Apakah Fitur Keluar dari Grup WhatsApp Secara Diam-diam Sepenuhnya Diam?

Keluar dari Grup WhatsApp Diam-diam
Keluar dari Grup WhatsApp Diam-diam (WhatsApp)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Awal Agustus lalu, WhatsApp merilis tiga fitur baru dengan menyembunyikan status “online” di kontak tertentu, blokir screenshot untuk pesan sekali baca dan keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam.

Fitur yang ketiga ini tampak menarik untuk digunakan. Karena seperti yang kita tahu terkadang ada beberapa kondisi dimana kita ingin keluar dari grup WhatsApp tapi tanpa diketahui oleh siapapun.

Grup WhatsApp sebelum adanya fitur ini, jika kita keluar grup maka akan ada notifikasi bubble berupa “(Nama/nomor) left” dan bubble ini akan tampil untuk semua pengguna termasuk admin grup itu sendiri.

Fitur ini sudah bisa dicoba oleh pengguna WhatsApp di Indonesia. Lantas untuk mengetahui hasil keseluruhan dari fitur tersebut, pada artikel ini akan mencoba melakukan eksperimen keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam.

1. Tidak Ada Notifikasi Bubble Chat Keluar dari Grup

Ada saatnya jika kita keluar dari grup WhatsApp tidak ingin jejaknya diketahui oleh penghuni lain karena sebab tertentu. Apabila jejaknya terlihat, maka akan timbul berbagai pertanyaan yang mengarah ke hal tersebut dan efeknya membuat sungkan ke yang bersangkutan, apalagi jika sampai di chat pribadi.

Hal yang cukup sepele tapi efeknya tidak mengenakan bukan? Oleh karena itulah WhatsApp akhirnya merilis fitur ini untuk digunakan orang-orang demi menjaga privasi.

Notifikasi “left” ini tidak sepenuhnya tersembunyi untuk semua penghuni grup. Untuk pengguna yang bukan admin, notifikasi keluar dari grup tidak akan tampil. Sebaliknya, untuk pengguna yang sebagai admin, tetap bisa melihat notifikasi chat tersebut. Bisa dilihat gambar dibawah ini adalah perbedaan antara admin dan non-admin.

Perbedaan Notifikasi Keluar Grup WhatsApp
Perbedaan Notifikasi Keluar Grup WhatsApp

Untuk non-admin, sama sekali tidak adanya notifikasi bubble “nama/nomor left”, semua tampak seperti bubble chat biasa saja. Tapi untuk sudut pandang sebagai admin, maka tampil notifikasi penghuni telah keluar dari grup.

2. Penghuni yang Keluar Grup Bisa Dilihat Jejaknya

Alih-alih ingin sepenuhnya keluar dari grup WhatsApp tanpa terlihat, tapi kenyataannya WhatsApp menyematkan satu menu khusus di grup bernama “View past participants”. Menu ini digunakan untuk melihat jejak dari siapa saja yang telah keluar dari grup WhatsApp.

Jadi meskipun tidak muncul notifikasi di chat, penghuni grup masih bisa melihat siapa yang telah meninggalkan grup melalui menu tersebut lengkap dengan nama/nomor, tanggal dan waktunya. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini.

Menu View Past Participants
Menu View Past Participants

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa fitur keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam tidaklah seratus persen tepat, melainkan hanya sebatas menghilangkan notifikasi saja. Akan tetapi fitur ini sangat bermanfaat untuk digunakan bagi orang-orang yang sungkan meninggalkan grup karena sebab tertentu.

Sedikit tambahan, fitur ini tidak akan berguna jika dalam satu grup, 3/4 total penghuni atau semuanya dijadikan sebagai admin, karena jika seseorang keluar maka notifikasi akan diterima oleh semua penghuni karena sebagai admin.

error: Salin konten dilarang