Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

5 Aplikasi Pengubah Suara Jadi Teks. Tak Perlu Repot Mengetik di Keyboard!

0

5 Aplikasi Pengubah Suara Jadi Teks – Kita memang terbiasa mengetik di keyboard HP untuk membuat teks. Teks itu baik berupa pesan yang akan dikirim atau menulis sesuatu seperti membuat catatan. Namun, kadang pada situasi tertentu kita tidak bisa melakukannya. Seperti misalnya saja, ketika berdesak-desakan di bus kita harus berpegangan pada handrail dan tangan satu memegang HP. Kita tidak bisa mengetik dengan kecepatan normal dengan satu tangan. Atau ketika menjadi notulen pada rapat dan dikondisi ini kita harus mencatat apa saja yang disampaikan pada rapat tersebut secara runtut dan cepat.

Dua situasi tersebut memang tidak memungkinkan kita untuk dapat mengetik dengan baik dan benar. kalaupun bisa mungkin kalimat yang dihasilkan tentu akan acak-acakan. Namun, smartphone sekarang ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah fitur speech-to-text dimana dengan fitur ini kita bisa mengubah suara menjadi teks seperti yang kita ucapkan. Dengan adanya fitur ini kita menjadi dimudahkan untuk membuat teks tanpa perlu mengetik di keyboard.

5 Aplikasi Pengubah Suara Jadi Teks. Tak Perlu Repot Mengetik di Keyboard!Aplikasi Pengubah Suara Jadi Teks

Nah, fitur tersebut bisa kamu temukan dengan menggunakan 5 aplikasi pengubah suara menjadi teks. Berikut ini adalah kelima aplikasinya yang bisa kamu gunakan dan download secara gratis.

1. Google KeyboardGoogle Keyboard

 

Yang pertama tentu ada dari Google Keyboard. Keyboard ini memiliki tampilan yang simple dan dapat dikustomisasi tampilannya seperti mengubah warna atau menggunakan background dari gambar sendiri. Kemudian di keyboard ini support untuk 60 bahasa yang digunakan, termasuk Bahasa Indonesia salah satunya. Keyboard ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

2. Live TranscibeLive Transcribe

Aplikasi ini dapat mengubah suara menjadi teks dengan dibantu teknologi kecerdasan buatan (AI). Live Transcibe memiliki dukungan bahasa yang lebih banyak dibanding Google Keyboard, yakni 70 bahasa. Kemudian juga bisa mengalihkan dua bahasa secara cepat pastinya. Di aplikasi ini juga dapat mendeteksi suara yang sedang direkam namun bukan suara bahasa. Seperti suara diketuk misalnya, sehingga ketika teks terhindar dari bahasa-bahasa yang dapat membuat teks menjadi berantakan. Aplikasi ini dapat di download di Google Play Store untuk Android dan App Store untuik iOS (iPhone).

3. SpeechnotesSpeechnotes

Speechnotes sendiri merupakan aplikasi pengubah suara menjadi teks dengan bantuan teknologi yang telah disematkan oleh Google. Bagusnya, aplikasi ini tidak memerlukan sebuah akun atau identitas apapun sehingga ketika kamu download kamu bisa langsung menggunakannya. Cara menggunakannya adalah kamu cukup tekan dan tahan ikon mikrofon untuk merekam suara yang nantinya akan diubah ke teks. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan tanpa internet, kemudian menerima ucapan dengan pendek ataupun panjang asal suara yang diucapkan jelas. Dan teks dapat langsung diedit meskipun aplikasi sedang mengubah audio ke teks.

4. Voice Search

Aplikasi Voice Search dapat dikatakan aplikasi penerjemah suara menjadi teks yang sudah lama digunakan oleh orang-orang. Aplikasi ini diketahui juga ternyata dikembangkan oleh Google. Terdapat berbagai bahasa yang dapat digunakan seperti Inggris, Spanyol, Arab, China, Rusia, dan lainnya. Artinya adalah kamu cukup tekan ikon mikrofon dan nantinya surara akan otomatis dikonversikan menjadi teks seperti yang kamu ucapkan.

5. Notulite

Aplikasi ini ternyata buatan Indonesia, yakni dari PT Bahasa Kita. Aplikasi ini dapat mengubah suara menjadi teks melalui dua cara. Yakni dengan suara yang diucapkan secara langsung ataupun rekaman suara yang nantinya dapat di upload di aplikasi ini. Lalu ketika teks sedang di transkripsi maka bisa disunting secara langsung dan format penulisannya pun dapat diubah agar ejaannya sesuai dan enak untuk dibaca ketika sudah dirubah menjadi teks.

Penutup

Demikianlah kelima aplikasi pengubah suara menjadi teks yang bisa kamu download untuk digunakan. Dengan adanya aplikasi ini maka ketika pada situasi yang menyulitkan kamu untuk mengetik teks, maka cukup kamu buka aplikasi, tekan mikrofon dan silakan mengucapkan kalimat demi kalimat. Teks otomatis akan langsung dibuatkan berdasarkan suara yang telah diucapkan. Teknologi memang telah membuat kita menjadi mudah maka dari itu manfaatkan untuk keperluan tertentu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More