Samsung Resmi Rilis Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, Tahan Air dan Mendukung S-Pen

Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Pada acara peluncurannya bertajuk “Galaxy Unpacked” melalui kanal YouTube, Samsung secara resmi memperkenalkan flagship duo flagship terbarunya yakni Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Acara yang digelar pada Rabu (11/8/2021), Samsung meluncurkan duo flaghsip tersebut sebagai penerus dari Galaxy Z Fold2 dan Z Flip yang sebelumnya telah diumumkan September tahun lalu.

Pada generasi yang terbaru ini, banyak sekali perubahan yang diberikan oleh Samsung terhadap flagship anyar ini. Mulai dari desain yang segar, fitur baru hingga soal ketahanan smartphone itu sendiri.

Tak heran jika Samsung bangga dengan inovasi yang berhasil diterapkan terhadap smartphone lipat yang mereka buat. Generasi sebelumnya yang masih memiliki banyak kekurangan, kini sudah berhasil diperbaiki dan bahkan ditingkatkan kualitasnya.

Seperti contohnya Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, keduanya sudah memiliki sertifikasi tahan air IPX8 dimana smartpone ini mampu direndam dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Apakah mungkin air tidak akan masuk melewati engsel smartphone? Samsung telah merancang sebaik mungkin untuk kedua smartphone lipat ini dengan pita tahan air dan bahan anti karat pada engselnya.

Serta untuk melindungi mainboard dari adanya percikan air, Samsung telah merancang dengan adanya karet pelindung dan CIPG.

https://youtu.be/7Nq5P6V25M8

Dengan demikian, Samsung telah menjadi vendor pertama didunia yang dapat menerapkan smartphone lipat dengan keunggulan tahan air IPX8.

Masi soal ketahanan, teruntuk Galaxy Z Fold3 kualitas layarnya kini diklaim lebih tangguh dibanding generasi sebelumnya, Z Fold2. Karena layar utama Z Fold3 yang super besar ini telah dilindungi oleh lapisan film baru yang diklaim 80 persen lebih kuat.

Lalu Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, kini sama-sama menggunakan bahan smartphone dari Armor Alumunium, baik untuk engsel dan bingkainya. Alhasil, ketahanan smartphone lebih kuat 10 persen dari generasi sebelumnya.

Ketahanan smartphone ini belum usai, masih ada perlindungan dari Corning Gorilla Glass Victus sebagai proteksi layar dan bodi terkuat saat ini untuk kedua ponsel lipat tersebut.

Setelah membahas keunggulan terbarunya mengenai ketahanan smartphone lipat, lalu bagaimana dengan spesifikasi jeroan yang diberikan oleh Samsung?

Spesifikasi Galaxy Z Fold3

Rangkuman Spesifikasi Galaxy Z Fold3
Rangkuman Spesifikasi Galaxy Z Fold3 (Samsung)

Layar utama dari Galaxy Z Fold3 memiliki ukuran ketika dibuka lipatannya sebesar 7,6 inci beresolusi QXGA Plus (1.768 x 2.208 piksel).  Sedangkan layar sekundernya, memiliki bentang seperti smartphone umumnya yakni 6,2 inci beresolusi HD Plus (832 x 2.268 piksel).

Untuk panel keseluruhannya menggunakan Dynamic AMOLED 2x yang dilengkapi dengan fitur HDR10+ dan refresh rate 120Hz.

Dibagian layar utamanya terdapat satu kamera selfie yang mungkin nyaris tidak diketahui oleh pengguna. Ya, Samsung telah menerapkan “Under Display Camera” (kamera dalam layar) dengan resolusi 4MP (f/1.8).

Teknologi kamera dalam layar ini sebenarnya sudah ramai ingin digunakan oleh beberapa vendor, namun baru Samsung saja yang berhasil menerapkan teknologi ini.

Untuk bagian kamera belakangnya, terdapat setup tiga lensa secara vertikal dengan masing-masing kamera utama 12MP (f/1.8), telefoto 12MP (f/2.4) dan ultrawide 12MP (f/2.2). Kamera ini sudah dilengkapi juga dengan teknologi OIS agar lebih stabil.

Lalu bagaimana performa dari flagship ini? Galaxy Z Fold3 mengadopsi chipset dari Qualcomm yakni Snapdragon 888 sebagai chipset terkencang saat ini. Dikombinasikan dengan memori RAM 12GB dan dua pilihan penyimpanan internal, 256GB atau 512 GB.

Pemakaian sehari-hari sudah tergolong aman dengan baterai berkapasitas 4.400 mAh yang mendukung fast charging 25W, fast wireless charging 11W dan reverse wireless charging 4.5W.

