Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Apa itu “Noise Cancelling” Pada Headset dan Earphone? Lalu Apa Saja Jenisnya?

0

Apa itu Noise Cancelling – Apakah Kamu sering menggunakan Headset atau earphone? Tentu saja sering ya, Eraphone atau headset biasanya digunakan untuk mendengarkan musik, melakukan panggilan video, video conference, dan juga digunakan untuk kegiatan lainnya. Meski sering menggunakan headset atau earphone, barangkali kamu masih belum tahu mengenai berbagai macam bagian-bagian dari headset tersebut, seperti tentang noice cancelling contohnya. Tak apa, jika Kamu belum tahu, maka simaklah ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu noise cancelling

Apa Itu Noise Cancelling?Apa itu Noise Cancelling

Penggunaan headset atau earphone yang paling sering biasanya dilakukan dalam keadaan bising atau ramai. Sehingga dengan menggunakan headset, Kamu bisa melakukan peredaman suara,sehingga suara musik yang ingin Kamu dengarkan akan tetap terdengar dengan jelas di telinga Kamu. Itu artinya, headset atau earphone yang Kamu gunakan telah memiliki noise cancelling atau fitur peredam bising.

Ada banyak jenis headset atau earphone yang sudah mendukung fitur ini, sehingga ketika Kamu menggunakannya, proses penyaringan telah ditingkatkan. Maka Kamu akan tetap bisa mendengarkan musik atau suara apapun yang ingin Kamu dengarkan dengan lebih jelas saat keadaan sedang bising-bisingnya. Orang-orang biasanya menggunakan headset ini ketika mereka akan bermain musik, saat menelepon di tengah keramaian, atau saat ingin mendengarkan musik di tempat yang banyak orang. Dengan adanya noise cancelling ini, diharapkan pengguna dapat mendengarkan audio dengan lebih nyaman dan juga puas. 

Jenis Noise Cancelling

Kita telah mengetahui tentang apa itu noise cancelling dan teknologi ini memiliki dua jenis yakni ada passive noise cancelling dan active noise cancelling. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis ini mari kita bahas satu per satu.

1. Passive Noise Cancelling

Jenis yang satu ini dimana telinga kita terisolasi dengan earcup headset. Maksudnya adalah earcup pada headset ukurannya besar bahkan hingga over-ear sehingga suara yang berasal dari luar tidak akan ikut masuk ke dalam headset. Alhasil suara yang kita dengar benar-benar hanya dari headset saja tidak ada suara lain yang tercampur. Untuk contoh seperti apa headset-nya maka dibawah ini ada headset Razer Kraken. Tak harus berupa headset, headphone pun juga bisa.Razer Kraken

2. Active Noise Cancelling

Sedangkan active noise cancelling cara kerjanya lebih kompleks dan bergantung dengan teknologi yang artinya jenis noise cancelling yang satu ini tidak memerlukan earcup. Lalu bagaimana cara kerjanya? Cara kerjanya yakni earphone harus memiliki built-in microphone yang bertujuan agar active noise cancellation bisa bekerja. Nah, berfungsinya active noise cancellation berasal dari mic tersebut yang  untuk menangkap suara bising dari luar earphone. Seperti contoh dekatnya adalah suara kendaraan dan orang-orang yang sedang berbicara. Sony SP600N Noise Cancelling

Situasi yang Tepat untuk Menggunakan Headset atau Earphone dengan Noise CancellingSituasi Untuk Menggunakan Headset

Kamu pastinya seringkali menggunakan Earphone, terutama saat sendirian ataupun ketika di  ramai. Saat banyak orang dan Kamu merasa terasing, Kamu bisa menggunakan headset atau earphone untuk menemanimu. Namun, penggunaan headset atau earphone juga bisa Kamu lakukan di saat-saat yang tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa situasi yang tepat untuk kamu bisa menggunakan noise cancelling.

1. Saat Hendak Memiliki Waktu Sendiri

Jika Kamu sedang sedih atau tidak ingin diganggu orang lain, Kamu bisa mencari tempat yang aman dan nyaman untuk berdiam diri. Dan supaya Kamu bisa mendapatkan ketenangan tersebut, gunakanlah earphone atau headset. Kamu bisa memutar apapun melalui headset tersebut. Jika ingin relaks, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu yang melow atau menyejukkan. Dengan begitu, tujuanmu untuk bisa rileks  pun dapat tercapai dan terbantu. Dan kamu juga tak akan terganggu dengan keadaan yang ada di sekitarmu.

2. Saat Hendak Tidur di Dalam Pesawat

Jika sedang naik pesawat, Kamu pasti akan mendapati banyak orang dengan berbagai macam kondisi. Nah, jika Kamu tak bisa tidur di pesawat karena suatu hal yang berisik, Kamu bisa menggunakan headset untuk membantumu terlelap. Contoh jika di dalam pesawat tersebut ada bayi tak henti-hentinya menangis, sehingga Kamu merasa terganggu dan tidak bisa tidur, maka dengan menggunakan headset dengan noise cancelling, Kamu dapat meredam suara bayi dan bisa pergi tidur dengan nyaman.

3. Saat Lagu di Tempat Umum Tidak Sesuai dengan Selera 

Jika Kamu pergi ke tempat-tempat umum, seperti restoran, kafe, tempat gym, atau dimanapun, tentu sering didapati lagu-lagu yang memang sengaja diputar dengan keras. Namun Kamu tentu sering mendapati lagu yang tidak sesuai dengan selera Kamu, sementara Kamu masih ingin berlama-lama di tempat tersebut. Maka Kamu bisa menggunakan headset atau earphone untuk mendengarkan sendiri lagu atau musik kesukaanmu. Apalagi jika Kamu sedang melakukan gym dan terganggu dengan lagu yang tidak Kamu sukai. Gunakan saja headset supaya kamu bisa tetap nyaman menyelesaikan gym. 

Penutup

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai noise cancelling dan juga beberapa situasi yang mendukung kamu untuk menggunakan headset atau earphone yang memiliki fitur peredam suara. Kadangkala Kamu memang perlu menggunakan headset untuk membantu Kamu tetap nyaman dalam melakukan berbagai macam hal, seperti saat ingin rileks, sendirian, tidur, atau ingin fokus dengan beberapa hal tanpa gangguan suara-suara lainnya. Dengan headset atau earphone, Kamu bisa mempertahankan fokusmu dan tetap nyaman tanpa gangguan suara-suara yang tidak diinginkan.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More