Apa Itu Dark Web atau Deep Web & Mengapa Sebaiknya Harus Dihindari?

Deep Web Ilustrations

Apa Itu Dark Web atau Deep Web? – Zaman sekarang hampir semua orang bahkan balita sekalipun dapat mengakses sebuah internet. Ya, internet sendiri memang sudah menjadi media komunikasi serta hiburan yang dapat membuat siapa saja yang menggunakannya merasa bermanfaat.

Tetapi perlu kita ketahui internet yang sering sekali kita akses, itu hanyalah sebagian kecilnya saja atau permukaannya. Internet ini jangkauannya sangatlah luas dan dalam diibaratkan seperti samudra, kita tidak mengetahui dibagian mana sajakah yang masih bisa diakses lagi bagi orang yang awam-awam saja tentang internet.

Banyak yang beranggapan jika internet hanyalah sebatas media untuk mencari informasi yang tersedia secara umum dan media hiburan, tidak lebih lagi. Namun, internet yang memiliki bagian jauh dan dalam disana yang tidak banyak diketahui orang ternyata menyimpan sebuah misteri dan rahasia yang sangat mengejutkan bila sekalinya diketahui oleh orang awam. Lalu apa nama bagian internet tersebut yang membuat orang bertanya-tanya?

Pengertian “Dark Web” atau “Deep Web”Pengertian Dark Web atau Deep Web

Dibagian internet yang jauh dan dalam disana terdapat sebuah istilah “Deep Web” atau “Dark Web”. Berdasarkan namanya saja “deep” atau “dark” artinya sudah mendeskripsikan sebuah kegelapan dan kedalaman. Lalu bagaimana penjabarannya?

Deep Web atau Dark Web adalah sebuah media situs yang berisi konten-konten misteri, asing, ilegal, mengerikan dan sangat rahasia yang tidak dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google atau Bing. Kemudian situs-situs “gelap” tersebut tidak bisa diakses secara kebetulan oleh pengguna biasa-biasa saja. Perlu adanya teknik khusus agar situs gelap tersebut dapat diakses.Deep Web Ilustrations

Tetapi ternyata ada beberapa situs yang tidak memiliki konten mengerikan, berbahaya atau ilegal. Hanya saja situs tersebut memang dikhususkan untuk menyimpan sebuah data yang sangat dirahasiakan dari orang-orang.

Lalu ada lagi situs-situs yang memang sengaja dirahasiakan, server yang dihosting secara pribadi atau situs perusahaan internal yang sengaja disembunyikan keberadaannya dari bagian internet biasa. Pada hakikatnya semua situs yang berada di deep web atau dark web dapat diakses secara online, namun untuk mengaksesnya sekali lagi ditegaskan perlu dilakukan teknik khusus dan akses yang lebih dalam lagi untuk menemukannya. Karena untuk menjelajahinya saja butuh waktu yang banyak karena situs tersebut jauh dan dalam letaknya.

Apakah Situs Berkategori Dark Web atau Deep Web Aman Untuk Diakses?Apakah Aman Mengakses Dark Web

Situs dari dark web ini terbilang cukup praktis fungsinya. Apabila kita mengakses situs dari kategori tersebut, maka kita akan memperoleh sebuah informasi yang sangat jauh berbeda dari yang biasa kita temukan sebelumnya. Kita memiliki kemungkinan dapat membaca sebuah informasi misalnya rahasia kenegeraan, militer atau bahkan hingga transaksi jual-beli barang ilegal.

Yang perlu kita ingat perihal dark web ini adalah apa pun tujuannya, mengakses sebuah dark web sangatlah tidak aman bahkan mesti kita hindari. Mengapa?Hacker

Karena sifat dark web yang sangat tidak terendus ini menjadi surga bagi para peretas atau hacker untuk memanfaatkan kelemahan pengguna dan mencuri informasi penting darinya dengan sangat mudah. Karena pada dasarnya hanya dengan mengakses sebuah dark web saja, itu sudah dianggap tindakan yang mencurigakan, apalagi hingga download file dan memanfaatkan konten didalamnya. Hal itu bisa dikatakan tindakan ilegal.

Begitulah penjelasan mengenai pengertian dari dark web atau deep web. Gunakanlah internet dengan bijak, benar dan waspada agar kita terhindar dari hal-hal yang berbahaya dan merugikan diri sendiri.