MIUI 12.5 Enhanced Dirilis, Inilah Ponsel Xiaomi yang Kebagian Update

Poster MIUI 12.5 Enhanced
Poster MIUI 12.5 Enhanced (Xiaomi)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – MIUI merupakan antarmuka berbasis Android yang diterapkan pada ponsel besutan Xiaomi. Sebagai vendor global, pihaknya rutin merilis pembaruan (update) dari antarmuka tersebut agar menjaga performa tetap optimal.

Sebelumnya, Xiaomi sudah merilis MIUI 12.5 pada Desember 2020 lalu dan kini telah rilis versi upgrade -nya, yaitu MIUI 12.5 Enhanced.

MIUI terbaru ini sudah rilis sejak awal Agustus 2021, akan tetapi baru digelontorkan untuk ponsel Xiaomi wilayah China saja. Untuk ponsel Xiaomi pasaran global, dijanjikan bakal mendapatkan update MIUI 12.5 Enhanced secara bertahap, sekitar Oktober hingga Desember 2021.

Pengumuman ini telah disampaikan secara resmi melalui publikasi di laman resmi perusahaan tersebut. Pembagian update tahap pertama diberikan kepada sembilan ponsel flagship dari keluarga Mi 10 dan Mi 11. Berikut ini adalah daftarnya.

  • Mi 10
  • Mi 10 Pro
  • Mi 10T
  • Mi 10T Pro
  • Mi 11
  • Mi 11 Ultra
  • Mi 11i
  • Mi 11X
  • Mi 11X Pro

Untuk ponsel lainnya, Xiaomi sendiri belum memberikan informasi lebih lanjut apakah ponsel diluar daftar tersebut akan kebagian MIUI 12.5 Enhanced atau tidak. Lalu apa saja yang baru dari MIUI 12.5 Enhanced dibandingkan MIUI 12.5 yang biasa?

MIUI anyar ini menjanjikan akan ada sejumlah peningkatan terbaru, khususnya dalam penggunaan ponsel dimana tingkat konsumsi dayanya lebih rendah dibanding sebelumnya.

Fitur Pengoptimalan di MIUI 12.5 Enhanced (Xiaomi)

Fitur Atomized Memory

Implementasinya yakni adanya fitur “Atomized Memory” dimana dengan fitur ini dapat mengoptimalkan penggunaan RAM sehingga memungkinkan ponsel dapat menyimpan lebih banyak aplikasi di latar belakang (background).

Selanjutnya, penggunaan CPU juga turut dioptimalkan pada pembaruan MIUI 12.5 Enhanced. Disebutkan penggunaan CPU dikurangi hingga 15 persen dan pengurangan konsumsi daya hingga 8 persen dalam beberapa skenario penggunaan.

Fitur Liquid Storage

Masih ada lagi, yaitu fitur “Liquid Storage” adalah mekanisme media penyimpanan terbaru yang disediakan pada MIUI 12.5 Enhanced. Fitur ini akan melakukan defragmentasi pada media penyimpanan, sehingga memperpanjang umur performa dari ponsel.

Xiaomi mengklaim, dengan Liquid Storage, maka penurunan performa ponsel hanya sebesar 5 persen saja setelah penggunaan 3 tahun, sebagaimana dihimpun dari AndroidAuthority, Senin (30/8/2021).

Fitur Focused Algorithms

Fitur pengoptimalan terakhir bernama “Focused Algorithms” yang dapat mengalokasikan sumber daya sistem berdasarkan skenario penggunaan.

Mekanisme fitur ini adalah memprioritaskan proses aplikasi yang paling sering digunakan oleh pengguna sesuai skenario dan meminimalisir yang sekiranya paling banyak memakan sumber daya ponsel. Alhasil, dengan fitur ini dapat memastikan performa ponsel Xiaomi pengguna bakal lebih lancar dan mulus pastinya.

error: Salin konten dilarang
Exit mobile version