Advan GX Rilis, Smartphone Lokal dengan RAM dan Baterai Besar Harga Sejutaan

Advan GX
Advan GX (Advan)

JAVASTECH.COM – Kita sudah sering kali melihat vendor mancanegara merilis smartphone murah dengan spesifikasi mumpuni. Tapi kini, Indonesia juga memiliki smartphone yang bisa dikatakan mampu untuk turut berjejer dipasaran Tanah Air.

Smartphone tersebut adalah Advan GX yang sudah resmi dijual pada 12 Juli lalu secara eksklusif melalui official store Advan di Tokopedia dengan harga normal Rp 1.999.000. Namun, selama sebulan Advan mengadakan promo sehingga harganya didiskon menjadi Rp 1.799.000 dan khusus 100 pembeli pertama bakal mendapatkan voucher dari Tokopedia senilai Rp 100.000.

Jadi jika menggunakan voucher tersebut, maka pembeli bisa memboyongnya dengan harga Rp 1.699.000. Lalu apa saja yang bisa didapatkan dari Advan GX dengan harga kategori terjangkau ini?

Kita lihat bagian desain dulu dimana pada bagian belakangnya tampak bodi belakang yang minimalis dengan ada logo “Advan” dibagian sudut kiri bawahnya. Kemudian terdapat fitur sensor sidik jari untuk fitur keamanannya serta terdapat modul kamera untuk empat setup lensa.

Tampilan Advan GX
Tampilan Advan GX (Advan)

Masing-masing lensa dari kamera ini yaitu kamera utama 48MP (f/1.8), ultrawide 8MP, makro 2MP dan depth 0.3MP. Dari setup kamera ini, Advan memberikan fitur bernama Night Mode agar foto lebih terang pada malam hari serta fitur Steady Mode agar video lebih stabil dari goyangan.

Desain depan khususnya dilayarnya, Advan GX mengusung desain layar “Water Drop” dimana terdapat kamera ditengahnya yang beresolusi 25MP. Rancangan layarnya menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+ (720 x 1640 piksel) seluas 6,82 inci.

Antarmuka dari Advan GX sudah mengusung Android 11 dengan konsep stock Android alias tidak ada modifikasi antarmuka. Alhasil dengan sistem operasi yang seperti ini maka performa jauh lebih ringan dan cepat responnya.

Performanya sendiri memgandalkan chipset Unisoc Tiger T618. Chipset ini tampak jarang sekali didengar oleh orang-orang, namun chipset tersebut hampir setara dengan Snapdragon 662 namun lebih unggul 18% berdasarkan dari gadgetversus.com. 

Kemudian didukung dengan memori RAM 6GB yang tentu saja bagus untuk menunjang kegiatan biasa hingga gaming yang diklaim Advan mampu bermain game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Asphalt 9 hingga Genshin Impact. Untuk penyimpanan internalnya tergolong cukup yakni 64GB.

Soal ketahanan digunakan seharian, Advan GX tak perlu diragukan karena sudah menggunakan baterai jumbo 5.200 mAh yang bisa diisi ulang namun tanpa fast charging. Jadi waktu yang diperlukan agar terisi penuh 100% memerlukan waktu dua jam.

Terakhir kelengkapan yang dimilikinya antara lain USB Type-C, FaceID, gyroscope, Bluetooth 5.0, 4G LTE, support OTG dan support triple slot tray.

error: Salin konten dilarang