Informasi Teknologi Terbaru Untuk Kamu!

Intel atau AMD? Manakah Prosesor yang Terbaik Untuk Kamu?

0

Ketika ingin membeli sebuah komputer lalu dirakitnya, tentu kita akan menentukan telebih dahulu perangkat keras apa yang ingin digunakan. Ada berbagai macam perangkat keras yang kita perlukan untuk membangun sebuah komputer. Apalagi jika komputer tersebut adalah komputer yang dibangun berdasarkan impian. Mungkin jika VGA, PSU, RAM dan sebagainya bisa dipilah-pilih karena ada berbagai merk yang bisa digunakan. Tapi jika kamu menentukan prosesor maka pilihannya hanya dua saja, Intel atau AMD.

Dua merk ini sama-sama bagus dan banyak digunakan. Nah, sekarang masalahnya adalah terkadang kita ingin merancang komponen komputer dibingungkan dengan dua pilihan prosesor ini. Pihak satu bilang gunakan saja AMD sekaligus menjelaskan kelebihannya. Pihak kedua pun demikian mengatakan pilih saja Intel dengan membandingkan ke kompetitornya. Dua pendapat inilah yang sebenarnya sama-sama bagus malah membuat kita jadi bingung sendiri ketika menentukannya.

Intel atau AMD? Manakah Prosesor yang Terbaik Untuk Kamu?Intel dan AMD

Ketika ingin membangun sebuah komputer kita memang diharuskan untuk mengetahui terlebih dahulu tentang komponen-komponen yang akan digunakan. Khususnya ketika akan memilih prosesor untuk komponen pemrosesan komputer. Lalu bagaimanakah menentukan pilihan prosesor yang terbaik?

Kelebihan Prosesor IntelIntel

Intel merupakan prosesor komputer yang sudah mendunia sejak lama. Sebenarnya sama dengan AMD umurnya, namun jika dilihat dari popularitas dan brandingnya memang masih menang Intel. Hal ini karena Intel sering mengeluarkan prosesor dengan teknologi atau terobosan terbarunya. Seperti yang terbaru kali ini adalah Intel Core i7 dengan gen 10. Bagi yang memerlukan kecepatan pemrosesan dengan tingkat tinggi, maka prosesor Intel adalah pilihannya. Tetapi, harga yang dipatok oleh Intel pun juga tinggi menyesuaikan dengan apa yang dibawa oleh prosesor buatannya.

Kemudian walaupun Intel terkenal karena kecepatannya, ternyata keunggulan lainnya dari prosesor ini adalah hemat daya. Khususnya ketika terpasang pada laptop yakni penggunaan baterainya yang irit. Dengan kata lain, prosesor intel hemat listrik ketika digunakan.

Merk Intel memang terkenal karena kecanggihan teknologi yang dibuatnya. Salah satunya adalah ketika prosesor ini bekerja suhunya tidak mudah panas. Karena teknologi yang dirancang oleh Intel adalah prosesornya dapat mengatur suhu dengan sendirinya. Maka dari itu jarang sekali ada kasus prosesor ini mengalami overheating ketika beroperasi.

Masih berlanjut dari beroperasinya prosesor ini. Keunggulan lainnya adalah prosesor intel tidak berisik ketika sedang bekerja. Sebenarnya wajar saja ketika prosesor mengeluarkan suara seperti hembusan angin asalkan suara yang dihasilkan tidak berlebihan. Karena dapat mengganggu kenyamanan para penggunanya. Intel tetap mengedepankan kenyamanan para pengguna dengan tetap bagaimana caranya agar prosesor ini tidak mengganggu meskipun hanya soal suara.

Intel lebih dikenal karena merk yang unggul, plus menghadirkan teknologi terbaru ketika diperkenalkan ke publik. Hal ini juga didukung karena Intel adalah produsen prosesor yang lebih dulu ada dibandingkan dengan AMD. Karena umur yang lebih lama, maka tingkat kepercayaan konsumen lebih kepada Intel. Tapi jika dibandingkan dari segi kualitas, keduanya sama-sama memiliki kualitas teknologi yang baik. Jikalau ada yang kurang, mungkin perbandingannya hanya 9/10 saja.

Kekurangan Prosesor Intel

Dari keunggulan yang telah disebutkan ternyata Intel masih memiliki kekurangan yang harus kamu ketahui juga. Berbicara soal performa yang handal, tinggi dan spesifikasi mantap memang Intel adalah juaranya. Namun, harga yang dipasarkan oleh Intel mahalnya juga juara. Harga yang mahal dari Intel memang sudah setara dengan apa yang dimiliki oleh prosesor tersebut. Jadi, mau alasan apapun sebaiknya lihat kembali dari keunggulannya.

Selain prosesornya terbilang mahal, biaya perbaikannya pun juga demikian. Karena jika prosesor Intel mengalami kerusakan, maka untuk memperbaikinya prosesor dan motherboard harus dipisah terlebih dahulu. Nah, disini biaya untuk pemisahannya saja sudah mahal bagaimana dengan perbaikan prosesornya?

