JAVASTECH.COM –¬†Dalam ajang pameran di Consumer Electronics Show 2023 di Amerika Serikat, Acer memperkenalkan lini laptop terbaru mereka dengan Acer Aspire 5, Aspire 3 dan All-in-One Aspire S.

Masing-masing lini Aspire ini memiliki keunggulan masing-masing. Mulai dari Acer Aspire 5 dimana laptop ini menawarkan efisiensi performa dalam menunjang aktivitas multitasking pengguna. Kemudian Acer Aspire 3 memiliki keunggulan yang sama seperti Aspire 5 namun dengan harga yang lebih terjangkau dikarenakan spesifikasi yang lebih ringan.

Terakhir dengan All-in-One Aspire S yang menawarkan penggunanya berupa pengalaman menggunakan komputer dengan performa yang mulus berkat penggunaan prosesor Intel terbaru generasi ke-13.

Spesifikasi Acer Aspire 5

Acer Aspire 5

Acer Aspire 5 (Acer)

Melansir dari Windowscentral, Laptop Acer Aspire 5 hadir dengan tiga varian ukuran yakni 14 inci, 15 inci dan 17 inci. Setiap ukurannya memiliki tiga varian prosesor Intel generasi ke-13 dengan Intel Core i3, Core i5 dan Core i7.

Prosesor Intel generasi ke-13 yang dipakai disemua ukuran Aspire 5 ini memiliki kode “U” yang mana Acer memang ingin membuat laptop ini efisien dalam segi performa. Meski demikian, spesifikasi lainnya terhitung mampu untuk menopang performa multitasking.

Mulai dari GPU yang digunakannya dengan GPU diskrit Nvidia GeForce RTX 2050 yang dilengkapi dengan fitur Ray Tracing. Dengan ini, Aspire 5 memungkinkan untuk bisa bermain game dengan spesifikasi medium. Semua varian ukuran Aspire 5 memiliki VRAM 4GB.

GPU diskrit ini masih ditemani dengan GPU terintegrasi yakni Intel Iris Xe untuk meminimalkan penggunaan sumber daya pada laptop agar efisiensi tetap terjaga. Namun, GPU ini hanya tersedia di ukuran 14 dan 15 inci.

Memori RAM yang dimiliki Aspire 5 terbagi menjadi beberapa pilihan. Untuk Aspire 5 ukuran 14 dan 15 inci memiliki pilihan RAM 8GB, 16GB dan 32GB dengan tipe LPDDR5. Sedangkan Aspire 5 ukuran 17 inci hanya tersedia 32GB saja dengan tipe DDR4.

Mengingat spesifikasi mesin yang dimiliki Aspire 5 cukup mumpuni untuk multitasking, maka diberikanlah fitur pendukung TwinAir Cooling. Dengan adanya fitur ini, maka suhu laptop akan tetap terjaga selama kegiatan multitasking.

Urusan penyimpanan data pengguna, semua varian Aspire 5 menggunakan PCIe Gen 4 NVME dengan pilihan ukuran 256GB, 512GB dan 1TB. Didalam penyimpanan ini sudah pre-installed Windows 11 Home.

Tampilan layar Aspire 5 tergolong sudah sangat aman dengan panel layar IPS beresolusi 1080p dengan rasio layar 16:10. Selain itu, terdapat fitur khusus dari Acer untuk mengoptimasi warna agar lebih dinamis dan nyaman untuk dilihat oleh pengguna.

Tak hanya layarnya saja yang memiliki resolusi 1080p alias Full HD, webcam Aspire 5 juga demikian dan diberi fitur Acer Temporal Noise Reduction (TNR). Fitur ini berguna untuk meminimalisir adanya noise pada video.

Dimana ada webcam, disana pasti ada mikrofon didekatnya untuk menangkap suara dari pengguna ketika sedang melakukan rekaman. Mikrofon pada Aspire 5 ini juga disematkan fitur Acer PurifiedVoice yang berguna untuk meningkatkan kualitas audio agar lebih jernih dan meminimalkan adanya noise.

Kelengkapan lain yang dimiliki Aspire 5 antara lain port Thunderbolt 4, USB Type-C, Wi-Fi 6E dan HDMI 2.1 yang support hingga 8K.

Spesifikasi Acer Aspire 3

Acer Aspire 3

Acer Aspire 3 (Acer)

Acer Aspire 3 juga hadir dengan tujuan untuk produktivitas pengguna dengan kegiatan multitasking. Bedanya, Aspire 3 memiliki spesifikasi yang dipangkas daripada Aspire 5.

Seperti dari prosesornya terlebih dahulu, Aspire 3 juga menggunakan prosesor dari Intel namun dengan seri terbaru dengan seri “N”, yakni Intel Core i3-N305. Dari laman resmi Intel, prosesor Core i3 ditambahkan ke dalam seri “N” sebagai prosesor baru dengan performa yang cukup untuk kegiatan produktif namun dengan konsumsi daya yang hemat.

