Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Gagal Update ROM Xiaomi dengan Mudah

0

Cara Mengatasi Masalah Gagalnya Update ROM Xiaomi dengan Mudah – Xiaomi memiliki fitur update OTA (Over The Air) untuk MIUI-nya. Jadi dengan adanya fitur ini seluruh pengguna Xiaomi akan dapat merasakan update secara langsung dari paket apabila telah disediakan oleh pihaknya. Tentunya dengan update tersebut, pengguna dapat melihat apa saja yang baru serta memonitor jalannya upate.

Tetapi tak jarang pula beberapanya mengalami kegagalan pada saat proses tersebut. Kegagalan yang sering terjadi adalah munculnya pemberitahuan Can’t Verify Update atau Tidak Dapat Memverifikasi Pembaruan. Terkadang jika muncul hal tersebut tak jarang membuat orang kesal, karena sudah terkurasnya kuota demi mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

Beberapa Penyebab Gagalnya Update ROM XiaomiCara Mengatasi Masalah Gagalnya Update ROM Xiaomi dengan Mudah

1. HP Xiaomi Menggunakan ROM “Abal-abal” atau Distributor

Ini sering sekali terjadi pada HP pabrikan asal Negeri Tirai Bambu, dipalsukan dengan menggunakan ROM Distributor atau “Abal-abal”. Singkatnya, ROM Distributor sendiri adalah ROM asli dari Xiaomi yang sudah dioprek atau dimodifikasi oleh pihak tertentu sebelum diteruskan ke distributor dan akhir dipasarkan dengan tujuan tertentu. Untuk mengetahui ciri-cirinya sudah Admin rangkum sebagai berikut.

  • Banyaknya iklan yang keluar secara tiba-tiba
  • Garansi bukan dari TAM/Erajaya dan Trikom. Sehingga patut untuk dicurigai keasliannya apabila garansi selain dari itu
  • Jika menggunakan Bahasa Indonesia, maka akan terdapat beberapa bahasa yang kurang formal (Tidak Resmi)
  • Tidak bisa melakukan update MIUI lewat OTA (Over The Air)
  • Terdapat aplikasi bawaan yang bermasalah
  • Memiliki kode versi MIUI sebanyak 6 hingga 8 digit dan terdapat huruf CN. Tetapi untuk membedakan yang ini nampaknya cukup sulit, karena ROM China sendiri memiliki kode CN

Contoh ROM Distributor atau “Abal-abal”: 8.0.3.0.0 (MCECNDG)Contoh Kode Versi ROM Distributor

2. Koneksi yang Tidak Stabil Saat Proses UpdateKoneksi Tidak Stabil

Ukuran dalam mengupdate ROM Xiaomi biasanya dari 500MB sampai 1GB ke atas. Sebelum melakukan update, kita harus mendownload filenya terlebih dahulu. Disinilah terkadang koneksi kuat dan stabil dibutuhkan.

Karena bila koneksi tidak stabil atau naik-turun, maka file yang didownload berpotensi rusak karena data internet yang ditransmisikan tidak sempurna. Sehingga terjadilah tidak dapat memverifikasi pembaruan dikarenakan sumber dianggap kurang.

3. Penyimpanan Internal Sudah PenuhPenyimpanan Internal Penuh

Ternyata hal ini juga berpengaruh terhadap update ROM Xiaomi. Pasalnya, file yang sedang didownload membutuhkan ruangan pada memori internal untuk menyimpan file secara sementara sebelum akhirnya di-install.

Cara Mengatasi Masalah Gagalnya Update ROM Xiaomi dengan Mudah: (Tutorial)Cara Mengatasi Masalah Gagalnya Update ROM Xiaomi dengan Mudah

Cara ini terbagi menjadi tiga metode dan dapat diterapkan disemua versi MIUI termasuk MIUI 9 dan 10.

Metode Pertama: Download Ulang File Update Melalui Updater

  1. Bila sebelumnya sudah pernah mendownload file update, maka silakan untuk hapus kembali melalui Berkas > Penyimpanan (Penyimpanan Bersama Internal) > downloaded_romHapus ROM
  2. Jika sudah dihapus, maka download ulang filenya lewat aplikasi updater. Usahakan untuk menggunakan koneksi WI-FI apabila ingin mendownload karena ia memiliki koneksi yang kuat. Tetapi bila kamu ingin mendownload dengan bermodalkan kuota HP, carilah waktu yang penggunaan koneksinya tidak padat atau tidak dalam jam sibuk. Misal, download saat malam hari.
  3. Saat kamu sudah melakukan proses downloading, disarankan untuk membiarkannya saja dan jangan sampai ada aktivitas lain selain download file update karena berpotensi  mengalami kegagalan.
  4. Setelah itu bila muncul keterangan Reboot/Mulai Ulang Sekarang artinya masalah gagalnya update MIUI terselesaikan.

Catatan: Sebelum reboot HP, pastikan baterai kamu berada diatas 50%. Karena proses ini install-update ini memakan waktu yang cukup lama

Metode Kedua: Pilih Paket Pembaruan Dari Hasil Download ROM Secara Manual di Web MIUI

  1. Pastikan ROM yang ada dipenyimpanan internal sudah dihapus. Bila belum maka cara menghapusnya melalui Berkas > Penyimpanan (Penyimpanan Bersama Internal) > downloaded_romHapus ROM
  2. Download ROM MIUI sesuai dengan tipe HP kamu diweb https://en.miui.com/download.htmlDownload ROM Lewat Web ResmiCatatanDisarankan untuk mendownload ROM lewat PC untuk mencegah kerusakan/corrupt file
  3. Setelah download file, copy-paste file ke penyimpanan internal HP. Kenapa copy-paste? Bila file yang sudah kamu taruh dipenyimpanan internal ternyata rusak karena masalah pada saat transfer, kamu masih bisa mengambilnya lagi di PC
  4. Sekarang kamu buka aplikasi updater untuk memulai update dengan ROM yang sudah kamu download. Caranya klik Ikon Tiga Titik Disudut Kanan Atas > Pilih Paket PembaruanPilih Paket Pembaruan
  5. Cari file .zip yang sudah kamu copy di penyimpanan internal

Metode Ketiga: Flash Ulang HP Xiaomi

Bila sudah menggunakan dua metode yang telah disediakan diatas namun belum membuahkan hasil, kamu bisa menggunakan cara terakhir ini. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk mengatasi masalah tidak bisa update ROM Xiaomi.

Untuk flash ulang HP Xiaomi dibutuhkan sebuah PC dan software Mi Flash Tool dan  jangan lupa untuk backup data pribadi kamu sebeluma memulai flashing agar tidak terjadinya kehilangan data apabila ada kesalahan dalam prosesnya.

Tetapi untuk saat ini Admin belum bisa membuatkan tutorialnya, karena tutorial yang satu ini cukup panjang dan Admin harus mempelajarinya terlebih dahulu agar apabila sudah bisa dan kemudian hari dibuatkan informasinya tidak ada kesalahan dalam langkah-langkahnya. Maka dari itu silakan untuk mencari sumber dari situs lainnya.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkannya dan mohon maaf apabila ada kekurangan dalam informasi ini. Segala kekurangan akan Admin pelajari agar dikemudian hari dapat memperbaikinya ke yang lebih baik lagi. Jumpa lagi dipembahasan berikutnya!

Kamu mungkin juga berminat

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, maka situs ini menggunakan cookie Setuju Read More