM 8GB pun juga terbilang masih terjangkau. Contoh POCO X3 Pro (Rp 4.099.000), Galaxy A52 (Rp 4.999.000) dan Realme GT Master Edition (Rp 5.299.000).

Khususnya POCO X3 Pro dimana ponsel dengan RAM 8GB ini adalah yang paling rekomendasi untuk diangkut peminat. Karena selain RAM besar, chipset yang digunakan pun juga kuat, yakni Snapdragon 860. Artinya dengan kelas mid-range saja, tapi performanya sudah kelas flagship.

Selain pemilihan RAM 8GB dan 6GB, masih ada responden yang memilih bahwa RAM 4GB untuk ditahun ini masih layak digunakan.

Biasanya pemilihan RAM yang kecil ini hanya digunakan untuk keperluan pengguna yang ringan, seperti untuk chatting, video call dan streaming video. Tidak digunakan untuk bermain game dengan spesifikasi berat.

Secara keseluruhan, dapat ditarik kesimpulan bahwa smartphone dengan RAM 4GB hingga 8GB masih menjadi pilihan ideal untuk pengguna smartphone masa kini.

Jika menilik kembali chart “pie” responden diatas, RAM 3GB ke bawah tampaknya sudah tidak diminati lagi dikarenakan tingkat penggunaan smartphone dari waktu ke waktu terus bertambah.

Bahkan, sekarang sudah mulai bermunculan smartphone dengan RAM puluhan giga seperti 12GB (Oppo Reno6 Pro 5G), 16GB dan 16GB (ROG Phone 5). Tapi RAM dengan besaran yang jumbo ini tidak begitu populer.

Hal ini karena RAM dengan jumbo tersebut dianggap terlalu berlebihan untuk sekelas pengguna biasa. Alhasil penggunaannya tidak bisa maksimal sehingga menjadi mubazir spesifikasi.

Namun, ponsel dengan ukuran RAM tersebut biasanya digunakan oleh orang tertentu saja seperti gamers, misalnya yang memang memerlukan resource performa dari hardware yang ada. Jumlah responden yang memilih RAM 12GB hingga 16GB rata-rata diangka 5-10 persen saja.

error: Salin konten dilarang