Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

5 Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mata Ketika Bekerja Lama Didepan Komputer

0

5 Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mata Ketika Bekerja Lama Didepan Komputer – Sangatlah penting untuk kamu ketahui tentang menjaga kesehatan mata apalagi jika sehari-harinya bekerja di depan komputer yang merupakan aktivitas rutin. Komputer memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia mulai dari mengolah dokumen, membuat sebuah desain, membuat dan mengedit video, membaca berbagai macam dokumen dan juga ebook, hingga untuk keperluan hiburan.

Namun jika tidak dijaga dengan baik, terlalu lama menatap layar komputer tanpa memperhatikan kesehatan mata bisa berakibat buruk. Pandangan menjadi kabur, mata menjadi perih serta lelah hingga kemerahan, bahkan bisa juga menyebabkan sakit kepala. Berikut adalah hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya sakit mata ketika berlama-lama didepan komputer.

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata Ketika Bekerja Lama Didepan KomputerTips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ manusia yang sangat vital. Berkatnya, seluruh pemandangan yang ada disekitar bisa disaksikan dengan jelas. Namun organ vital yang nampak diluar tubuh ini ternyata bersifat sensitif sehingga hal sepele saja pun bisa membuatnya menjadi bermasalah, seperti salah satunya mentap layar komputer.

Walaupun hanya menatap saja tapi jangan salah, ternyata dapat memberikan dampak yang berpengaruh negatif terhadap kesehatan seperti mata perih, berair, merah bahkan minus. Maka dari itu kamu bisa lihat tips-tips dibawah ini agar kamu bisa melakukan pencegahan.

1. Atur Pencahayaan RuanganAtur Pencahayaan Ruangan

Salah satu penyebab otot mata jadi mudah tegang dan mudah lelah adalah karena intensitas cahaya yang tidak hanya kurang namun juga terlalu terang. Ketika menggunakan komputer, intensitas cahaya lampu ruangan yang direkomendasikan adalah setengah dari pencahayaan ruangan kantor pada umumnya.

Selain itu atur posisi komputer agar tidak membelakangi atau menghadap ke depan jendela, backlight dari cahaya luar ruangan juga bisa mengganggu kenyamanan mata kamu. Lebih baik menempatkan posisi komputer yang menyamping dengan jendela, atau tutup jendela kamu ketika bekerja menggunakan komputer.

2. Minimalkan Pantulan CahayaMinimalkan Pantulan Cahaya

Tips menjaga mata apabila bekerja didepan komputer yang kedua adalah dengan menghindari pantulan cahaya dari sumber cahaya yang bisa tertangkap oleh sensor mata kamu. Misalnya dengan mengganti meja kaca dengan meja yang memiliki tampilan matte, mengganti warna cat ruangan menjadi warna yang lebih gelap atau kalem, bukannya warna putih. Kemudian kurangi tingkat cahaya layar komputer kamu dan jika perlu pasangkan pelindung anti-glare pada layar komputer untuk mengurangi pantulan cahaya yang bisa membuat mata cepat lelah.

3. Upgrade Monitor Komputer KamuUpgrade Monitor

Komputer lama mungkin memang masih bekerja dengan cukup baik, namun sebaiknya ganti model  lama yang kamu gunakan dengan yang paling baru, terutama jika kamu belum menggunakan komputer dengan layar LCD. Komputer model lama masih menggunakan teknologi monitor yang membuat tampilan gambar kadang berkedip-kedip dan belum memiliki teknologi filter yang bisa mengurangi kerusakan pada mata.

Sedangkan komputer yang menggunakan layar LCD umumnya sudah dilengkapi dengan permukaan layar yang anti pantul sehingga mata bisa lebih nyaman memandang layar komputer meski dalam waktu yang lama. Layar komputer dengan resolusi yang lebih tinggi lebih baik untuk kesehatan mata, meski memang harganya lebih mahal.

4. Jangan Sampai Lupa Untuk BerkedipMata Berkedip

Menatap layar komputer umumnya membuat orang menjadi jarang berkedip, ditambah dengan ruangan kantor yang biasanya ber-AC bisa membuat mata jadi lebih kering. Ketika mengedip, air mata akan membuat mata jadi lebih lembab sehingga mata bisa berfungsi dengan baik dan nyaman. Oleh karena itu kamu bisa melakukan latihan mengedip dengan cara menutup mata selama tiga detik sebanyak 10 kali setiap 20 menit untuk menghindari mata yang kering.

Jika kondisi mata kering sudah terlanjur parah, tips menjaga mata apabila bekerja didepan komputer adalah kamu bisa mengunjungi dokter untuk diresepkan obat tetes mata khusus yang bekerja seperti air mata, bukan yang digunakan untuk menyembuhkan iritasi.

5. Terapkan Aturan “20/20/20”Aturan 20-20-20

Tips menjaga mata apabila bekerja didepan komputer yang paling umum adalah aturan “20/20/20”, sebelumnya apa itu aturan “20/20/20”?

Setiap 20 menit sekali, alihkan pandangan mata kamu dari komputer dan lihat ke arah yang jauh (setidaknya sejauh 20 meter), selama 20 detik. Tujuannya adalah untuk melatih otot mata agar tetap terstimulasi dan tidak kaku hanya digunakan untuk melihat objek dengan jarak dekat saja. Latihan ini juga untuk mencegah kemampuan mata untuk fokus pada objek dengan jarak tertentu jadi berkurang karena menatap komputer terlalu lama.

6. Pasang Software Filter Cahaya BiruBluelight Filter

Komputer zaman sekarang biasanya sudah disematkan fitur filter cahaya biru dari sistem operasinya untuk menyaring cahaya yang keluar pada tampilan komputer. Contohnya Windows 10 yang sudah menyediakan fitur filter cahaya biru. Perlu kamu ketahui, cahaya biru ini yang dihasilkan dari komputer bisa berdampak buruk pada mata kamu apabila selalu terpapar dalam jangka waktu panjang.

Tetapi untuk komputer dengan generasi lama belum memiliki fitur tersebut. Maka dari itu kamu bisa download software-nya dibawah ini dengan lisensi gratis tetapi juga bisa dengan lisensi pro apabila kamu membelinya

 

“Mencegah itu lebih baik dari mengobati”, maka dari itu segeralah lakukan pencegahan sebelum terlambat, karena mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital untuk kehidupan. Semoga tips dari javastech.com bermanfaat untuk kamu!

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More