Ada teknologi APU atau Accelerated Processing Unit dimana prosesor memiliki kemampuan ganda untuk pemrosesan operasi komputer (CPU) dan pemrosesan grafis komputer (GPU). Pada prosesor Intel memiliki chipset yang tertanam pada motherboard yang mampu untuk mengelola grafis tanpa membutuhkan VGA add-on. Ini biasa disebut dengan VGA on-board.

Sedangkan AMD memikiki pemrosesan grafis (GPU) yang ditanam ke dalam prosesor buatannya. Artinya adalah didalam prosesor AMD terdapat juga VGA yang sudah terintegrasi atau tertanam. Sehingga dapat mengolah grafis tanpa membutuhkan VGA dan pemrosesannya dikerjakan oleh prosesor tersendiri. Inilah yang dikatakan teknologi APU atau Accelerated Processing Unit.

Jika disimpulkan, maka AMD unggul dibandingkan Intel soal pemrosesan grafis tanpa VGA tambahan. Karena sebuah prosesor AMD Ryzen 3 2200G mampu menjalankan game PUBG tanpa VGA tambahan. Bagaimana dengan prosesor Intel? Tentu kegiatan menjalankan game tidak akan bisa dilakukan jika tidak ada VGA tambahan.

Tetapi jika kita bandingkan soal bagaimana pemrosesan gamenya (bukan grafis), maka prosesor Intel tetap yang unggul dibandingkan AMD. Karena Intel mampu mengemban operasi yang sifatnya berat.

Kelebihan Prosesor AMDAMD

Sesudah mengetahui tentang Intel, kini saatnya menyebrang ke bagian kompetitornya yakni Advanced Micro Devices atau lebih dikenal dengan “AMD”. Sedikit intermezo, AMD selain dapat membuat prosesor komputer atau laptop ternyata ia juga dapat membuat GPU. Salah satunya yang kita kenal adalah AMD Radeon.

Berbicara soal grafis dari AMD, ternyata kompetitor Intel itu juga memiliki APU atau Accelerated Processing Unit. APU adalah sebuah prosesor yang didalamnya sudah terintegrasi dengan VGA yang ditanam. Jadi, sebuah grafis masih dapat diolah hanya dengan sebuah prosesor tersendiri. Nah, salah satunya adalah pada prosesor AMD Ryzen 3 2200G yang mampu menjalankan game PUBG tanpa VGA tambahan. Sedangkan Intel tidak bisa melakukan hal tersebut. Disinilah teknologi mutakhir milik AMD yang tidak ada pada Intel.

Ingin prosesor siap gaming namun harga tetap terjangkau? Maka AMD adalah pilihan yang tepat untuk kamu! Mengapa prosesor AMD lebih murah? Karena mereka belum mendominasi pasar dunia dalam kanal prosesor. Hingga saat ini saja, Intel masih merajai pasar prosesor. Meskipun murah, tetapi AMD ini peminatnya ternyata banyak khususnya untuk gamers menengah ke bawah.

Selain prosesor siap gaming dengan harga terjangkau, ternyata prosesor tersebut terdapat fitur yang tidak ada pada Intel juga. Fitur tersebut bernama Enchanced Virus Protection (EVP) yang dapat mendeteksi malware ketika aplikasi atau program dijalankan. Cara kerjanya adalah EVP mengecek program yang dijalankan, kemudian jika terdeteksi ada virus program tidak dijalankan. Tetapi, jika tidak ada virus, maka program bisa jalan dengan izin AMD. Program EVP ini berjalan juga dengan menyisihkan sebagian memori dari aplikasi sebagai data saja. Walaupun murah tetapi keren bukan fiturnya?

Kekurangan Prosesor AMD

Pernahkah kamu mendengar dari beberapa orang yang mengatakan prosesor AMD itu cepat panas? Ya, ini adalah salah satu kekurangan dari prosesor AMD yakni cepat panas. Mengapa demikian? Karena prosesor AMD ketika sedang transfer data, maka kecepatan transfer yang dihasilkan akan dipertahankan. Dampak baiknya adalah transfer data berjalan stabil namun efek sampingnya adalah prosesor menjadi panas. Ditambah lagi jika heatsink dan fan dari AMD tidak mampu menangani panas dari prosesor yang bekerja, maka panas pun semakin bertambah.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai prosesor Intel dan AMD. Pembahasan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang kunggulan dan kekurangan disetiap masing-masing prosesor. Tetapi disini bisa ditarik kesimpulan bahwa apabila kamu ingin memiliki performa komputer yang mantap maka prosesor Intel bisa jadi pilihanmu.

Namun, imbangi juga dengan budget yang kamu miliki. Nah, berbicara budget bagi yang ingin sekelas Intel namun dengan harga terjangkau maka prosesor AMD bisa jadi pilihanmu untuk budget yang standar-standar saja. Jika dipikirkan, AMD masih memiliki keunggulan yang beda tipis dengan Intel salah satunya soal VGA terintegrasi. Sekarang semua keputusan pilihan menjadi ditangan kamu.

Tinggalkan pesan

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy