5 Aplikasi Pembersih RAM dan Memori Internal Android Terbaik dan Mutakhir 2020

5 Aplikasi Pembersih RAM dan Memori Internal Android

5 Aplikasi Pembersih RAM dan Memori Internal Android -Tidak selalu smartphone Android yang dioperasikan dapat berjalan dengan lancar dan kencang. Meskipun Android yang dimiliki memiliki spesifikasi RAM dan memori internal yang besar, tetapi sewaktu-waktu penyimpanannya dapat berkurang dikarenakan adanya penggunaan aplikasi yang memakan banyak resource atau banyaknya sampah (junk file) di memori internal. Jika keduanya dibiarkan saja tanpa ada perhatian, maka semakin lama akan semakin menumpuk hingga menyebabkan keduanya menjadi penuh. Lalu apa dampaknya yang mungkin terjadi?

Jika sisa ruang RAM semakin menipis, maka aplikasi biasanya langsung crash dan mengeluarkan pesan seperti contohnya “sayangnya, PUBG telah berhenti” atau “PUBG telah berhenti beroperasi”. Sedangkan bila memori internal penuh, maka beberapa aplikasi tidak dapat berjalan dikarenakan tidak dapat menyimpan data lagi setelah adanya pemakaian pada aplikasi tersebut.

5 Aplikasi Pembersih RAM dan Memori Internal Android Terbaik dan Mutakhir 20195 Aplikasi Pembersih RAM dan Memori Internal Android

Sebenarnya kita bisa saja membersihkan RAM dan memori internal dengan cara manual. Tetapi cara ini tidaklah efektif, karena tidak seluruhnya bisa kita bersihkan secara total. Untuk itu diperlukannya aplikasi “bersih-bersih” agar dapat membantu kita dalam menjaga performa smartphone tetap optimal. Berikut 5 Aplikasi Pembersih RAM dan Memori Internal Android Terbaik dan Mutakhir 2019 yang dapat kamu gunakan.

1. Clean MasterClean-Master APK

Pastinya kamu sudah familiar dengan aplikasi bersih-bersih yang satu ini, Clean Master. Berdasarkan data singkat dari Google Play Store, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 miliar orang diseluruh dunia. Aplikasi berukuran 19MB ini memiliki sejumlah kemampuan yang dapat kamu andalkan untuk membuat Android kamu tetap optimal. Selain dapat membersihkan RAM dan memori internal, ternyata ia juga memiliki fitur penghemat baterai dan anti-virus yang menjaga perangkat kamu dari malware.

Link download: Clean Master

2. CCleanerCCleaner

Dengan tampilan yang sederhana dan mudah untuk dioperasikan fungsi-fungsinya, aplikasi bersih-bersih besutan Priform ini patut untuk dicoba. CCleaner ini sudah diunduh lebih dari 50 juta kali di Google Play Store dan untuk ukuran aplikasi ini relatif kecil yaitu hanya 11MB saja. Walaupun ukurannya kecil, bukan berarti fitur-fitur pembersihnya sembarangan.

Salah satu fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan pembersihan Android adalah kamu dapat mengatur jadwal kapan perangkat perlu dibersihkan. Kemudian aplikasi ini menyediakan tools khusus, yaitu dapat uninstall aplikasi bawaan, sehingga aplikasi yang tidak pernah atau jarang kamu pakai dapat dicopot pemasangannya dan tentu hasilnya adalah dapat menambah jumlah ruang memori internal.

Link download: CCleaner

3. Avast Cleanup & BoostAvast Cleanup & Boost

Avast Software dikenal sebagai salah satu pengembang aplikasi anti-virus baik Android atau PC. Tetapi, ia ternyata juga memiliki aplikasi untuk membersihkan Android, yakni bernama Avast Cleanup & Boost. Aplikasi ini berukuran hanya 13MB saja dan kemampuan yang dimilikinya pun tidak kalah dengan aplikasi bersih-bersih lainnya.

Antara lain adalah dapat mengidentifikasi aplikasi apa saja yang paling banyak memakan RAM dan memori internal. Kemudian dapat membersihkan file sampah seperti cache aplikasi, file sementara dan data yang tertinggal ketika sudah uninstall aplikasi. Selanjutnya kamu bisa uninstall aplikasi bawaan, hibernasi aplikasi untuk lebih memperpanjang masa pemakaian baterai, stop aplikasi yang mengurasi pemakaian baterai dan hemat baterai dengan menggunakan tiga profil penyesuaian penggunaan (home, work, car).

Link download: Avast Cleanup & Boost

4. All-In-One ToolboxAll In One Toolbox

Ini adalah aplikasi bersih-bersih yang memiliki semua tools dalam satu aplikasi saja. Meskipun memiliki banyak tools yang masuk dalam satu aplikasi, tapi aplikasi ini hanya berukuran 7MB saja. Lalu apa saja kelebihan dari All-In-One Toolbox?

Aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang ternyata paling boros dalam memori internal, dikarenakan setiap file yang dikirim dari pengguna, maka si pengguna lainnya akan menerima file tersebut secara otomatis. Kemudian terkadang setiap aktivitas chat ternyata menyimpan file-file sementara yang tersembunyi dan dengan aplikasi All-In-One Toolbox, ia bisa mengatasi problematika tersebut hanya dengan sekali “tap”.

Selanjutnya ada fitur keren tapi bersifat unik, yaitu ada fitur “CPU Cooler”. Fitur ini dapat “membunuh” alat pemakan panas dan panas berlebih. Kemudian dapat menurunkan suhu CPU dengan proses penutupan pada aplikasi yang paling boros dan membutuhkan energi lebih baik didepan layar atau belakang layar. Fitur keren lainnya adalah aplikasi ini dapat mempercepat booting dan mematikan aplikasi yang berjalan otomatis.

Link download: All-In-One Toolbox

5. Power CleanPower Clean

Selanjutnya adalah dari Power Clean. Perlu kamu ketahui, aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni hanya 6MB saja. Tetapi kamu jangan menganggap fitur yang disediakan olehnya ini disepelekan. Diantaranya adalah aplikasi ini dapat membersihkan RAM dan memori internal secara otomatis dengan menyeleksi terlebih dahulu mana aplikasi yang perlu prioritas dari nilai penggunaan RAM atau pemakaian memori internal yang tinggi. Kemudian dapat membersihkan file foto dengan sistem memindai manakah yang memiliki foto duplikat, sehingga kamu dapat menghapusnya daripada memiliki file ganda dengan rupa yang sama.

Link download: Power Clean

Itulah 5 Aplikasi Pembersih RAM + Memori Internal Android Terbaik dan Mutakhir 2019. Semoga hadirnya aplikasi-aplikasi ini dapat membantu kamu dalam menjaga smartphone agar tetap dalam kondisi optimal, lancar dan kencang.