Diserbu Netizen Indonesia, Kolom Komentar Instagram Microsoft Ditutup

Kolom Komentar Instagram Microsoft di Tutup
Kolom Komentar Instagram Microsoft di Tutup

JAVASTECH.COM – Dalam survei bertajuk “Digital Civility Index (DCI)” yang dipimpin oleh Microsoft, pihaknya membeberkan bahwa netizen Indonesia adalah pengguna yang paling tidak sopan se-Asia Tenggara.

Akibat dari hal tersebut, akun Instagram Microsoft langsung diserbu oleh netizen Indonesia hingga akhirnya kolom komentar ditutup. Hal ini terlihat dari Microsoft yang menutup kolom komentar untuk 9 feeds unggahan terakhirnya. Hanya ada tampilan jumlah likes dan tombol sharing saja.

Microsoft Menutup Kolom Komentar di Akun IG-nya
Microsoft Menutup Kolom Komentar di Akun IG-nya

Mengapa akun Instagram Microsoft diserbu oleh netizen Indonesia? Hal ini disebabkan oleh pemaparan survei dari Microsoft yang menyebut jika netizen Indonesia adalah pengguna yang paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Merasa tidak terima, netizen Indonesia beramai-ramai melontarkan hujatan ke kolom kolom komentar akun Instagram Microsoft.

Dengan ulah netizen Indonesia seperti itu, tentu membuktikan kebenaran survei Microsoft bahwa netizen Indonesia memanglah tidak sopan. Bahkan salah satu postingan Microsoft yang berisi hampir 10 ribu komentar isinya kebanyakan adalah hujatan saja.

Netizen Indonesia Disebut Tidak Sopan se-Asia Tenggara
Isi Kolom Komentar Feeds IG Microsoft

Akan tetapi dari ribuan hujatan tersebut, ada beberapa netizen yang meminta maaf atas ulah rekan senegaranya yang membuat kolom komentar hanya berisi hujatan.

Yang lain ada juga yang sempat melawak dengan menyebutkan jika netizen Indonesia sedang menerapkan Sila ke-3 dari Pancasila yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Nah, disitu artinya saat bangsa diserang, disitulah rakyat harus bersatu melawan musuh tersebut.

Bagaimana Microsoft dapat menilai netizen Indonesia adalah yang paling tidak sopan? Diberitakan sebelumnya bahwa dalam surveinya, Microsoft meneliti 16 ribu responden di 32 negara. Sistem penilaiannya bersakala 0-100 dan apabila semakin tinggi nilainya, artinya tingkat kesopanan netizen di negara tersebut semakin rendah.

Hasil skor untuk tingkat kesopanan netizen dari Indonesia adalah 76, lebih buruk dari skor pada tahun 2019 lalu. Namun, uniknya adalah yang paling tidak sopan justru bukan dari kalangan netizen remaja, melainkan orang dewasa. Lalu siapa netizen yang paling sopan se-Asia Tenggara? Yaitu negara tetangga, Singapura.

Dengan adanya survei ini seharusnya membuat kita semakin sadar untuk berubah ke netizen yang lebih baik. Yuk, bijak dalam bersosial media agar warga negara Indonesia tidak disebut lebih buruk daripada itu.

error: Salin konten dilarang