Bantu saudara kita yang terkena dampak bencana alam NTT dengan berdonasi

Beginilah Wujud dari RAM DDR5 Untuk Pertama Kalinya

RAM DDR5 SK Hynix

Memori RAM merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari aplikasi. Jenis RAM yang kita kenal pada komputer ada DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4. Yang mulai sering kita gunakan saat ini adalah RAM dengan jenis DDR4. Jenis ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi maksimalnya 3200 Mhz. Namun, sudah hampir tiga tahun industri komputer menjanjikan untuk menghadirkan RAM dengan kecepatan dua kali lipat dari sebelumnya.

Apakah janji tersebut? Yakni bakal menghadirkan RAM DDR5 yang mana kecepatannya dua kali lipat lebih kencang daripada sebelumnya. Untuk prosesnya sendiri kini perkembangan RAM tersebut sudah semakin dekat. Hal ini berdasarkan produsen RAM asal Korea Selatan yaitu SK Hynix yang telah memperlihatkan wujud dari RAM DDR5 untuk pertama kalinya.

Dikutip dari TheVerge, RAM DDR5 buatan SK Hynix ini akan mulai dijual pada kuartal ketiga tahun 2021 nanti. Hal ini dikarenakan komputer pada tahun depan diprediksi sudah mendukung penggunaan RAM berjenis DDR5.

Pihak SK Hynix mengklaim bahwa RAM DDR5 buatannya itu dapat menghadirkan raw bandwidth hingga 5.600 Mbps. Meskipun tidak menghadirkan bandwidth 6.400 Mbps seperti yang dijanjkan sebelumnya, namun RAM miliknya diketahui 1,8x lebih cepat dibanding DDR4.

Selain itu RAM DDR5 ini juga hanya memakan daya yang cukup kecil yakni 1,1V saja. Pihaknya mengklaim dengan voltase yang kecil tersebut dapat membuat RAM menjadi hemat daya hingga 20 persen.

Akan tetapi, kabar seperti ini tidak membuat para pengguna PC heboh seperti ketika GPU Nvidia GeForce RTX 3080 dirilis. Pasalnya kecepatan RAM yang bertambah tidak menghadirkan perubahan yang besar bagi aplikasi dan game untuk saat ini. Sehingga mungkin dari faktor ini membuat pengguna PC biasa-biasa saja.

Apalagi RAM DDR4 yang tersedia dipasaran bisa dilakukan overclock dari 5.100 Mhz menjadi 5.600 Mhz. Sehingga kemungkinan untuk beralih ke RAM DDR5 juga belum terlalu dibutuhkan.