Xiaomi Merilis Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro, Tablet Android ala iPad Pro Harga Rp 4 Jutaan

Xiaomi Mi Pad 5
Xiaomi Mi Pad 5
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Sebelumnya, Xiaomi sudah merilis duo tablet mereka pada tahun 2018 yaitu Mi Pad 4 dan Mi Pad 4 Plus. Beranjak tiga tahun, kini vendor elektronik asal Negeri Tirai Bambu, kembali memperbarui lini tablet buatannya dengan Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro.

Tablet Android buatan Xiaomi tersebut telah diumumkan dalam sebuah event peluncuran yang digelar pada Selasa (9/8/2021) lalu.

Duo tablet anyar ini, meskipun dibedakan dari segi nama, tapi memiliki desain yang tampak hampir sama persis. Bahkan sama persis juga jika dibandingkan dengan iPad Pro milik Apple. Hal ini karena keempat sisi bingkai yang dimiliki duo Mi Pad 5 memiliki desain flat (rata) seperti iPad Pro.

Lalu, alih-alih sudut tablet dibuat membulat (rounded) seperti generasi sebelumnya, tablet anyar tersebut justru kini dibuat nyaris menyiku (squared).

Ukuran Layar Mi Pad 5
Ukuran Layar Mi Pad 5

Untuk spesifikasinya sendiri dimulai dari layarnya terlebih dahulu. Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro sama-sama memiliki layar dengan panel IPS LCD berukuran 11 inci yang memiliki resolusi WQHD Plus (1.600 x 2.560 piksel).

Kemudian didukung juga dengan refresh rate 120Hz agar tampilan scrolling lebih mulus ketika digunakan. Layarnya yang sudah cukup luas ini, juga mengusung desain bezel-less sehingga tampilan serasa lebih luas lagi. Tak hanya itu saja, terdapat fitur peningkatan tampilan dari Dolby Vision, HDR10 dan teknologi TrueTone.

Kesamaan antara Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro memang terletak pada desain bodi dan layarnya. Untuk sisanya seperti pada bagian jeroannya tentu berbeda. Berikut adalah spesifikasi untuk kedua tablet tersebut.

Spesifikasi Mi Pad 5

Untuk kebutuhan tangkapan gambar atau rekam video, Mi Pad 5 hanya mengandalkan satu kamera belakang beresolusi 13MP (f/2.0) dan satu kamera depan dengan resolusi 8MP (f/2.0). Perekamannya, support 4K 30fps dan 1080p 30fps.

Performanya, tablet ini ditanamkan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 860 yang dikombinasikan dengan memori RAM 6GB dan penyimpanan internal dengan dua opsi 128GB atau 256GB.

Penggunaan sehari-hari, tablet ini didayai dengan baterai berkapasitas 8.720 mAh yang bisa diisi ulang dengan pengisian daya cepat sebesar 33W.

Bagaimana kualitas audionya? Jangan khawatir, Mi Pad 5 memiliki empat buah speaker yang dilengkapi dengan fitur Dolby Atmos agar audio yang dihasilkan lebih imersif.

Spesifikasi Mi Pad 5 Pro

Sesuai namanya, spesifikasi dari tablet yang satu ini jelas lebih tinggi dari sebelumnya. Tapi ada perbedaan soal kamera di Mi Pad 5 Pro ini karena terdapat dua varian berbeda yakni varian WiFi dan 5G.

Untuk varian WiFi memiliki dua kamera belakang dengan 13MP (f/2.0) dilengkapi dengan AF dan kamera depth dengan 5MP (f/2.4).

Sedangkan varian 5G, memiliki kamera belakang namun satu lensa saja, Meski demikian, resolusi kamera tersebut dibesarkan yakni 50MP (f/2.5). Kamera depannya sendiri 8MP saja.

Soal performanya, menggunakan chipset buatan Qualcomm juga tapi dengan spesifikasi yang lebih tinggi yaitu Snapdragon 870 dengan kombinasi memori yang sama dengan versi reguler -nya. Tapi, Mi Pad 5 Pro menyediakan satu varian memori tambahan, yaitu 8/256GB.

Soal penggunaan sehari-hari, baterai dari Mi Pad 5 Pro ini lebih kecil 120 mAh dari versi regulernya, yaitu 8.600 mAh. Namun, fast charging yang dimilikinya lebih cepat, yaitu berdaya 67W.

Kualitas audionya berbeda dengan Mi Pad 5 reguler, karena untuk versi Pro memiliki delapan speaker dengan fitur Dolby Atmos.

Untuk UI dari kedua tablet anyar ini menggunakan sistem operasi Android 11 yang dimodifikasi dengan “MIUI for Pad”. UI khusus tablet Xiaomi tersebut selain dirancang untuk memaksimalkan multitasking, juga seakan dirancang untuk menyaingi iPadOS milik Apple.

Kemudian, duo Mi Pad 5 ini juga sudah support aksesoris stylus magnetis dan case tablet yang dilengkapi dengan keyboard fisik. Hal ini sudah persis seperti aksesoris untuk iPad Pro.

Harga Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro

Untuk wilayah China, Mi Pad 5 varian WiFi dibanderol senilai 1.999 Yuan (Rp 4.4 juta) untuk memori 6/128GB. Sedangkan memori 6/256GB dibanderol senilai 2.299 Yuan (Rp 5,1 juta).

Sedangkan Mi Pad 5 Pro varian WiFi dijual seharga 2.499 Yuan (Rp 5,5 juta) untuk memori 6/128GB dan untuk memori 6/256GB dihargai 2.799 Yuan (Rp 6,2 juta).

Untuk Mi Pad 5 Pro varian 5G dengan memori 8/256GB dijual senilai 3.499 Yuan (Rp 7,7 juta). Informasi ini berdasarkan dari Gizmochina, Rabu (11/8/2021).

Apakah akan turut dijual diluar China? Untuk hal tersebut belum ada informasi lebih lanjut, maka dari itu kita tunggu saja informasi terbarunya soal gadget ini.

error: Salin konten dilarang