Resmi! 14 Januari 2021, Galaxy S21 Meluncur Pada Gelaran “Galaxy Unpacked”

Galaxy Unpacked 2021
Galaxy Unpacked 2021 (Samsung)

JAVASTECH.COM – Setelah berbagai rumor dan waktu yang cukup lama, akhirnya Samsung resmi mengumumkan jadwal peluncuran Galaxy S21 pada gelaran acara bertajuk “Galaxy Unpacked”.

Acara yang selalu digelar diawal tahun ini, Samsung biasanya selalu memperkenalkan smartphone Galaxy seri S. Nah, pada kali inilah Galaxy S21 Series akan hadir sebentar lagi sebagai smartphone flagship terbaru dari Samsung pada tahun 2021 ini.

Melalui akun Twitter resminya, Samsung menyampaikan bahwa acara Galaxy Unpacked 2021 akan digelar secara online melalui situs Samsung.com pada 14 Januari 2021. Didalam keterangan dari video pendek yang diunggahnya, Samsung menyebutkan “Pengalaman Anda akan menjadi lebih epic”.  Keterangan tersebut tidak disertai dengan perangkat apakah yang nanti bakal diperkenalkan.

 

Sebelum Samsung Mobile resmi mengumumkan acara Galaxy Unpacked, Samsung Mobile di India telah terlebih dahulu mengonfirmasi peluncuran calon flagship tersebut pada Desember 2020 lalu. Kemudian kantor Samsung Mobile di India menyusul dengan turut mengonfirmasi kepada situs SamMobile jika Galaxy S21 akan meluncur pada tanggal tersebut.

Sementara itu, di Indonesia seri Galaxy S21 diketahui telah lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Indikasinya adalah berupa sertifikat bernomor 1985/SJ IND.8/ TKDN/12/2020, tanggal 16 Desember 2020 disitus P3DN Kementerian Perindustrian.

Sertifikat tersebut memuat kode nama dari tiga perangkat Galaxy S21, yaitu SM-G991B, SM-G996B, dan SM-G998B yang masing-masing memenuhi persyaratan TKDN dengan tingkat kandungan 32,7 persen. Dari masing-masing kode tersebut, tentunya diperuntukan untuk ketiga calon flaghship baru ini.

Galaxy Unpacked 2021
Galaxy Unpacked 2021 (Samsung)

Dari informasi yang beredar, SM-G991B adalah kode nama untuk Galaxy S21 reguler. Lalu SM-G996B adalah kode nama untuk Galaxy S21 Plus dan terakhir SM-G998B adalah kode nama untuk varian Galaxy S21 Ultra. Dengan demikian, lini Galaxy S21 dapat dipasarkan di Indonesia dengan segera setelah peluncuruannya pada 14 Januari mendatang.

Dari beberapa render gambar yang tersebar di internet, Galaxy S21 Ultra akan hadir dengan modul kamera berukuran besar dibagian belakang bodinya. Dimodul tersebut terisi empat setup kamera disertai dengan LED flash.

Keempat kamera ini konon katanya yang utama beresolusi 108MP. Kemudian wide 16 MP dan dua kamera sisanya yang beresolusi 10MP yang belum diketahui secara pasti apa jenisnya. Tapi prediksinya, salah satu dari kedua sisa kamera ini adalah kamera telefoto.

Galaxy S21 Ultra nampaknya akan hadir dengan desain layar infinity-O dimana terdapat kamera selfie yang terletak diatas tengah layar. Kemudian panel layarnya berjenis AMOLED dengan bentang ukuran 6,9 inci.

Galaxy S21 Ultra
Galaxy S21 Ultra (LetsGoDigital)

Selanjutnya berdasarkan rumor yang sudah beredar bahwa Galaxy S21 Ultra akan hadir dengan memiliki Stylus S Pen seperti yang dimiliki oleh Galaxy Note.

Soal dapur pacunya, lini Galaxy S21 akan hadir dengan menggunakan chipset terbaru buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 888. Akan tetapi, lini Galaxy S21 yang menggunakan chipset tersebut dipasarkan untuk wilayah negara seperti AS, Tiongkok dan Korea Selatan. Sisanya akan kebagian dengan chipset Exynos 2100 untuk negara seperti India, Eropa dan kemungkinan juga Indonesia.

Terakhir ada informasi dari Roland Quandt, si pembocor gadget terkenal akan akurasi informasinya. Ia menyebutkan bahwa Galaxy 21 dan Galaxy S21 Plus tidak memiliki slot kartu MicroSD. Tak hanya itu saja, ia juga berspekulasi bahwa lini Galaxy S21 akan hadir tanpa unit charger paket penjualannya dibeberapa negara.

Untuk lebih jelasnya mengenai spesifikasi lengkap dari lini Galaxy S21, mari kita tunggu saja pada event Galaxy Unpacked yang digelar secara online pada tanggal 14 Januari 2021.