Sebagai informasi, pada ajang CES 2023, Intel memperkenalkan empat prosesor entry level mereka dengan Intel Core i3-N305, i3-N300, Intel Processor N200 dan Intel Processor N100.

Perbandingannya, N305 memiliki performa yang lebih kencang dengan TDP 15 watt ketimbang N300 dengan TDP 7 watt, meskipun keduanya sama-sama memiliki spesifikasi core/thread sebanyak 8/8, cache 6MB dan frekuensi turbo maksimal 3,8 Ghz.

Jika di Aspire 5 menggunakan GPU diskrit dari Nvidia, Aspire 3 justru tidak. Laptop ini menggunakan GPU integrated dengan Intel UHD Graphics.

Selain itu, sistem pendinginan yang dimiliki Aspire 3 juga tidak menggunakan dua kipas, melainkan hanya satu saja. Walau begitu, ukuran permukaan kipasnya dibuat lebih luas sebesar 78% dengan tambahan kapasitas pendingin termal sebesar 17%.

Soal layarnya, Aspire 3 memiliki layar beresolsui 1080p dan resolusi ini sudah sangat aman untuk penggunaan laptop produktivitas. Yang perlu jadi catatan, panel layar Aspire 3 ini menggunakan LCD sehingga akurasi warnanya akan terlihat kurang dan bisa menimbulkan pantulan jika berada di belakang cahaya.

Laptop dengan panel LCD memang membuat pengalaman penglihatan jadi terkesan kurang. Sebagai gantinya, Acer memberi sebuah fitur tambahan pada layar tersebut dengan Acer BlueLightShield. Dengan fitur ini, dapat mengurangi efek cahaya biru terhadap kesehatan mata.

Aspire 3 hadir dalam tiga ukuran yakni 14 inci, 15 inci dan 17 inci. Semua varian ukuran ini menggunakan memori RAM 16GB dengan tipe LPDDR5. Penyimpanannya sendiri menggunakan SSD dengan varian 128GB, 256GB, 512GB dan 1TB, namun tipenya lebih rendah satu generasi dengan PCIe Gen 3 NVME.

Kelengkapan yang dimilikinya antara lain HDR Webcam, USB Type-C, HDMI 2.1, Windows 11 Home dan Wi-Fi 6 untuk ukuran 14 inci dan Wi-Fi 6E untuk 15 dan 16 inci.

Spesifikasi Acer Aspire S

Acer AIO Aspire S

Acer AIO Aspire S (Acer)

Selain dua laptop diatas, Acer juga merilis desktop All-in-One Aspire S. Desktop AIO ini hadir dalam ukuran 27 inci dan 32 inci. Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda.

Prosesornya untuk Aspire S 27 inci, menggunakan Intel generasi ke-13 dengan Core i5-1340P dan Core i7-1360P. Sedangkan varian 32 inci, menggunakan Intel generasi ke-12 dengan Core i7-1260P. Melihat kode “P” dibelakangnya, artinya desktop ini mengusung performa yang kencang.

Acer Aspire S 27 inci memiliki GPU integrated dengan Intel Iris Xe Graphics sedangkan Aspire S 32 inci menggunakan GPU Intel Arc-A Series Graphics.

Untuk mendukung prosesornya, Aspire S 27 inci memiliki RAM 32GB DDR4 dan Aspire S 32 memiliki RAM 16GB DDR4. Penyimpanannya sendiri, semuanya memiliki pilihan yang sama dengan 256GB, 512GB dan 1TB.

Desktop All-in-One ini memiliki bahan alumunium dan layarnya sendiri bisa diputar. Dibelakang stand layar, sudah terdapat port dengan dua USB 3.2, HDMI In dan HDMI Out serta port LAN RJ45. Sisi sebelahnya terdapat USB Type-C, jack 3,5mm dan slot SD Card.

Kualitas layarnya sendiri terbilang cukup tinggi dengan resolusi 1440p (2560 x 1440p) dengan panel IPS. Bezelnya sangat tipis dengan perbandingan 98,11% Screen to Body Ratio. Serta terdapat refresh rate 75 Hz yang membuat tampilan lebih mulus ketimbang 60 Hz.

Pada monitor ini sudah terdapat speaker stereo integrated dengan fitur DTS Surround yang membuat kualitas audio jadi lebih jernih. Kemudian pada bagian atas monitor terdapat webcam dengan resolusi Full HD 1080p.

Tapi Acer sendiri menawarkan webcam yang dilengkapi dengan fitur ring light dengan resolusi lebih tinggi di 1440p. Perlu dicatat, webcam yang satu ini dijual terpisah oleh Acer.

Selain pada fitur-fitur diatas, Acer Aspire S menawarkan fitur keamanan berupa pengenal wajah Acer EyeSense dan fingerprint lock Windows Hello.