12+ Tips dan Trik Menggunakan iPhone 12/Pro/Max Agar Makin Maksimal

iPhone 12 Series
iPhone 12 Series (CNet)

JAVASTECH.COM – iPhone 12 sebagai ponsel pintar terbaru dari Apple menghadirkan berbagai macam perubahan baik dari performa, desain dan teknologi terbarunya. Karena itu meskipun pandemi masih merebak diseluruh dunia tapi banyak orang-orang yang berminat untuk memboyongnya.

iPhone 12 hadir dalam empat varian yaitu ada iPhone 12 mini, reguler, pro dan max. Tentu saja keempat varian tersebut sama-sama memiliki spesifikasi yang sepadan termasuk salah satunya menggunakan chipset Apple A14 Bionic. Namun, tahukah kamu untuk membuat iPhone 12 semakin maksimal ada berbagai tips dan trik yang mesti kamu ketahui.

12+ Tips dan Trik Menggunakan iPhone 12/Pro/Max Agar Makin Maksimal

iPhone 12 Series
iPhone 12 Series (CNet)

Tips dan trik yang disediakan hadir dari yang dasar hingga ke tingkat lanjut. Berikut ini adalah informasi selengkapnya yang telah dirangkum oleh Java’sTech dari PhoneArena.

1. Menyalakan Kamera dengan Cepat

Tips Menyalakan Kamera di Iphone 12
Gerakan Usap Membuka Kamera iPhone 12 (PhoneArena)

Pada layar kunci seperti yang tertera digambar, kamu akan melihat adanya ikon kamera disudut kanan bawah. Silakan tekan tombol tersebut beberapa waktu hingga masuk ke mode kamera. Atau kamu juga bisa membuka mode kamera tersebut dengan cara usap ke kiri dari tombol kamera tersebut.

2. Mencari Berbagai Fungsi Lewat Fitur “Spotlight Search”

 

Membuka Sorotan Pencarian iPhone 12
Sorotan Pencarian iPhone 12 (PhoneArena)

Di sistem operasi iOS terdapat sebuah fitur pencarian yang bernama “Spotlight Search”. Cara menggunakannya mudah yaitu cukup usap ke bawah dari tengah layar. Biasanya fitur ini digunakan untuk mencari sebuah aplikasi namun disini juga bisa digunakan untuk mencari berbagai pengaturan.

Contohnya jika kamu ingin menambah bahasa di keyboard, maka cukup ketik “language” di Spotlight Search. Disitulah muncul pengaturannya dan kamu bisa langsung memasukinya tanpa repot. Atau satu lagi jika kamu ingin menonaktifkan auto brightness maka cukup ketik saja “auto brightness” dan nanti akan muncul pengaturannya. Jadi lebih mudah bukan trik yang satu ini?

3. Rekam Video Singkat

Rekam Video Cepat iPhone 12
Rekam Video Cepat iPhone 12 (PhoneArena)

Kembali ke soal kamera yaitu ada tips untuk melakukan perekaman video secara cepat tanpa beralih ke mode video. Caranya adalah silakan buka kamera, kemudian tekan dan tahan tombol rekam videonya dan iPhone akan merekam video pendek. Apabila jari untuk menekan tombol dilepas, maka rekaman langsung berhenti saat itu juga.

4. Menggunakan Format Standar Pengambilan Gambar

JPEG Sebagai Format Gambar di iPhone 12
Pengaturan Format Gambar di iPhone 12 (PhoneArena)

Dengan menggunakan format standar untuk gambar dapat memudahkan perangkat untuk berbagi gambar atau video ke Android atau PC. Secara bawaannya, iPhone telah menggunakan format terbaru dalam pengambilan gambar ini. Alhasil perangkat yang menerima file tersebut tidak bisa mengenalinya karena berbeda. Oleh karena itu, silakan ganti format bawaan tersebut untuk mempermudah sharing gambar atau video.

Caranya masuk ke pengaturan kamera (manfaatkan Spotlight Search), kemudian pilih menu “formats”. Selanjutnya di menu tersebut pilih “Most compatible” sebagai formatnya. Namun, kekurangannya adalah format tersebut cukup memakan ruang penyimpanan. Tapi kemudahannya adalah kamu bisa berbagai file ke perangkat yang berbeda-beda dengan mudah.

5. Mengganti Pengaturan Kamera

Ubah Pengaturan Kamera iPhone 12
Mode Kamera iPhone 12 (PhoneArena)

Selanjutnya adalah bagaimana caranya untuk mengubah setelan rekaman video. Silakan ketuk angka disudut kiri atas untuk mengubah resolusi 4K dan dibawahnya. Dan kamu juga bisa mengubah setelan fps untuk berbagai macam jenis kondisi. Untuk sehari-hari kamu bisa menggunakan 30 fps dan untuk kegiatan yang sifatnya cepat contohnya kegiatan olahraga maka bisa menggunakan 60 fps.

6. Optimasi Pusat Kontrol

Pusat Kontrol iPhone 12
Optimasi Pusat Kontrol iPhone 12 (PhoneArena)

Sistem operasi iOS memiliki pusat kontrol yang berisi pengaturan cepat seperti kecerahan layar, volume, bluetooth, Wi-Fi dan masih banyak lainnya. Secara bawananya, di iOS 14 terdapat shortcut besar menuju Apple Home. Sebagian orang aplikasi ini keren namun tidak bagi yang tidak menggunakannya sehingga merasa aplikasi tersebut cukup mengganggu.