Kelengkapan lain yang dimilikinya antara lain konektivitas 5G, support dual-SIM, fingerprint side mounted, Android 11 dengan One UI 3, Flex Mode, Bixby, Samsung DeX, NFC, Bluetooth 5.2 dan tentu saja support stylus S-Pen.

Untuk pertama kalinya, S-Pen telah hadir untuk Galaxy Z Fold3. Dengan adanya stylus ini, maka pengguna bisa melakukan kegiatan dengan stylus seperti membuat catatan, menggambar hingga multitasking disejumlah aplikasi.

Stylus yang tersedia terdapat dua varian, yakni S-Pen Fold dan S-Pen Pro. Bedanya, S-Pen Fold hanya bisa digunakan untuk Galaxy Z Fold3 saja karena tidak memiliki fitur Bluetooth.

Sedangkan S-Pen Pro bisa digunakan untuk perangkat Galaxy Tab, Galaxy Book hingga Galaxy Note. Hal ini karena S-Pen Pro memiliki fitur Bluetooth sehingga bisa diubah pemakaian perangkatnya..

Sayangnya, Galaxy Z Fold3 tidak memiliki tempat khusus tersendiri untuk “pulpen” ini seperti pada lini Galaxy Note. Namun, sebagai gantinya, S-Pen Fold bisa disimpan dalam aksesoris casing untuk smartphone lipat tersebut.

Spesifikasi Galaxy Z Flip3

Rangkuman Spesifikasi Galaxy Z Flip3
Rangkuman Spesifikasi Galaxy Z Flip3 (Samsung)

Yang satu ini, bentuknya bisa dibuat lebih mungil daripada Galaxy Z Fold3. Karena model lipatannya menggunakan model clamshell atau cangkang kerang (terbuka vertikal). Alhasil, ketika dilipat, smartphone ini ukurannya hanya sebesar dompet saja.

Layarnya sendiri ketika dibuka berukuran 6,7 inci dengan panel Dynamic AMOLED 2x beresolusi Full HD+ (1.080 x 2.640 piksel). Dilengkapi juga dengan fitur HDR10+ dan refresh rate 120Hz.

Terbarunya, kini Galaxy Z Flip3 memiliki layar sekunder yang lebih besar yaitu 1,9 inci dengan panel Super AMOLED beresolusi 260 x 512 piksel.

Dengan layar sekunder yang lebih besar ini, dapat mempermudah pengguna untuk interaksi cepat seperti baca notifikasi, ganti lagu, melihat jam, mengatur kecerahan, mengangkat telepon bahkan bisa digunakan untuk “cermin” selfie.

Disamping layar sekunder, terdapat dua kamera belakang dengan masing-masing kamera wide 12MP (f/1.8) dan ultrawide 12MP (f/2.2). Sudah dilengkapi juga dengan teknologi OIS dan ada pelindung kaca lensa dari Gorilla Glass DX.

Untuk kamera selfienya memiliki resolusi 10MP (f/2.4) dengan desain Infinity-O. Tidak ada teknologi Under Display Camera yang ditanam pada Z Flip3.

Performanya sendiri, Samsung mengandalkan Snapdragon 888 dikombinasikan dengan RAM 8GB dan dua pilihan penyimpanan, 128GB atau 256GB. Performanya ketika digunakan cukup aman dengan baterai 3.300 mAh yang mendukung fast charging 25W, fast wireless charging 11W dan reverse wireless charging 4.5W.

Kelengkapan lain yang dimilikinya antara lain konektivitas 5G, Bluetooth 5.1, Dual-SIM, fingerprint side-mounted, Android 11 dengan One UI 3, Flex Mode, Samsung Pay, Bixby dan USB Type-C 3.1.

Harga Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Galaxy Z Fold3 tersedia dalam tiga warna, yakni Phantom Black, Phantom Green dan Phantom Silver. Untuk harganya varian memori 12/256GB senilai Rp 24.999.000. Sedangkan varian memori 12/512GB senilai Rp 26.999.000

Galaxy Z Flip3 memiliki varian warna yang lebih bervariasi, ada Cream, Phantom Black, Green dan Lavender. Untuk harganya varian memori 8/128GB dibanderol Rp 14.999.000 dan varian memori 8/256GB dibanderol Rp 15.999.000.

Bagi yang berminat, maka bisa melaukan pre-order melalui situsnya di www.galaxylauncpack.com. Didalam masa pre-order tersebut terdapat benefit yang bisa diraih oleh peminat.

You May Also Like

About the Author: Admin of Javastech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.