Tips: Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Kontak Terlebih Dahulu

Fitur Click to Chat WhatsApp
Fitur Click to Chat WhatsApp
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Sekarang ini kita sudah bisa berkomunikasi secara cepat dan mudah dengan menggunakan aplikasi chatting. Salah satu aplikasi chatting paling populer adalah WhatsApp.

Diaplikasi tersebut, selain kita bisa berkomunikasi via telepon atau chat, kita juga bisa mengirim berbagai file seperti gambar, video, kontak bahkan hingga berbagi lokasi dapat dilakukan.

Namun, syarat agar kedua pihak bisa chattingan lewat aplikasi WhatsApp yaitu pengguna harus menyimpan nomor telepon terlebih dahulu di kontaknya. Tujuannya adalah agar detail kontak seperti nama dan foto profil bisa terlihat dengan jelas.

Meskipun begitu, ada beberapa orang yang memang tidak memerlukan simpan menyimpan kontak terhadap lawan bicaranya. Lalu apakah bisa mengirim pesan lewat WhatsApp tanpa harus simpan kontaknya?

Jawabannya adalah bisa dengan menggunakan fitur “Click to Chat”. Dengan fitur ini maka pengguna bisa melakukan chatting tanpa harus menyimpan kontaknya terlebih dahulu. Untuk tutorialnya, silakan simak selengkapnya dibawah ini.

Untuk menggunakan fitur “Click to Chat” ini, pengguna harus mengetahui nomor telepon tujuan terlebih dahulu. Jika sudah mengetahui maka silakan lanjutkan ke tutorial dibawah.

Langkah awal, silakan buka browser di smartphone atau komputer. Kemudian ketikan alamat “wa.me” (tanpa kutip) dan diikuti dengan nomor telepon tujuan beserta kode negaranya.

Kode negara didepan nomor telepon adalah pengganti dari angka nol (0). Sehingga jika tidak ada kode negaranya, maka fitur “Click to Chat” tersebut tidak bisa dilakukan. Kemudian pengguna tidak diperkenankan menggunakan simbol plus (+) didepan kode negaranya.

Alhasil, contoh alamat yang benar untuk menggunakan fitur tersebut adalah “wa.me/62896123456789” bukan “wa.me/0896123456789” atau “wa.me/+62896123456789”.

Selain itu, fitur “Click to Chat” bisa ditambahkan dengan isi pesan yang ingin langsung dikirimkan ke nomor tujuan. Untuk caranya, pengguna bisa mengikuti format alamat “wa.me/nomorwhatsapp/?teks=contoh%20pesan%20whatsapp”.

Untuk contohnya adalah “wa.me/62896123456789/?text=Halo%20bagaimana%20kabar%20kamu?”. Perlu diketahui, kumpulan karakter “%20” adalah spasi untuk tiap kalimat. Jika tidak ada, maka pesan tidak memiliki spasi.

Secara otomatis, ketika format alamat tersebut sudah diisi dan pengguna klik tombol “Click to Chat”, otomatis pesan tersebut akan terisi ke kolom pesan WhatsApp untuk dikirim ke nomor tujuan.

error: Salin konten dilarang
Exit mobile version