Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Berikut Perbedaan Samsung A51 vs A71, Mana yang Lebih Bagus? 

0

Samsung merupakan salah satu perusahaan teknologi yang terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas. Salah satunya adalah smartphone. Smartphone Samsung terkenal dengan produk-produk seriesnya yang memiliki keunggulan tersendiri. Seperti yang terbaru dari A-series, ada Samsung A51 dan A71 yang sedang banyak dicari oleh pengguna smartphone Samsung. Keduanya dianggap serupa, padahal tidak sama. Lalu apa saja perbedaan Samsung A51 dan A71 dan diantara kedua tipe ini, mana yang kira-kira memiliki spesifikasi lebih unggul? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Berikut Perbedaan Samsung A51 vs A71, Mana yang Lebih Bagus?Samsung A51 dan A71

Antara seri Samsung A51 dan A71 bisa dibilang serupa tapi tak sama. Hal ini karena jika dilihat dari tampilan luar, keduanya memang terlihat tidak begitu berbeda jauh. Selain ukurannya yang sedikit lebih besar A71, secara tampilan tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok, bahkan penggunaan teknologi pada layarnya pun sama persis. Maka tak heran jika kedua seri Samsung ini sering disebut kakak adik. Namun, ada beberapa aspek yang membedakan keduanya. Berikut adalah beberapa perbedaan tersebut. 

1. Prosesor dan Kapasitas MemoriExynos dan Snapdragon

Jika dilihat dari layar, kedua tipe ini menggunakan teknologi yang sama, kecuali ukuran layar yang sedikit berbeda. Namun, jika dilihat dari bagian dapur pacu, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk A51, chipset yang digunakan adalah Exynos 9611 (10nm) sementara pada seri A71 ditanamkan chiipset bertipe Qualcomm Snapdragon 730G. Dari kedua tipe chipset yang digunakan ini, Samsung A71 diklaim bisa bekerja lebih efisien. Perbedaan juga terlihat pada kapasitas RAM keduanya. Samsung A51 memiliki kapasitas RAM 6GB sedangkan A71 8GB. Pada seri A71 ini juga sudah dibekali dengan Ai Gaming Booster. Dengan teknologi ini, ketika ponsel ini digunakan untuk bermain game, maka kamu akan mendapatkan visual yang lebih smooth.

2. Kapasitas Baterai

Aspek selanjutnya yang menjadi perbedaan Samsung A51 dan A71 adalah kapasitas baterainya. Samung A51 memiliki kapasitas daya baterai sebesar 4000mAh sedangkan untuk seri A71 kapasitas baterainya adalah 4500mAh. Pada aspek baterai ini, Samsung juga sudah membekalkan teknologi fast charging pada keduanya. Meskipun begitu kecepatan pengisiannya pun tentu berbeda. Kecepatan fast charging Samsung A51 adalah 15W sedangkan A71 adalah 25W.

3. KameraKamera Samsung A51 dan A71

Perbedaan selanjutnya yang membedakan antara seri Samsung A51 dan A71 adalah pada aspek forografinya. Keduanya memang sudah menggunakan 4 kamera utama dengan konfigurasi lensa yang berbeda. Seri A51 memiliki kamera beresolusi 48MP bukaan f/2.0 sementara pada seri A71 memiliki lensa beresolusi 64MP serta bukaan f/1.8. Sedangkan sisanya memiliki spesifikasi yang sama, yaitu sama-sama memiliki lensa ultrawide beresolusi 12MP, lensa makro yang digunakan untuk mendapatkan hasil gambar bokeh beresolusi 5MP serta lensa untuk sensor kedalaman 5MP. Kamera depan kedua seri ini juga memiliki resolusi sama, yaitu sama-sama 32MP dan berbentuk punch hole.

4. Fitur Pendukung Fitur NFC

Selain beberapa aspek yang sudah disebutkan sebelumnya, aspek fitur pendukung yang dimiliki oleh kedua seri ini juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Keduanya sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih khas smartphone kelas menengah ke atas. Seperti misalnya untuk fitur sensor, keduanya sudah dibekali dengan otentikasi biometrik berupa fingerprint yang terletak di dalam layar serta sensor pengenalan wajah atau face recognition. Kedua sensor ini tentu menjadi aspek kelebihan lain yang dimiliki kedua seri Samsung ini, karena memberikan keamanan lebih kepada pengguna. Selain itu, keduanya juga sudah menggunakan fitur NFC, meskipun fitur ini hanya bisa digunakan di beberapa negara tertentu saja.

5. Harga Harga Samsung A51 dan A71

Perbedaan terakhir yang sudah pasti adalah dari segi harga. Meskipun keduanya tidak terlihat perbedaan spesifik, baik dari segi desain, pilihan warna hingga fitur, namun keduanya memiliki sistem operasi yang berbeda yang membuat performanya pun berbeda. Karena itu, harga keduanya pun berbeda. Samsung A51 dibandrol seharga 4 jutaan sedangkan untuk A71 dibandrol sekitar 7 jutaan. 

Kesimpulan

Dilihat dari berbagai perbedaan Samsung A51 dan A71 yang disebutkan di atas, pada dasarnya kedua seri Samsung ini memiliki banyak persamaan dengan beberapa perbedaan signifikan di beberapa aspek saja. Lalu mana yang lebih bagus? Hal ini kembali lagi pada kebutuhan kamu sebagai pengguna serta budget yang kamu miliki. Jadi, lebih tertarik yang mana?

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More