Kamu bisa menonaktifkannya dengan cara buka “control center” (manfaatkan fitur Spotilight Search). Kemudian nonaktifkan “Show Home Control”. Ketika berada di pengaturan ini kamu juga bisa menambahkan beberapa pengaturan cepat yang lebih berguna. Contohnya seperti Low Power Mode dan Screen Recording. Jika sudah menambahkannya, maka di Control Center akan muncul pengaturan cepat yang telah ditambahkan.

7. Cara Screenshot Seluruh Halaman

Screenshot Full Halaman di iPhone 12
Editor screenshot iPhone 12 (PhoneArena)

Ingin mendapatkan informasi yang full dari suatu halaman web? Maka fitur screenshot full page ini bisa kamu manfaatkan. Tetapi yang perlu diingat adalah fitur ini hanya bisa bekerja pada browser Safari saja. Selain dari itu seperti Chrome dan Opera maka tidak bisa dilakukan.

Cara menggunakan fitur ini adalah silakan cari informasi di suatu website melalui Safari. Ketika sudah menemukannya silakan screenshot seperti biasanya. Setelah itu akan muncul thumbnail kecil dan ketuk thumbnail tersebut yang nantinya akan berubah menjadi editor screenshot. Terakhir silakan ketuk “full-page” untuk mengambil seluruh halaman web. Kamu juga bisa memotong hasil screenshot dan memberikan coretan-coretan lainnya. Jika sudah selesai silakan simpan dalam bentuk PDF.

8. Perpanjang Masa Penggunaan Baterai

Fitur Low Power Mode iPhone 12
Fitur Low Power Mode iPhone 12 (PhoneArena)

Sekarang iPhone seri 12 hadir dengan panel layar AMOLED yang mana lebih makan daya untuk tampilan yang terang dan sedikit memakan daya untuk tampilan gelap. Untuk itu di iPhone 12 sudah disediakan fitur untuk menghemat daya baterai yang bernama Low Power Mode. Jika fitur ini dinyalakan maka indikatornya adalah ikon baterai berubah menjadi warna kuning.

Jika fitur ini aktif maka ada beberapa pembatasan yang terjadi. Diantaranya adalah konektivitas 5G dibatasi, mengurangi apliaksi yang disegarkan, menghentikan otomatis download dan membatasi efek-efek tampilan. Kemudian juga CPU hanya bekerja 70% saja.

9. Dark Mode di Browser Safari

Dark Mode di Browser Safari
Dark Mode di Browser Safari (PhoneArena)

Dengan menggunakan dark mode ketika membaca suatu artikel mata menjadi lebih nyaman khususnya ketika dikondisi yang gelap juga. Tapi sayangnya dark mode yang ada di browser Safari tidak bisa digunakan untuk halaman web secara defaultnya. Nah, agar bisa menggunakan fitur ini maka kamu mesti mengubahnya ke “mode membaca”.

Caranya silakan cari terlebih dahulu artikel mana yang ingin kamu baca. Kemudian silakan ketuk mode membaca yang ada disudut kiri atas. Nantinya, ia akan berubah menjadi tampilan gelap diartikelnya.

10. Manfaatkan Sensor LiDAR Untuk Pengukuran

Sensor LiDAR iPhone 12
Sensor LiDAR iPhone 12 (PhoneArena)

Sensor ini hanya tersedia di iPhone 12, Pro dan Max. Berkat adanya sensor LiDAR maka kita sebagai pengguna bisa melakukan pengukuran terhadap suatu objek atau subyek. Contohnya jika ingin mengetahui tinggi badan seseorang, silakan buka aplikasi pengukurannya dan hadapkan kamera ke arah orang tersebut seperti ingin mengambil gambar. Secara otomatis sensor akan menampilkan informasinya dengan akurat mengenai tinggi badan dari orang tersebut.

11. Arsipkan Banyak File untuk Disebar

Arsip file di iPhone 12
Arsip file di iPhone 12 (PhoneArena)

Apakah kamu ingin membagikan banyak file namun dalam satu bentuk file saja? Disini iPhone 12 bisa melakukannya dengan cara di kompres. Silakan ketuk ikon dot (tiga titik) disudut kanan atas kemudian pilih berbagai file-nya. Jika sudah terpilih, ketuk ikon dot disudut kanan bawah dan pilih “Compress”. File yang di kompres hadir dengan bentuk ZIP dan akhirnya kamu bisa membagikan banyak file dengan mudah dalam satu bentuk file saja.

12. Membuat Umur Baterai Lebih Panjang

Optimasi Pengisian Daya Baterai iPhone 12
Optimasi Pengisian Daya Baterai iPhone 12 (PhoneArena)

Melakukan pengisian daya baterai semalaman dapat menurunkan hingga merusak kesehatan baterai. Jika kamu sering melakukan kebiasaan tersebut maka silakan nyalakan fitur “Optimised Battery Charging”. Dengan fitur ini maka iPhone dapat membaca kebiasaan pengisian daya baterai dan baterai hanya akan terisi sampai 80% saja. Karena jika diisi semalaman namun kondisinya sudah penuh dapat membuat degradasi baterai lebih cepat.

error: Salin konten dilarang