Harga Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 Z 5G yang Resmi Rilis di Indonesia

Oppo Reno 8 Pro 5G
Oppo Reno 8 Pro 5G (Oppo)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Pada Kamis (15/09/2022), Oppo secara resmi memperkenalkan smartphone Mid-Range terbaru mereka dengan Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 Z 5G. Smartphone anyar mereka diperkenalkan disebuah acara yang bertempatkan di Oppo Gallery Gandaria City Mall.

Kehadiran duo ponsel ini, sekaligus menjadi pelengkap dari duo ponsel terbaru Oppo yang sebelumnya sudah diperkenalkan dan dijual di Indonesia dengan Oppo Reno 8 4G dan Reno 8 5G.

Dari KompasTekno, Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia mengungkapkan bahwa Oppo Reno 8 Pro 5G memiliki desain yang lebih menarik dan berbeda ketimbang Reno 8 Z 5G.

“Desain Reno 8 Pro 5G terinspirasi dari Oppo R5, bukan brand ponsel lain, sehingga cangkangnya bisa dirancang simetris dan elegan,” ungkapnya kepada KompasTekno di Oppo Gallery Gandaria City, Kamis (15/09/2022).

Lalu bagaimana rangkuman spesifikasi dari kedua ponsel terbaru ini? Berikut ini pembahasannya.

Spesifikasi Oppo Reno 8 Pro 5G

Oppo Reno 8 Pro 5G Glazed Green (Oppo)

Jika berdasarkan kelasnya, Oppo Reno 8 Pro 5G adalah kelas tertinggi dari silsilah lini Oppo Reno 8 yang sudah dirilis di Indonesia. Bisa dikatakan demikian karena Oppo Reno 8 Pro 5G memiliki nama yang mewakili dari spesifikasi mumpuni yang ia miliki.

Salah satu keunggulan yang paling diperlihatkan adalah spesifikasi kameranya dimana Oppo Reno 8 Pro 5G memiliki chipset khusus Neural Processing Unit (NPU) untuk kameranya dengan nama “MariSilicon X”.

Kerennya adalah chip ini dibuat oleh Oppo sendiri dan memiliki keistimewaan bahwa chipset yang digunakannya berasal dari smartphone flagship Oppo Find X5 Pro 5G. Dengan chipset MariSilicon X ini tentu membuat tangkapan kamera menjadi lebih bagus khususnya di kondisi minim cahaya dan kualitasnya bisa selayak kamera profesional.

Selain menggunakan chip MariSilicon X, Aryo Meidianto juga mengatakan jika kamera Reno 8 Pro 5G menggunakan dua sensor kelas flagship dari Sony dengan Sony IMX766 untuk kamera utama IMX709 untuk kamera selfie.

“Oppo Reno 8 Series dibekali dengan sensor kamera IMX yang bekerja sama dengan Sony untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus,” tambahnya Aryo.

Terdapat tiga kamera pada bagian belakang bodi Reno 8 Pro 5G. Masing-masing dengan kamera utama 50 MP (Sony IMX766, f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Kamera belakang ini sudah dilengkapi dengan fitur 4k Ultra Night Video dan 4K Ultra HDR Video.

Beralih ke kamera depannya dengan dengan resolusi sebesar 32 MP dengan sensor Sony IMX709 (f/2.4). Kamera yang didesain dalam bentuk “punch hole” ini, sudah dilengkapi dengan fitur autofocus lock.

Spesifikasi berikutnya beralih ke mesinnya yakni Oppo Reno 8 Pro 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8100-Max 5G (5nm). Prosesor ini dikombinasikan dengan memori penyimpanan 256 GB dan RAM yang disediakan dalam dua pilihan, 8 GB atau 12 GB.

Memori RAM yang terbilang sudah besar ini masih disediakan fitur ekspansinya yang kapasitasnya bisa diperbesar lagi hingga 7 GB. Jika penggunanya menggunakan fitur ini, maka total RAM yang digunakan dari 8 GB menjadi 15 GB dan 12 GB menjadi 19 GB.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi layarnya? Reno 8 Pro 5G memiliki luas layar 6,7 inci dengan panel AMOLED beresolusi Full HD+ (2.412 x 1.080). Serta layarnya sudah didukung dengan fitur refresh rate 120Hz.

