Time To Say Goodbye! 31 Mei 2019, Layanan BBM Resmi Berhenti Beroperasi Dari Dunia Instant Messenger

Beri Nilai Informasi

31 Mei 2019, Layanan BBM Resmi Berhenti Beroperasi Dari Dunia Instant Messenger Blackberry Messenger atau biasa dikenal dengan istilah “BBM” adalah salah satu aplikasi instant messsenger yang paling terkenal pada era 2007 hingga 2015. Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Aplikasi yang berasal dari Blackberry ini tentu memiliki banyak cerita bagi siapa saja yang pernah menggunakannya. Kemampuannya mengirim pesan dengan cepat, unik dan mudah menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan salah satu contoh ikon BBM ini adalah menggunakan “PIN” sebagai identitas kontak serta adanya “PING!!!” untuk diibaratkannya seperti memanggil kontak tersebut.

Namun, kini saatnya kita semua yang pernah menggunakannya, yang pernah mengukir cerita obrolan dengan aplikasi ini patut bersedih, mengapa? Karena pada tanggal 31 Mei 2019 mendatang, layanan BBM ini akan berhenti beroperasi dan pergi dari dunia instant messenger selamanya.

Time To Say Goodbye! 31 Mei 2019, Layanan BBM Resmi Berhenti Beroperasi Dari Dunia Instant MessengerSelamat Tinggal BBM

Hal ini berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pihak Blackberry dalam blog BBM dan isinya adalah sebagai berikut.

“Today we’re announcing that we will be closing BBM consumer service on 31 May 2019.

Three years ago, we set out to reinvigorate BBM consumer service, one of the most loved instant messaging applications, as a cross-platform service where users can not only chat and share life experiences, but also consume content and use payment services. We poured our hearts into making this a reality, and we are proud of what we have built to date.

The technology industry however, is very fluid, and in spite of our substantial efforts, users have moved on to other platforms, while new users proved difficult to sign on.Though we are sad to say goodbye, the time has come to sunset the BBM consumer service, and for us to move on.

We are grateful for your support and wish to thank everyone, especially our users, partners, and employees, for being part of the BBM consumer service journey. We hope you will cherish many fond memories of BBM consumer service that helped shape messenger platforms to become what they are today.”  dilansir dari blog.bbm.com

Pesan perpisahan ini ternyata juga disampaikan melalui BBM kepada setiap pengguna. Sungguh menyedihkan memang bahwa aplikasi yang dahulu kala sangat digemari dan sempat menjadi aplikasi andalan, kini saatnya untuk mengucapkan “selamat tinggal” kepadanya. Lalu mengapa BBM berhenti beroperasi?TIme To Say Goodbye BBM

Alasan diberhentikannya layanan BBM ini berdasarkan keterangan diatas adalah karena pihaknya mengaku sulit mendapatkan pengguna baru, kemudian para pengguna lebih memilih instant messenger lainnya seperti contohnya WhatsApp, LINE ketimbang menggunakan BBM dengan alasan yang berbeda-beda mengenai perpindahan platform tersebut.

Tetapi pihak Blackberry tidak langsung menutup begitu saja layanan BBM ini. Para pengguna yang masih menggunakannya, masih diberi kesempatan sampai tanggal 31 Mei 2019.

Perlu kita tahu, aplikasi BBM ini juga memiliki fitur-fitur seperti pada instant messenger lainnya. Fiturnya antara lain dapat mengirim dokumen, lokasi, musik, gambar, melakukan video call atau melakukan panggilan biasa. Tak hanya disitu saja, terdapat yang namanya “BBM Channel” yang mana dengan fitur ini kita bisa menikmati konten-konten yang tersedia apabila kita sudah bergabung dengan salah satu channel tersebut. Lalu diupdate yang terakhirnya adalah adanya fitur “Discover” untuk menjelajahi apa saja yang seru di BBM ini seperti tersedianya stiker, berbelanja, webkomik, berita, video hingga permainan.

Fitur BBM

Tetapi karena aplikasi ini semakin tersisih dan kalah bersaing dengan aplikasi-aplikasi lainnya seperti WhatsApp, LINE, Telegram, Facebook Messenger akhirnya pihaknya memutuskan untuk menutup layanan ini dan memberhentikannya dari dunia instant messenger untuk selamanya.

Selamat tinggal BBM! Berjuta cerita yang pernah dituliskan dikolom pesanmu tidak akan terlupakan!

You May Also Like

About the Author: Admin of Javastech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.