25+ Tombol Shortcut Adobe Photoshop Agar Editing Semakin Cepat dan Efektif!

Tombol Shortcut Adobe Photoshop
Beri Nilai Informasi

25+ Tombol Shortcut Adobe Photoshop – Adobe Photoshop merupakan salah satu software pengolah atau edit gambar yang sudah terkenal sejak lama. Kemampuannya dalam mengedit dengan berbagai tools-tools mutakhir menjadikan software ini paling direkomendasikan untuk para editor gambar. Untuk orang yang sudah mahir dan profesional dalam menggunakan software ini, biasanya mereka menggunakan teknik “shortcut” untuk mempercepat editing. Selain cepat, cara ini cukup efektif dalam fungsinya dalam menggunakan tools yang tepat.

Namun, bagi pemula atau orang yang masih awam dengan software tersebut, tentu mereka belum mengetahui apabila dalam memanipulasi gambar di Adobe Photoshop ini terdapat teknik shortcut yang mana dengan teknik ini membuat kegiatan editing semakin cepat dan efektif.

25+ Tombol Shortcut Adobe Photoshop Agar Editing Semakin Cepat dan Efektif!

Oleh karena itu, sebagai pemula atau orang yang masih awam dengan teknik editing di Adobe Photoshop, kamu perlu mengetahui tombol shortcut berikut ini agar dapat mengetahui apa saja sebenarnya fungsi dari tools yang tersedia. Selain itu, pembahasan ini bisa kamu jadikan sebagai dasar dalam pembelajaran awal di Adobe Photoshop. Lebih lengkapnya, mari kita simak berikut ini.

1. Tombol Shortcut “F”

Tombol ini berfungsi untuk mengganti mode tampilan dalam lembar kerja. Terdapat tiga mode dalam tombol ini, yakni tampilan normal, full screen atau full screen dengan background hitam.

2. Tombol Shortcut “X”

Jika kamu ingin mengganti warna pada lembar kerja, tekan saja tombol “X” pada keyboard. Tombol ini akan menukarkan warna antara background dengan foreground. Tombol ini cocok sekali digunakan jika kamu sering melakukan masking shortcut, sebab sangat berguna.

3. Tombol Shortcut “D”

Jika kamu ingin mengembalikan warna foregorund dan background ke seperti semulanya yaitu warna hitam dan putih, maka tombol keyboard “D” sangat berguna untuk kamu fungsikan.

4. Tombol Shortcut “Ctrl + “+” atau Ctrl + “-””

Gunakan tombol CTRL + “+” (plus) atau CTRL + “-” (minus) untuk zoom secara cepat.

5. Tombol Shortcut “Ctrl + 0″

Fit on Screen, maksudnya adalah agar lembar kerja yang ingin diedit dapat ditampilkan sesuai dengan ukuran layar monitor PC kamu, sehingga pandangan lebih sesuai.

6. Tombol Shortcut “Ctrl + Alt + Z”

Biasanya kita jingin mundur proses menggunakan Ctrl + Z yang berarti perintah undo, sedangkan tombol shortcut dengan kombinasi Ctrl + Alt + Z berarti kamu bisa mundur satu langkah lebih lanjut setiap kali memencet kombinasi ini. Jadi kalau kamu merasa melakukan kesalahan di beberapa langkah ke belakang, tekan saja tombol shortcut ini.

7. Tombol Shortcut “Ctrl + Shift + N”

Digunakan untuk membuat layer baru dalam lembar kerja.

8. Tombol Shortcut “Ctrl + A”

Membuat seleksi pada semua obyek yang ada di kanvas.

9. Tombol Shortcut “Ctrl + D”

Gunakan kombinasi ini untuk deselect (membatalkan pilihan) semua gambar.

10. Tombol Shortcut “Ctrl + E

Tombol ini digunakan untuk menyatukan atau menggabungkan semua layer yang berbeda. Tapi, sebelumnya kamu harus memilihnya terlebih dahulu dengan tahan tombol “Ctrl” kemudian pilih layer -nya dan setelah itu baru kamu gunakan tombol shortcut “Ctrl + E” untuk menyatukan semuanya.

11. Tombol Shortcut “Ctrl + Shift + E”

Merge visible alias menggabungkan semua layer yang terlihat menjadi satu.

12. Tombol Shortcut “Ctrl + G”

Agar layer bisa terorganisir dengan rapih sesuai dengan grupnya, maka tombol ini digunakan untuk membuat folder agar layer bisa dimasukan ke dalam sini.

13. Tombol Shortcut “Ctrl + T”

Free transform, alias dengan fungsi dari tombol shortcut “Ctrl + T” kamu bisa memperbesar, memutar, mengecilkan objek dengan tombol ini. Ada sedikit tips, pastikan juga kamu sambil menekan tombol “Shift” ketika ingin memperbesar/mengecilkan gambar, agar objek tetap presisi.

14. Tombol Shortcut “Ctrl + J”

New layer via copy. Dipakai untuk menduplikat layer aktif (terpilih) ke dalam layer baru.

15. Tombol Shortcut “Ctrl + Shift + I”

Invert selection. Kebalikan dari select all, perintah ini memilih objek yang tidak terseleksi.

16. Tombol Shortcut “]” atau “[“

Untuk memperbesar atau mengecilkan ukuran brush. Tapi pastikan tools brush -nya sudah diaktifkan.

17. Tombol Shortcut “}” atau “{“

Menurunkan dan menaikan softness sebuah brush sebanyak 25%.

18. Tombol Shortcut “Ctrl + Alt + 0″

Jika kamu merasa bingung berapakah sebenarnya nilai piksel dari sebuah gambar, maka tombol shortcut ini bisa kamu gunakan.

19. Tombol Shortcut “Opt + Shift + Ctrl + R”

Untuk melakukan render.

20. Tombol Shortcut “Ctrl + Alt + Shift + K”

Kalau kamu lupa dengan kombinasi shortcut, gunakan tombol shortcut kombinasi ini dan Photoshop akan menunjukkan help untuk perintah shortcut keyboard.

21. Tombol Shortcut “Ctrl + Alt + C”

Tombol shortcut ini digunakan untuk mengubah ukuran kanvas mulai dari hitungan inci, piksel, sentimeter, persent dan lain sebagainya dengan lebih akurat.

22. Tombol Shortcut “Ctrl + Alt + I”

Digunakan untuk mengubah seluruh ukuran lembar kerja yang sudah menjadi gambar.

23. Tombol Shortcut “Ctrl + Shift + S”

Untuk menyimpan gambar lagi namun dengan format dan direktori yang disesuaikan.

24. Tombol Shortcut “Ctrl + R”

Untuk menampilkan penggaris atau ruler.

25. Tombol Shortcut “Shift + Ctrl + B”

Untuk warna yang disesuaikan secara otomatis (auto color).

Itulah tombol shortcut yang telah dipaparkan pada kali ini. Semoga adanya pembahasan ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran dasar dari Adobe Photoshop khususnya untuk yang pemula dan yang masih awam. Selamat belajar dan mencoba!

error: Salin konten dilarang
Exit mobile version