Untuk mendukung jalannya spesifikasi ini, Reno 8 Pro 5G dibekali baterai sebesar 4.500 mAh dengan fitur fast charging SuperVOOC 80W. Teknologi pengisian daya cepat ini diklaim dapat mengisi hingga 50 persen dalam waktu 11 menit saja. Selain fitur SuperVOOC sebesar 80 watt, baterainya juga mendapat fitur baru dengan “Battery Health Engine”. 

Menurut Aryo, dengan adanya fitur ini maka bisa mengurangi degradasi (kerusakan) baterai dan bisa memperpanjang usia baterai sampai 1.600 kali pengisian daya.

Beberapa fitur pendukung untuk Reno 8 Pro 5G antara lain konektivitas 5G karena dukungan chipset, fingerprint under display, NFC, Android 12 dengan ColorOS 12.1, Bluetooth 5.3, Wi-Fi 6, USB Type-C, stereo speaker dan sistem pendingin Ultra Konduktif.

Reno 8 Pro 5G hadir di Indonesia dengan dua pilihan warna, mulai dari Glazed Green dan Glazed Black.

Spesifikasi Oppo Reno 8 Z 5G

Oppo Reno 8 Z 5G (Oppo)

Selanjutnya adalah Oppo Reno 8 Z 5G, smartphone yang memiliki spesifikasi tidak segarang versi pro. Ukurannya juga lebih kecil dibanding versi pro yakni dengan ukuran layar 6,4 inci menggunakan panel AMOLED yang memiliki resolusi Full HD+ (2.400 x 1.080 piksel). Spesifikasi layarnya sedikit dipangkas dengan refresh rate yang normal 60Hz saja.

Pada layarnya terdapat kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.4). Sedangkan dibagian belakangnya terdapat tiga setup kamera dengan masing-masing kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera depth 2 MP (f/2.4) dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Tidak disebutkan Reno 8 Z 5G menggunakan sensor dari manufaktur mana.

Untuk mendukung pemrosesan foto, Reno 8 Z 5G menggunakan prosesor dari Qualcomm dengan Snapdragon 695 5G (6nm) yang dikombinasikan dengan memori RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB. Ponsel ini juga mendapatkan fitur RAM Expansion yang bisa diperluas sampai 5 GB.

Baterainya sendiri memiliki kapasitas 4.500 mAh dengan fitur SuperVOOC 33 Watt. Menurut klaim Aryo, Reno 8 Z 5G mampu mencapai 100 persen pengisian daya dalam waktu 68 menit.

Yang menarik dari ponsel ini adalah, terdapat dua LED pada dua lingkar kamera belakangnya. Lampu LED ini disebut Oppo dengan “Dual Orbit Lights”. Lampu ini memiliki banyak warna karena mendukung RGB. Jadi ketika ada notifikasi, maka lampu ini akan menyala. Diklaim juga bahwa Dual Orbit Lights ini hanya memakan daya 1 persen saja selama 2 jam aktif.

Beberapa fitur pendukung lainnya antara lain konektivitas 5G, Android 12 dengan ColorOS 12.1, fingerprint under display, NFC, Wi-Fi, Bluetooth 5.3 dan USB Type-C.

Oppo Reno 8 Z 5G hadir di Indonesia dengan dua pilihan warna, yakni Dawnlight Gold dan Starlight Black.

Harga Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 Z 5G

Harga dari Oppo Reno 8 Pro 5G dengan memori 12/256 GB senilai Rp 10 juta. Sedangkan untuk Reno 8 Z 5G dengan memori 8/256 GB dijual senilai Rp 6 juta.

Bagi yang berminat, maka calon pembeli bisa melakukan pre-order yang dimulai dari 16-22 September 2022. Khusus Oppo Reno 8 Pro 5G, ponsel ini hanya bisa dipesan secara online melalui eraspace.com, Oppo Online Store dan Tokopedia. Sedangkan Oppo Reno 8 Z 5G bisa dipesan secara online maupun offline.

Ada benefit yang bisa diperoleh dari pembelian Oppo Reno 8 Pro 5G yakni pembeli akan memperoleh TWS Oppo Enco Air secara gratis. Sedangkan bagi yang membeli Reno 8 Z 5G akan memperoleh speaker bluetooth Reno 8 Soundbokz.

error: Salin konten dilarang
Exit mobile version