Tutorial Cara Mengecek PC Apakah Mendukung Windows 11 Atau Tidak

Ilustrasi Tampilan Windows 11
Ilustrasi Tampilan Windows 11 (Screenshot)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Setelah 6 tahun perilisannya, akhirnya Windows 10 sudah memiliki generasi penerusnya yaitu Windows 11. Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini sudah resmi dirilis sejak Kamis (24/06/2016) melalui acara Microsoft Event secara online.

Bagaimana penampakannya? Tentu saja Windows 11 membawa berbagai macam perubahan yang cukup siginifikan. Mulai dari tampilan yang bersih, rapih dan friendly. Kemudian penambahan fitur baru, peningkatan performa yang lebih optimal serta pastinya sudah mendukung penggunaan aplikasi Android tanpa emulator.

Apakah upgrade ke Windows 11 ini harus bayar? Jangan khawatir karena Windows 11 ini bakal diberikan secara cuma-cuma oleh Microsoft. Namun, pengguna harus sabar menantinya karena Windows 11 versi finalnya akan rilis pada November atau Desember 2021 mendatang dan masih berlanjut hingga 2022.

Meski demikian, kamu perlu mengetahui tentang kecocokan perangkat kamu terhadap Windows 11 terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar ketika nanti laptop/PC sudah menggunakan Windows 11, tidak ada bug atau masalah yang terjadi.

Nah, untuk caranya kamu bisa menggunakan aplikasi “PC Health Check” terlebih dahulu. Aplikasi ini berfungsi untuk mengecek apakah perangkat kamu bisa menjalankan Windows 11 atau tidak. Untuk tutorial cara menggunakannya, simak berikut ini.

  1. Silakan download PC Health Check melalui tautan berikut ini.
  2. Jika sudah download, silakan klik dua kali file setupnya.
  3. Disini, silakan centang License Agreement -nya dan setelah itu lanjut dengan klik “Install”.
  4. Kemudian tunggu proses instalasinya hingga selesai (tidak lama). Setelahnya, silakan langsung jalankan aplikasinya dengan centang dialog berikut.
  5. Selanjutnya adalah silakan lakukan cek kesehatan PC dengan klik “Check Now”.
  6. Jika PC kamu mendukung mengoperasikan Windows 11 maka akan ada informasi dengan tanda centang seperti disebelah kiri. Namun, jika belum bisa maka akan muncul tanda silang seperti pada gambar sebelah kanan.

Untuk lebih lengkap mengenai spesifikasi minimum untuk mengoperasikan Windows 11, silakan simak tabel spesifikasinya dibawah ini.

ProsesorDual Core atau lebih tinggi dengan dukungan 64-bit berkecepatan 1 Ghz
RAM4 GB
Penyimpanan64 GB (SSD/HDD)
System FirmwareUEFI, Secure Boot capable
Kartu Grafis (GPU)Kompatibel dengan DirectX 12 dengan WDDM 2.0 Driver
Resolusi Tampilan1.280 x 1080 (720p) High Definition

Yang perlu kamu ketahui adalah untuk saat ini, Windows 11 lebih banyak kecocokan untuk laptop terlebih dahulu karena manufakturnya brandnya lebih jelas. Sedangkan untuk PC kebanyakan belum mendukung dikarenakan belum optimal dari berbagai hardware yang terpasang. Oleh karena itu bila ingin mencoba, silakan coba kecocokannya di laptop terlebih dahulu.

error: Salin konten dilarang
Exit mobile version