Bantu saudara kita yang terkena dampak bencana alam NTT dengan berdonasi

Untuk Pemula, Beginilah Tips Sebelum Membuat Website

Ilustrasi Website
Ilustrasi Website (Domenico Loia/Unsplash)

Tak harus perusahaan atau instansi, website pun bisa dimiliki dan dibangun untuk diri sendiri. Apalagi kini zaman sudah semakin dimudahkan dengan hadirnya beragam informasi melalui mesin pencari tentang cara membuat website yang baik dan benar lagi mudah dilakukan.

Tak hanya kemudahan informasi yang didapatkan, kemudahan membangun website pun juga demikian. Pada artikel ini sudah tersedia panduan dalam membangun website bahkan dapat dilakukan tanpa memerlukan coding. Cukup melakukan berbagai setelan biasa saja, website sudah berhasil dibangun dan siap untuk publish. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak artikel berikut ini hingga selesai.

Tentukan Jenis Website Kamu

Ya, benar sekali sebelum kamu memulai membangun website, alangkah baiknya tentukan terlebih dahulu website jenis apa yang ingin kamu buat. Karena dengan menentukan jenis website yang tepat, kamu akan memiliki bayangan konsep seperti untuk website yang bakal kamu bangun nanti. Hal ini penting dilakukan untuk menyesuiakan jenis hosting, domain dan tema yang digunakan.

Berikut ini adalah beberapa jenis website yang bisa kamu pilih sebelum dibangun.

1. Website Toko Online (e-Commerce)

Merupakan jenis website yang memiliki fungsi untuk mengembangkan bisnis seperti menjual produk secara online. Produk yang dijual pun bisa berupa produk barang, digital atau jasa. Apalagi kini pertumbuhan bisnis sebuah toko bisa semakin maju dikarenakan adanya toko online yang membantu orang-orang menemukan produk lewat website tersebut.

2. Blog atau Website Pribadi

Website jenis blog memiliki konten utama berupa menghadirkan informasi kepada publik. Namun, kita sendiri harus menentukan terlebih dahulu niche blog apa yang ingin digeluti. Website blog bisa digunakan oleh pribadi maupun sektor bisnis. Kebanyakan, orang-orang yang mencari informasi akan mendapati website blog muncul dihalaman teratas pencarian.

3. Website Portofolio

Bagi kamu yang memerlukan portofolio yang keren dan tampak professional, maka memiliki website jenis portofolio adalah langkah yang tepat. Karena dengan memiliki website portofolio, orang-orang diseluruh dunia dapat melihat hasil kerja keras atau karya kamu dengan mudah. Apalagi bagi kamu yang bekerja disebuah perusahaan atau hanya seoarang freelancer, maka memiliki website portofolio adalah hal yang penting dimiliki.

4. Website Berita

Sudah sesuai namanya, website ini menghadrikan informasi berupa berita-berita terbaru. Apalagi website berita juga sering kali muncul dihalaman teratas pencarian ketika ada kabar terbaru. Website ini bisa digunakan sebagai media informasi di wilayah tertentu atau dijadikan topik khusus. Kamu bisa saja mengambil website jenis ini, asal informasi yang dihadirkan haruslah aktual dan kredibel.

5. Website Forum

Apakah kamu bergabung atau memiliki komunitas? Nah, untuk memperluas relasi kamu bisa membangun sebuah website forum. Dengan adanya website forum, maka suatu komunitas yang saling berbagi informasi bisa semakin meluas jangkauannya. Bahkan komunikasinya pun juga bisa semakin dimudahkan dengan adanya komunitas online.

Tentukan Platform Website yang Ingin Digunakan

WordPress
WordPress

Seperti kata pengantar sebelumnya, kamu bisa membangun sebuah website tanpa memerlukan keahlian coding sama sekali. Tidak wajib juga untuk mengetahui pemrograman HTML, CSS maupun PHP. Karena membangun website dengan coding dari nol tentu memakan waktu yang sangat lama dan pastinya rumit.

Solusi membangun website tanpa coding adalah dengan menggunakan WordPress. Dengan platform ini langkah awal yang dibutuhkan hanyalah membuat username beserta password, lalu lakukan instalasi. Selanjutnya, lakukan setelan dasar seperti setel waktu, negara, isi deskripsi website. Sisanya pilih tema dari ribuan tema gratis yang tersedia untuk WordPress. Jika semua sudah selesai dilakukan, website siap dipublish dan dikunjungi.

Atau jika kamu ada modal lebih dalam membangun website dan ingin terima dalam bentuk siap pakai, kamu bisa memanfaatkan jasa pembuatan website murah yang tersedia di internet.

Beberapa website berbasis WordPress dari perushaan besar antara lain SONY Music, Microsoft News Center, The Walt Disney Company, dan The New York Times Company. Tentu dengan nama-nama perusahaan beken ini sudah cukup untuk membuat kamu percaya terhadap kualitas WordPress.

