Spesifikasi Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold 4 5G dari Pendahulunya

Tampilan Desain Samsung Galaxy Z Fold 4 5G
Desain Elegan dari Samsung Galaxy Z Fold 4 5G (Samsung)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Samsung Galaxy Z Fold 4 5G resmi diluncurkan melalui live streaming di Samsung Galaxy Unpacked Watch Party pada Rabu (12 Oktober 2022). Terletak di 60 Tenth Avenue, New York, AS. Acara tersebut dihadiri oleh para jurnalis teknologi, influencer, pembuat konten, dan key opinion leader (KOL) dari berbagai negara.

Galaxy Z Fold 4 5G telah resmi diumumkan sebagai smartphone flagship terbaru Samsung. Ini adalah penerus Galaxy Z Fold 3 5G yang dirilis tahun lalu. Samsung menyebut Galaxy Z Fold 4 5G memiliki banyak peningkatan dibandingkan pendahulunya, baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak.

Lalu apa saja peningkatan dan perbedaan teknis dari kedua smartphone tersebut, simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Samsung Galaxy Z Fold 4 vs Z Fold 3
Samsung Galaxy Z Fold 4 vs Z Fold 3: It’s time for an upgrade (SamMobile)

Tampilan Desain dan Layar

Tampilan dan ukuran Galaxy Z Fold 4 5G dan Galaxy Z Fold 3 5G hampir sama. Keduanya sama-sama menggunakan layar Dynamic AMOLED berukuran 7,6 inci saat dibuka dan layar depan berukuran 6,2 inci. Bedanya, Galaxy Z Fold 4 5G kini mendukung refresh rate dari 1 hingga 120 Hz.

Selain itu, smartphone layar lipat terbaru Samsung memiliki kecerahan hingga 1000 nits. Dimensi Galaxy Z Fold 4 5G terlihat lebih ramping dari pendahulunya saat dibuka. Ini juga sekitar 8gram lebih ringan dari Galaxy Z Fold 3 5G. Karena smartphone ini menggunakan Gorilla Glass Victus+.

Samsung juga meningkatkan perlindungan layar Galaxy Z Fold 4 5G, berbeda dengan Galaxy Z Fold 3 5G yang masih menggunakan Gorilla Glass Victus. Untuk ketahanan, Samsung juga menggunakan rangka dan engsel lapis baja aluminium untuk ponsel Android generasi terbaru ini. Serta sertifikasi IPX8 masih disertakan untuk melindungi perangkat dari air.

Kamera

Di sisi kamera, Samsung masih membekali smartphone ini dengan tiga kamera belakang. Bedanya, Galaxy Z Fold 4 5G memiliki lensa utama 50MP (wide angle) dengan OIS Dual Pixel AF, lensa ultrawide angle 12MP, dan lensa telephoto 10MP OIS PDAF dengan 3x optical zoom.

Kamera belakang Galaxy Z Fold 3 5G terdiri dari dua lensa utama 12MP, OIS Dual Pixel, lensa ultrawide 12MP, dan lensa telephoto 12MP OIS PDAF dengan optikal zoom 2x.

Sedangkan untuk kamera lainnya, Galaxy Z Fold 4 5G masih menggunakan kamera bawah layar dengan resolusi 4MP dan kamera cover 10MP.

Chipset dan Baterai

Lalu, Galaxy Z Fold 4 5G menggunakan chipset terbaru Qualcomm, yakni Snapdragon 8+ Gen 1. Tingkatkan dari Galaxy Z Fold 3 5G dengan Snapdragon 888.

Sedangkan untuk penyimpanan, Galaxy Z Fold 4 5G hadir dengan RAM 12GB dan tersedia dalam opsi penyimpanan 256GB, 512GB, dan 1TB. Pada model sebelumnya, Samsung hanya menawarkan opsi penyimpanan 256GB dan 512GB.

Untuk meningkatkan performa, Galaxy Z Fold 4 5G dan Galaxy Z Fold 3 5G masih dibekali baterai 4.400mAh yang mendukung Super Fast Charging, Fast Wireless Charging 2.0, dan Reverse Wireless Charging.

error: Salin konten dilarang