Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

5 Aplikasi Belajar Online (E-Learning) Terbaik dan Recommended!

0

Aplikasi Belajar Online (E-Learning) – Setiap orang tua tentu harus memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Karena sebagaimana kita tahu anak merupakan generasi penerus bangsa. Oleh sebab itulah kita harus memberikan support dalam menempuh pendidikan si anak. Agar kelak di masa depan dapat memberikan suatu inovasi yang dapat memajukan negerinya sendiri atau memberikan kebahagiaan berupa anak yang cerdas dan berprestasi. Sebenarnya untuk belajar menempuh pendidikan itu tak harus selalu berada disekolah, dimana saja pun bisa termasuk salah satunya belajar dirumah.

Bagaimana cara kita belajar dirumah? Sebagai orang tua pun tidak sepenuhnya bisa maksimal dalam memberikan ilmu yang kita miliki. Solusinya para orang tua bisa memanfaatkan layanan e-learning melalui gadget Android atau iPhone. Nah, layanan ini bisa kamu gunakan dengan cara menginstall sebuah aplikasinya baik di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone).

5 Aplikasi Belajar Online (E-Learning) Terbaik dan Recommended!Aplikasi Belajar Online

Ada berbagai macam aplikasi yang menyediakan layanan e-learning atau belajar secara online. Namun, tak semuanya dapat kita gunakan. Kita juga harus melihat dari berapa penilaian yang diberikan dari para pengulas agar kita mengetahui kualitas dari aplikasi e-learning ini. Disini Java’sTech sudah menyediakan 5 aplikasi belajar online terbaik dan recommended yang bisa kamu gunakan. Apa saja aplikasinya? Berikut informasinya.

1. Ruangguru

Aplikasi Ruangguru

Ukuran Aplikasi30MB
Android Kompatibel4.1+
Jumlah Install10.000.000+
Rating4.7/5.0
(454.000+ Pengulas)
Developerruangguru.com

Diantara kita pasti tidak asing dengan layanan e-learning yang satu ini. Ya, ruangguru menjadi salah satu pilihan pertama untuk belajar secara online! Di aplikasi ini kamu mendapatkan berbagai macam layanan belajar online melalui fitur-fitur yang tersedia didalamnya. Seperti kamu dapat belajar secara mudah dan menyenangkan dengan menyaksikan video belajar beranimasi.

Kemudian, jika kamu ingin mengasah diri dengan soal latihan, maka di ruangguru ada beribu-ribu pilihan soal latihan yang bisa kamu gunakan. Dan apabila kamu ingin diajari oleh tutornya secara langsung, maka di aplikasi ini tersedia fitur “live teaching”. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk belajar dari tingkat SD, SMP dan SMA mulai dari jam 08:00-12:00. Jam ini layaknya jam sekolah pada umumnya.

2. Rumah BelajarRumah Belajar

Ukuran Aplikasi12MB
Android Kompatibel4.1+
Jumlah Install500.000+
Rating4.6/5.0
(16.000+ Pengulas)
DeveloperRumah Belajar Kemendikbud

Jika tadi layanan e-learning disediakan oleh pihak swasta, maka yang kedua ini tersedia aplikasi belajar online yang disediakan langsung oleh Kemendikbud RI, namanya Rumah Belajar. Aplikasi ini sama seperti ruangguru, namun bedanya di aplikasi Rumah Belajar ini terdapat berbagai keunggulan. Diantaranya adalah Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya. Tak hanya dapat digunakan oleh siswa saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk guru.  Lalu materinya pun terdapat berbagai tingkatan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA/K. Materi yang disediakan pun juga lengkap sehingga siap sekali untuk digunakan untuk kegiatan belajar dirumah.

3. QuipperQuipper

Ukuran Aplikasi11MB
Android Kompatibel5.0+
Jumlah Install1.000.000+
Rating4.1/5.0
(29.000+ Pengulas)
DeveloperQuipper. Ltd

Quipper bisa menjadi pilihan kamu selanjutnya untuk belajar online melalui gadget Android atau iPhone. Bagunsya aplikasi ini bisa digunakan secara offline namun yang kamu perlu lakukan adalah dengan mendownload materinya terlebih dahulu. Baru setelah itu baru bisa kamu menggunakannya secara offline.

Aplikasi ini memiliki materi yang related dengan kurikulum sesuai rancangan pemerintah. Jadi, jika kamu ingin belajar khususnya tentang Ujian Nasional, maka Quipper ini bisa menjadi rekomendasi berikutnya. Lalu di aplikasi Quipper ini terdapat pengingatnya juga. Jadi jika kamu lupa dengan jam belajar maka kamu bisa setel pengingat diaplikasi ini yang nantinya bisa mengingatkan kamu untuk belajar.

4. BrainlyBrainly

Ukuran Aplikasi6.7MB
Android Kompatibel5.0+
Jumlah Install10.000.000+
Rating4.6/5.0
(569.000+ Pengulas)
DeveloperBrainly, Inc

Siapapun juga pasti tak asing dengan Brainly bukan? Aplikasi belajar online ini memang sudah menjadi layanan yang cukup lama untuk membantu kegiatan belajar anak dirumah. Bahkan kita juga bisa menemukan jawaban atas pertanyaan dari soal-soal yang kita hadapi. Yang menjawab pun juga berasal darimana saja. Nah, untuk memastikan jawaban benar atau tidaknya Brainly sudah tersedia untuk memverifikasi dengan sendirinya apabila jawaban yang diberikan ternyata akurat. Verifikasinya pun juga berasal dari tutor yang sudah ahlinya. Bisa dikatakan aplikasi ini cenderung kepada tanya jawab dan walaupun gitu tetap ada materi-materi seperti ruangguru, quipper yang bisa digunakan untuk belajar.

5. Zenius

Zenius

Ukuran Aplikasi30MB
Android Kompatibel5.0+
Jumlah Install1.000.000+
Rating4.4/5.0
(17.000+ Pengulas)
DeveloperPT Zona Edukasi Nusantara

Terakhir ada apikasi dari Zenius. Layanan e-learning memang cukup lama juga yakni berjalan dari tahun 2004. Namun selalu dikembangkan hingga pada saat ini akhirnya memiliki fitur baru yakni dapat menghubungkan antara guru, murid dan orang tua untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar. Di aplikasi zenius terdapat lebih dari 70.000 video tentang materi yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan belajar dirumah. Materi tersebut pun memiliki campur tangan denga pengajar luar negeri tentu akan memiliki kualitas materi yang bagus. Dan apabila kamu butuh tips-tips bagaimana untuk membangkitkan semangat belajar, maka di aplikasi ini tersedia berbagai tips yang bisa kamu gunakan.

Penutup

Untuk mendukung kegiatan belajar selain dengan sekolah, kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang baru saja dibahas. Tujuannya adalah untuk lebih memfasilitasi kegiatan belajar agar tingkat belajar bisa lebih baik lagi. Serta juga dapat mengasah kemampuan bagaimana cara memecahkan soal-soal latihan  yang tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu!

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More