Masih Baru, iOS 15 Muncul Bug “iPhone Storage Almost Full”

Bug iPhone Storage Almost Full
Bug iPhone Storage Almost Full (Apple Insider)

JAVASTECH.COM – Pekan ini, iOS 15 resmi diluncurkan oleh Apple untuk iPhone besutannya yang kompatibel. Namun, belum lama perilisannya, ternyata muncul bug yang cukup mengganggu.

Bug ini diungkapkan oleh beberapa pengguna melalui akun Twitter. Salah satunya dari akun @MTB_Phil yang mengeluhkan munculnya notifikasi “iPhone Storage Almost Full” berkali-kali setelah update ke iOS 15.

Notifikasi ini muncul di menu pengaturan (Settings) dan fungsi utamanya untuk mengingatkan pengguna apabila kapasitas penyimpanan iPhone sudah hampir penuh.

Permasalahan dari bug ini adalah notifikasi tersebut muncul dalam kondisi ruang penyimpanan iPhone pengguna masih tersisa banyak. Yang membuat lebih kesal pengguna adalah notifikasi tersebut tidak bisa dihilangkan.

“Ketika saya mengetuk notifikasi tersebut, tak ada yang terjadi,” kat Phil Mardon dengan akun Twitter @MTB_Phil.

Meski Apple sudah mulai mendengar adanya keluhan tentang bug ini, pihaknya belum memberi tanggapan apapun mengenai hal tersebut. Hanya saja memberikan saran dengan melakukan reset iPhone.

Terlepas dari bug notifikasi, ternyata pengguna juga menemukan bug lain berupa sisa ruang penyimpanan iPhone tidak akurat.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu pengguna lewat akun Twitter @Angelo_Campher yang mengatakan sisa ruang penyimpanan iPhone miliknya melebihi kapasitas di 172,96 GB dari aslinya hanya 128 GB.

Tak sampai disitu saja, ada juga yang mengeluhkan lamanya proses pembacaan sisa kapasitas penyimpanan pada iPhone. Alhasil, sistem tidak bisa menampilkan sisa kapasitas tersebut.

Dari MacRumors, Kamis (23/9/2021) terdapat keterangan yang mengatakan jika Apple mulai meluncurkan pembaruan iOS 15.1 versi beta untuk beberapa pengguna.

Meski demikian, pembaruan tersebut belum bisa dipastikan dapat menyelesaikan masalah “iPhone Storage Almost Full”. Karena iOS 15.1 ini pun belum diketahui kapan dirilis untuk pengguna umum.

Bug ini sebelumnya sudah ditemukan pada iOS 15 sekitar satu bulan sebelum dirilis ke publik. Bahkan ada yang menemukannya di tiga edisi iOS 15 versi beta.

Mengingat tak sedikit yang mengalami bug iOS 15 ini, kemungkinan Apple akan meluncurkan iOS 15.0.1 dalam beberapa hari ke depan sebelum meluncurkan update iOS 15.1. Langkah bertahap ini ini diambil demi mengatasi bug yang dialami pengguna.

Sebagai pengguna iPhone, apakah kamu mengalami hal yang sama seperti diatas? Jika iya, jangan lupa untuk cek rutin ketersediaan pembaruan iOS 15 tersebut untuk mengatasi bug penyimpanan.

error: Salin konten dilarang