Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Apa Itu “Cache”? Haruskah Dihapus dari Penyimpanan Smartphone?

0

Untuk memudahkan proses pembacaan data maka setiap smartphone sudah memiliki sistem penyimpanan data. Salah satunya dan mungkin tidak asing ditelinga kita adalah “cache”. Data cache ini bisa diperoleh dari aplikasi smartphone apabila sudah dijalankan. Kita juga sering mendengar bahwa jika smartphone sudah lamban prosesnya. maka perlu hapus cache terlebih dahulu. Tapi tunggu sebentar! Sebelum kamu melakukan tindakan tersebut baiknya kamu mengetahui apa itu cache. Karena sebenarnya cache juga memiliki peran penting untuk performa smartphone. Berikut ini adalah penjelasan tentang cache serta alasannya apakah harus dihapus atau tidak.

Apa Itu “Cache” Pada Smartphone?Cache Pada Smartphone

Penjelasan mudahnya dari cache adalah data yang bersifat sementara yang disimpan ke dalam penyimpanan internal smartphone. Apa isi dari data cache ini? Isinya yakni berupa catatan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna terhadap aplikasi yang dijalankan. Karena aktivitas kamu tercatat sehingga menjadi data cache, maka hasilnya cache ini akan membuat proses jalannya aplikasi lebih cepat dari sebelumnya.

Contoh sehari-hari yang bisa kita lihat dari fungsi cache ini adalah ketika bermain Facebook. Awalnya ketika ingin bermain Facebook tentu akan mengakses URL dan harus login terlebih dahulu. Nah, dari sini saja akivitas kamu sudah disimpan dalam data cache. Keesokan harinya ketika kamu kembali akses Facebook, maka saat baru ketik “Face” maka browser akan langsung respon cepat dengan menampilkan URL Facebook. Lalu kamu bisa langsung bermain sosial media tersebut tanpa harus login lagi. Mengapa bisa menjadi secepat ini? Karena berkat data cache yang tersimpan.

Haruskah Cache Dihapus dari Penyimpanan Smartphone?Hapus Cache Smartphone

Kini kamu sudah mengetahui pengertian dari cache beserta contoh fungsinya dalam kegiatan di smartphone. Kembali lagi kita pernah mendengar bahwa perlu menghapus cache dari smartphone agar performanya tidak lamban. Pertanyaannya sekarang adalah haruskah cache dihapus dari penyimpanan smartphone?

Jika kita lihat secara fungsi, data cache memang bermanfaat untuk mempercepat proses berjalannya suatu aplikasi. Karena data ini sifatnya membaca aktivitas yang telah dilakukan oleh penggunanya sehingga smartphone hanya perlu membaca kembali datanya. Namun yang perlu kamu ketahui data cache yang terlalu besar jumlahnya bisa membuat memori internal penuh. Akhirnya kinerja smartphone pun melamban.

Oleh karena itu, kamu masih boleh untuk menghapus data cache asal secara rutin terjadwal. Seperti setiap dua hari sekali atau seminggu sekali saja. Atau kamu juga bisa menghapus data cache apabila performa smartphone sudah mulai melamban.

Cara Menghapus Cache di Smartphone

Disini sudah disediakan juga bagaimana caranya untuk menghapus cache pada smartphone. Langkahnhya pun mudah dilakukan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka pengaturan smartphone kemudian cari menu yang menampilkan daftar aplikasi yang terinstall.
  2. Silakan temukan aplikasi yang ingin dihapus data cache -nya.
  3. Buka penyimpanan, kemudian ketuk “Hapus cache”.
  4. Selesai.

Atau jika kamu ingin menghapus datanya secara lebih bersih, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master, CCleaner atau semacamnya.

Download Clean Master Gratis

Download CCleaner GratisCCleaner

Download 5+ Aplikasi Pembersih Mutakhir Android

Jika kamu masih mencari aplikasi pembersih selain daripada dua diatas, maka kamu bias memilih lagi lewat link download yang sudah disediakan dibawah ini.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah data cache merupakan data yang bersifat sementara yang dihasillkan dari catatan penggunanya. Data cache diperoleh dari aplikasi yang apabila sudah dijalankan. Manfaat dari data ini adalah dapat mempercepat proses kerja aplikasi dibandingkan dengan aplikasi yang masih bebas dari cache. Akan tetapi, cache jika dibiarkan begitu saja tanpa rutin dibersihkan maka dapat membuat memori internal HP menjadi penuh. Oleh karena itu perlu dibersihkan agar jumlahnya tidak membengkak. Cara membersihkannya bisa menggunakan aplikasi atau langsung dari pengaturannya tergantung kebutuhan pengguna.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More