Tentukan Jenis Hosting

Apa itu Hosting
Ilustrasi Hosting

Selanjutnya adalah kamu perlu menentukan jenis hosting yang sesuai untuk menaruh data website yang beroperasi. Ada beberapa jenis hosting yang bisa kamu gunakan dan level penggunannya tentu berbeda-beda. Oleh karena itu silakan tentukan terlebih dahulu jenis hosting apa yang sesuai untuk website kamu nantinya.

1. Shared Hosting

Merupakan jenis hosting terpopuler dan banyak digunakan. Alasannya adalah karena biaya hosting jenis ini relatif terjangkau dan pengelolannya mudah. Tak hanya itu saja, shared hosting juga didukung oleh layanan dukungan dari provider.

Jadi jika ada masalah, maka kamu bisa menghubungi pusat bantuannya secara langsung (biasanya tersedia live chat). Shared hosting cocok untuk digunakan oleh pemula yang ingin baru saja ingin membangun website. Shared hosting memiliki kelebihan sebagai berikut.

  • Kemudahan instalasi
  • Performa yang dapat diandalkan
  • Gratis domain dan SSL
  • Bandwidth tanpa batas

2. Cloud Hosting

Bisa dibilang cloud hosting adalah hosting yang menggunakan perpaduan antara shared hosting dan VPS hosting. Nah, oleh karena itu bagi kamu yang sekiranya paham bagaimana cara pengelolaan VPS namun ingin memiliki kapasitas hosting yang besar maka cloud hosting adalah pilihannya. Cloud hosting biasanya juga sebagai hosting alternatif dari shared hosting. Hal ini karena ada beberapa kelebihannya yaitu

  • Fully managed
  • Sumber daya yang besar
  • Pengelolannya mudah dilakukan
  • Tingkat keamanannya yang baik

3. VPS Hosting

VPS hosting biasanya digunakan oleh website yang jumlah trafiknya sudah diatas rata-rata. Bagi yang ingin menggunakan hosting jenis ini sebaiknya pahami dulu bagaimana teknisnya karena dengan menggunkan VPS hosting kita harus melakukan konfigurasi servernya secara mandiri. Biasanya hosting seperti ini digunakan untuk website e-Commerce atau layanan streaming.

Meskipun ada dukungan layanan namun sifatnya terbatas karena penyedia VPS hosting biasanya tidak memiliki akses ke server tersebut. Hal ini karena server dikelola oleh penggunanya secara mandiri. VPS hosting memang repot pengoperasiannya, namun ada kelebihan yang ditawarkan dibanding hosting jenis sebelumnya, yaitu

  • Performa lebih optimal
  • Reputasi online lebih baik
  • Kebebasan pengelolaan
  • Kemudahan backup website

Tentukan Nama Domain Website

Ekstensi Nama Domain
Ekstensi Nama Domain

Setelah kamu menentukan hosting, kini tentukan nama domain website kamu. Nama domain berfungsi sebagai alamat untuk orang-orang agar mudah menemukan website kamu di browser. Contohnya, kamu ingin menggunakan Google untuk mencari informasi, maka ketik saja google.com di browser. Setelah itu kamu akan langsung dibawa ke situs tersebut.

Ekstensi domain tak harus berakhiran .COM melainkan bisa yang lain juga. Mulai dari .CO.ID, .WEB.ID, .NET, .INFO, .ONLINE, .SITE, .WEBSITE, hingga .XYZ. Ada beberapa tips untuk menentukan nama domain website kamu. Berikut adalah poin-poinnya.

  • Gunakan nama domain yang simple mudah diingat.
  • Selain ekstensi .COM, kamu bisa pilih ektensi yang lain juga. Coba saja agar terlihat unik daripada yang lain.
  • Hindari penggunaan tanda hubung dan angka. Contohnya: situs-ku90.com.
  • Pastikan nama domain yang kamu tentukan tidak mengandung unsur copyright (hak cipta).
  • Sesuaikan nama domain dengan website yang ingin dibangun. Contohnya, situs kompas.com merupakan website dengan konten berita.
  • Sesuaikan dengan asal target pengunjung
  • Jika sudah mantap ingin bangun website, jangan tunda-tunda beli domain karena nama domain bisa diambil oleh orang lain.

Kesimpulan

Zaman sekarang membangun website secara mandiri sudah dimudahkan dengan berbagai layanan penyedia kebutuhan website. Apalagi dengan adanya dukungan layanan dari customer service, kegiatan membangun website bakal jauh lebih mudah. Atau jika kamu ingin membuat website namun hanya terima jadi, silakan manfaatkan jasa pembuatan website di Sribu dengan beragam keuntungan yang ditawarkannya.