5 Hari Lagi Kebijakan WhatsApp Berlaku, Ini yang Terjadi Jika Pengguna Menolak

Pembatasan Fungsi WhatsApp
Pembatasan Fungsi WhatsApp (WhatsApp)

JAVASTECH.COM – Kurang dari seminggu lagi tepatnya menjelang 15 Mei, WhatsApp akan menerapkan kebijakan privasinya berupa berbagi data dengan Facebook. Maka dari itu, pihaknya sendiri juga menggencarkan notifikasi kepada para pengguna mengenai informasi ini.

Pada “deadline” tersebut, nantinya pengguna akan diminta untuk menyetujui kebijakan terbaru WhatsApp. Namun, pengguna diberikan hak untuk bisa menolaknya dengan cara tidak menyetujuinya.

WhatsApp menegaskan bahwa bagi pengguna yang tidak menyetujui kebijakan terbaru ini, maka akun tersebut tetap tidak akan dihapus pada tanggal 15 Mei mendatang.

Akan tetapi, ada konsekuensi yang harus diterima oleh para pengguna yaitu fungsi WhatsApp akan dibatasi secara bertahap. Sebagai permulaan, pengguna tidak bisa mengakses ke daftar chat namun masih bisa menjawab panggilan suara atau video yang masuk.

Pembatasan fungsi diawal ini akan berlangsung beberapa minggu dan setelahnya fungsi WhatsApp akan makin dibatasi lagi dengan tidak bisa menerima panggilan suara maupun video serta fungsi chat akan diberhentikan.

“Setelah beberapa pekan dengan fungsi terbatas, Anda tidak akan bisa lagi menerima panggilan masuk atau notifikasi. WhatsApp akan berhenti meneruskan pesan dan panggilan ke ponsel Anda,” ungkap WhatsApp dalam laman resminya.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa, bagi pengguna yang tidak menyetujui kebijakan ini maka tidak masaslah saja namun secara perlahan fungsi WhatsApp akan dibatasi secara bertahap hingga pada akhirnya pengguna harus menyetujui kebijakan terbaru mereka.

Seiring fungsinya dibatasi, WhatsApp setiap beberapa waktu akan memunculkan notifikasi untuk meminta pengguna agar menerima kebijakan privasi tersebut dengan cara menekan tombol “setuju”. Jadi dengan notifikasi ini pengguna bisa berubah pikiran agar bisa mengembalikan fungsi normal dari WhatsApp.

Disamping itu ternyata ada ketentuan lain yang harus kita ketahui. Berdsasarkan dari TechRadar, Sabtu (08/05/2021), bahwa bagi akun WhatsApp bisa dihapus apabila tidak aktif selama 120 hari.

Namun, sebelum waktu tenggat tersebut, pengguna bisa menghapus sendiri akunnya melalui menu pengaturan yang sudah tersedia. Akan tetapi, WhatsApp mengingatkan akun yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan lagi.

Akun yang dihapus akan meliputi penghapusan riwayat chat, mengeluarkan pengguna dari semua grup dan menghapus data backup WhatsApp. Hal ini tercantum melalui lama resminya juga soal penghapusan akun.

error: Salin konten dilarang