Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Apa Itu DNS? Berikut Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya yang Harus Diketahui

0

Website saat ini memegang peranan penting bagi ketersediaan informasi dalam dunia maya. Terutama bagi perusahaan dan instansi, urgensi website tidak dapat dipungkiri sangatlah penting. Oleh karena itu, idealnya orang-orang sudah mengenal ragam istilah yang berkaitan dengan pengelolaan website, salah satunya DNS. Apa itu DNS. Berikut penjelasan tentang pengertian DNS beserta fungsinya.

Apa Itu DNS? Berikut Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya yang Harus DiketahuiApa itu DNS

DNS merupakan kependekan dari Domain Name system, yang merujuk pada suatu sistem guna menyimpan informasi seputar nama host serta domain berdasarkan basis data yang telah tersebar di sebuah jaringan komputer. Secara mudahnya DNS adalah sistem yang dapat mengubah URL menjadi alamat IP pada website. 

1. Apa itu DNS (Domain Name Server)

Sebelum memulai penjelasan tentang apa itu DNS, sebelumnya perlu kamu pahami terlebih dahulu bahwa untuk bisa mengakses suatu website diperlukan adanya transmisi antara url dengan alamat IP. DNS inilah yang menjadi jembatan agar ketika kamu sedang mengakses suatu website, tidak perlu mengetikkan alamat IP yang sangat tidak praktis. 

Bayangkan ketika hendak menuju Google, kamu perlu mengetikkan sejumlah angka IP 172.217.0.142 tentu akan sangat merepotkan. Belum lagi jika website yang hendak dituju tidak diketahui IP-nya. Bisa-bisa kamu tidak jadi menjelajah internet. Oleh karena itu, DNS menjadi sistem penghubung agar saat user hendak menuju suatu website, alamat IP tersebut sudah diterjemahkan menjadi alamat URL.

Pengertian DNS dapat pula diartikan sebagai sistem peringkas yang menerjemahkan domain masukan dari user menjadi alamat IP agar dipahami oleh sistem komputer. Dengan adanya DNS, tidak perlu lagi menginput alamat IP secara manual ketika akan mengunjungi website. Hanya perlu mengetikkan alamat website beserta domain, sistem komputer yang akan mengantarkan kamu menuju website bersangkutan. 

2. Apa Fungsi dan Kegunaan DNS?

Setelah mengetahui definisi DNS, selanjutnya kamu akan bertanya-tanya apa saja fungsi dan kegunaan DNS, serta mempertanyakan mengapa sistem ini penting bagi sebuah website. Pertama, DNS berfungsi sebagai sistem yang meminta informasi alamat IP pada suatu website yang berbasis domain.

Kedua, DNS juga mempunyai fungsi untuk meminta informasi yang dibutuhkan berupa URL pada suatu website sesuai dengan alamat IP yang diinputkan oleh user. Jadi komponen penting yang bersinggungan dengan kegunaan DNS adalah alamat IP dan URL, karena DNS berperan menghubungkan keduanya.

Ketiga, DNS pun berfungsi mencari server secara tepat ketika dilakukan pengiriman email. Maksudnya, ketika kamu sedang melakukan proses pengiriman email, DNS ini akan mencarikan server yang tepat agar email tersebut dapat sampai ke tujuan penerima tanpa harus menginputkan alamat IP dan sebagainya.

Keempat, fungsi DNS yang sangat penting yakni menjaga agar aktivitas kamu saat berselancar di jejaring internet bisa berjalan secara praktis dan otomatis. Kamu tidak perlu lagi bersusah payah menginput IP hanya untuk sampai pada suatu website. Oleh karena itu, sudah jelas bahwa DNS menawarkan kepraktisan bagi user.

3. Bagaimana Cara Kerja DNS?

Setelah mengetahui definisi dan fungsi DNS, selanjutnya kamu bisa jadi bertanya-tanya bagaimana cara kerj DNS untuk menjalankan peranannya. Langkah pertama, komponen  DNS yang bernama DNS resolver akan melakukan proses searching melalui file HOSTS untuk menemukan alamat host. Setelah ditemukan, DNS resolver akan melanjutkan dengan pencarian yang difokuskan pada area data cache.

Perlu diketahui bahwa cache menyimpan hasil perintah dan permintaan yang dilakukan sebelumnya, sehingga dengan pencarian pada cache akan ditemukan data yang mencatat proses pencarian alamat host sebelumnya. Setelah kedua proses searching alamat host pada HOSTS dan cache selesai dilakukan, DNS resolver melanjutnya searching yang difokuskan untuk mencatat alamat server DNS sebagaimana ketetapan user.

Setelah itu, server DNS bertugas mencarikan nama domain sesuai data pada cache. Jika nama domain sudah ditemukan, maka hasilnya akan langsung berupa tampilan alamat URL yang dituju. Akan tetapi, jika pencarian tersebut belum menemukan nama domain, maka proses searching dilanjutkan dengan melacak database pada server DNS.

4. Kelebihan DNS

DNS memiliki beberapa kelebihan ketika digunakan untuk berselancar di internet. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memudahkan pengguna untuk berinternet: Mengingat angka-angka IP Address untuk mengakses suatu situs nampaknya terlihat menyusahkan. Maka dari itu dengan kita cukup mengingat nama situs/domain-nya saja akses pun mudah dilakukan. Inilah salah satu kelebihan DNS yang menghubungkan kita sebagai pengguna internet dengan komputer.
  2. Penggunaan internet lebih konsisten: Apabila angka-angka IP Address ternyata berubah, kita pun sebagai pengguna tetap bisa mengakses suatu situs tanpa harus memperhatikan IP Address itu lagi.
  3. Mudah untuk dikonfigurasi: Ketika adanya kendala pada IP Address, maka kita bisa mengganti IP Address yang berbeda dengan mudah.
  4. Lebih aman: Seluruh aktivitias transfer data online apabila menggunakan sistem DNS maka keamanannya terjaga. Karena dengan adanya DNS maka upaya peretasan oleh orang tidak bertanggung jawab akan tercegah. Alhasil situs aman untuk tetap bekerja.

Penutup

Itulah pengertian DNS beserta fungsi dan cara kerjanya. Bagi orang-orang yang masih awam, kemungkinan akan sedikit rumit dalam memahami hal-hal seputar DNS. Apalagi banyak istilah asing yang digunakan. Dengan memahami DNS beserta fungsi dan cara kerjanya, kamu bisa lebih mengembangkan website agar semakin optimal.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More