5 Aplikasi Perekam Layar Terbaik Komputer dan Laptop

Aplikasi Perekam Layar Komputer

Aplikasi perekaman pada perangkat teknologi seperti laptop atau hp menjadi aplikasi yang kamu butuhkan jika kamu ingin berbagi pengalaman kegiatan dari perangkat tersebut. Pada komputer, aplikasi ini biasanya digunakan untuk merekam pengguna saat menemukan solusi untuk memecahkan masalah tertentu pada komputer atau laptopnya. Atau, penggunaan lain biasanya digunakan oleh para gamer untuk merekam kegiatan bermain game. Ada beberapa aplikasi perekam layar komputer terbaik yang bisa memberikanmu manfaat tersebut. 

5 Aplikasi Perekam Layar Terbaik Komputer dan LaptopAplikasi Perekam Layar Komputer

Penggunaan aplikasi-aplikasi perekam layar memang saat ini sedang trend. Aplikasi ini sangat membantu bagi pengguna yang ingin membagikan kegiatan yang dilakukan di layar komputer kepada pengguna lain. Biasanya, hal ini dilakukan untuk membuat video tutorial di komputer, video tutorial bermain game, ataupun untuk kebutuhan lainnya. Kalau kamu membutuhkan aplikasi-aplikasi tersebut, berikut ini adalah daftar beberapa diantaranya.

1. Movavi Screen Recorder Studio Movavi Screen Recorder Studio

Daftar aplikasi perekam layar komputer pertama yang bisa kamu manfaatkan adalah Movavi Screen Recorder Studio. Aplikasi ini mendukung untuk digunakan di komputer dengan sistem operasi Windows maupun Mac. Dengan aplikasi ini kamu bisa merekam keseluruhan bagian layar atau satu bagian tertentu kemudian bisa langsung mengeditnya. Ada berbagai fitur editing yang juga bisa kamu gunakan, seperti Trim, flip, crop, serta fitur untuk menambahkan watermark dan filter. Tak hanya itu, aplikasi ini juga mendukung untuk merekam audio menggunakan mikrofon.

2. Action!Action Screen Recorder

Aplikasi Action ini menawarkan keunggulan lebih karena bisa kamu gunakan merekam secara streaming real time. Hasil rekamannya pun sangat baik, mulai dari berkualitas HD sampai 1080p. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini juga beragam. Ada fitur perekam audio, screenshot dan beragam fitur lain. Format rekaman dari aplikasi ini adalah AVI dan mp4. Aplikasi ini juga bisa mengambil tangkapan layar (screenshot) dengan cepat. Dengan fitur-fitur tersebut akan sangat membantu untuk kamu yang suka membuat video tutorial.

3. BandicamBandicam

Aplikasi perekaman layar ini menawarkan hasil rekaman berkualitas HD dengan format file hasil rekaman adalah AVI atau mp4. Dengan format ini, maka hasil rekaman layar komputermu juga bisa lebih mudah diputar. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memungkinkanmu merekam layar secara penuh atau merekam layar di bagian tertentu. Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur menarik seperti fitur live drawing. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk menggambar di bagian latar tertentu saat recording. Terlebih lagi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam suara real time.

4. CamStudio CamStudio

Rekomendasi aplikasi untuk merekam layar komputer selanjutnya adalah CamStudio. Aplikasi ini merupakan aplikasi open source. Dari aplikasi ini kamu bisa merekam bagian layar secara penuh, merekam aktivitas audio dan pastinya hasil rekaman berkualitas tinggi. Aplikasi ini adalah aplikasi perekaman yang relatif mudah digunakan. Tak hanya itu, di dalamnya juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengedit hasil video rekaman. Salah satunya adalah dengan menambahkan teks ke video rekamanmu. Kelebihan lain dari aplikasi ini mampu mengubah format hasil rekaman dari AVI menjadi SFW. Dengan begitu kamu bisa langsung menggunakannya untuk kebutuhan websitemu.

5. Open Broadcaster Software Open Broadcaster Software

Software atau aplikasi selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk merekam kegiatan layar komputer adalah Open Broadcaster Software. Aplikasi ini adalah aplikasi multiplatform dan open source, sehingga bisa digunakan pada berbagai sistem operasi. Open Broadcaster Software ini memiliki tampilan sederhana yang memudahkan penggunanya. Fitur yang ada di dalamnya juga cukup lengkap. Salah satunya yang menjadi andalan adalah fitur rekaman dengan menggunakan webcam eksternal maupun bawaan. kamu pun bisa mengatur dengan menambahkan emoticon maupun teks ketika melakukan recording streaming. Filter editing yang tersedia pun sangat beragam. 

Penutup

Itu tadi adalah daftar 5 aplikasi perekam layar komputer yang bisa kamu coba gunakan. Aplikasi perekaman layar komputer ini memiliki keunggulan dan fitur yang beragam yang bisa membantu kamu membuat videp tutorial. Beberapa aplikasi yang tersedia open source dan multiplatform serta bisa didapatkan secara gratis tentu menjadi keunggulan tersendiri. kamu tinggal memilih aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer dan kebutuhanmu.

error: Salin konten dilarang