Aplikasi PeduliLindungi Rilis Update Terbaru, Bisa Scan QR Code Tanpa Internet

Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Aplikasi PeduliLindungi dirilis untuk memonitoring aktivitas warga yang sudah divaksin. Selain itu, juga untuk memonitoring wilayah yang dianggap masih dalam zona berbahaya rawan penyebaran COVID-19.

Salah satu bentuk monitoringnya adalah aplikasi tersebut digunakan dalam mengakses suatu tempat atau layanan publik, misalnya seperti mall, supermarket atau perkantoran. Aplikasi ini sudah wajib digunakan untuk mengakses tempat-tempat tersebut.

Cara menggunakan aplikasi ini untuk akses ke tempat publik cukup mudah dilakukan. Pengguna membuka aplikasi, buka fitur pemindai QR Code dan pindai QR Code yang biasanya tertera dipintu masuk. Setelah itu klik check-in untuk masuk dan jika sudah selesai berkunjung, klik check-out untuk keluar.

Namun, pada versi sebelumnya aplikasi ini memerlukan koneksi internet untuk bisa melakukan scan QR Code. Sekarang ini, aplikasi PeduliLindungi telah diperbarui dengan menghadirkan sebuah fitur baru, yakni bisa scan QR Code tanpa internet.

Fitur ini bernama “Offline Check-in” dan telah diumumkan juga oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui akun Instagram resminya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kementerian Kominfo (@kemenkominfo)

Sesuai nama fiturnya, tentu saja aplikasi PeduliLindungi dapat melakukan check-in secara offline atau tanpa terhubung ke internet. Fitur ini dibuat dengan tujuan untuk mengatasi minimnya koneksi internet pengguna seperti digedung atau basement, terlebih lagi jika tidak memiliki kuota data.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur scan QR Code secara offline ini? Pertama yang harus dilakukan adalah pastikan aplikasi PeduliLindungi sudah diperbarui ke versi paling baru. Silakan cek pada toko aplikasi masing-masing, di App Store untuk iOS dan Google Play Store untuk Android.

Jika sudah tersedia pembaruannya, silakan diperbarui terlebih dahulu. Selanjutnya, buka aplikasinya seperti biasa dan buka fitur “Scan QR Code”. Berikutnya, beri izin untuk setujui penggunaan kamera dan pindai QR Code yang tertera di tempat publik.

Apabila dalam pemindaian QR Code tidak ada koneksi internet, maka akan muncul notifikasi dengan teks “Perangkat Anda tidak terkoneksi dengan internet”. Tapi tidak perlu khawatir, karena check-in tetap berhasil dengan status “Check-In Successful” karena fitur Offline Check-In.

Terdapat perbedaan warna status barcode ketika selesai memindai. Jika barcode berwarna hijau, maka orang tersebut sudah divaksin minimal dosis pertama, bukan kasus COVID-19 atau bukan kontak erat. Orang dengan status hijau ini, diperbolehkan untuk masuk ke tempat publik.

Selanjutnya, jika status barcode berwarna kuning, artinya orang tersebut belum divaksin, bukan kasus COVID-19 atau bukan kontak erat. Orang dengan status ini masih diperbolehkan untuk masuk namun dengan standar prokes yang perlu diperhatikan.

Terakhir adalah status barcode berwarna merah yang artinya orang tersebut memiliki kasus COVID-19 dan kontak erat. Orang dengan status ini tentu tidak diperbolehkan untuk masuk ke tempat publik.

You May Also Like

About the Author: Admin of Javastech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.