Android Juga Punya! Inilah 10 Fitur Tersembunyi Milik Android 10!

Beri Nilai Informasi

Fitur Tersembunyi Milik Android 10 – Dalam gelaran acara Google I/O, di ajang tersebut sekaligus dijadikan event untuk memperkenalkan Android 10. Kemudian pada tanggal 3 September 2019 silam secara resmi Google menyampaikan bahwa Android 10 telah resmi rilis. Tentu saja dari dahulu hingga kini ada saja pembaruan yang membuat Android semakin banyak diminati oleh pengguna smartphone. Karena masih baru, Android 10 ini belum meluncur secara luas untuk smartrphone melainkan hanya beberapa saja. Seperti salah satunya smartphone Pixel besutan dari Google itu sendiri.

Sebelumnya kita telah mengetahui tentang fitur tersembunyi milik Apple di iOS 13 yang digadang-gadang Android tidak memilikinya. Seolah tak ingin dikalahkan, nampaknya Android teranyar ini juga memiliki serangkaian fitur tersembunyi yang patut diuji. Fitur tersembunyi ini pastinya bakal memiliki kemampuan untuk lebih meningkatkan kinerja smartphone dengan berbasis Android 10.

Android Juga Punya! Inilah 10 Fitur Tersembunyi Milik Android 10!
Fitur Tersembunyi Android 10

Kedua sistem operasi ini memang selalu bersaing dalam menawarkan layanan terbaiknya. Lalu sebenarnya apa saja fitur tersembunyi yang dimiliki oleh Android 10 sehingga dapat menyaingi iOS 13? Berikut ini adalah daftar 10 fitur tersembunyi milik Android 10!

1. Undo Aplikasi yang TerhapusUndo Aplikasi yang Terhapus

Kadang secara tidak sengaja kita telah menghapus aplikasi dari home screen. Namun, berkat hadirnya Android 10 kini hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi. Karena kamu bisa undo aplikasi yang sebelumnya terhapus dari home screen. Ketika terhapus dari home screen, maka akan muncul pop-up dibawah layar dengan opsi “undo” untuk membatalkannya. Tapi yang perlu kamu ingat adalah bahwa tindakan ini hanya berlaku untuk aplikasi di home screen saja. Melainkan bukan aplikasi dari pengaturan.

2. Penghemat Baterai TerjadwalPenghemat Baterai Terjadwal Android 10

Sekarang tindakan menghemat baterai pada smartphone sudah menjadi hal yang wajib dilakukan agar penggunaannya bisa semakin lama. Oleh karena itu, Google turut menghadirkan fitur hemat baterai lewat pembaruan Android 10. Namun, fitur ini berbeda dari yang lain karena bisa menyala sesuai jadwal yang disetel oleh penggunanya. Misalnya, kamu bisa menjadwalkan fitur ini akan menyala apabila di waktu-waktu baterai sudah mulai lemah. Cara mengaktifkannya yakni ke Settings > Battery > Battery Saver > Set a Schedule.

3. Smartreply Smart Reply Android 10

Apakah kamu salah satu orang yang super sibuk sehingga tidak sempat membalas pesan? Nampaknya fitur “Smart Reply” yang hadir di Android 10 bisa membantu kamu untuk mengatasi hal tersebut. Fitur Smart Reply dapat membalas pesan secara cepat dan mudah dengan bantuan respon yang disarankan. Lalu darimana respon ini bisa muncul? Nah, Android 10 memiliki teknologi machine learning sehingga perangkat berbasis Android 10 akan mempelajari respon yang biasa digunakan oleh pengguna.

4. Wi-Fi Sharing Lewat QR CodeWiFi Sharing Android 10

Siapa disini pengguna HP Xiaomi atau Huawei? Tentu sudah tidak asing bukan dengan fitur yang bisa sebar Wi-Fi lewat QR Code? Nah, karena sifatnya memudahkan pengguna lain untuk meminta internet dari pemilik HP, maka Google menyematkan fitur “Wi-Fi Sharing via QR Code” ke Android 10. Fungsinya yakni untuk berbagi password melalui barcode yang dipindai atau sebaliknya hanya memindai saja. Berkat fitur ini, mendapatkan Wi-Fi jauh lebih mudah dan cepat dibanding harus mencari dan mengetik password.

5. Personalisasi Tampilan Lewat Mode PengembangPersonalisasi Android 10 Mode Pengembang

Agar pengguna smartphone berbasis Android 10 tidak merasakan bosan, maka Google telah menambahkan opsi untuk personalisasi tampilan lewat mode pengembang. Fitur terbaru ini bisa digunakan untuk mengubah tampilan dari warna, bentuk ikon, font dan lain sebagainya yang tersedia. Jadi, fitur ini memungkin kamu untuk dapat menggunakan berbagai warna aksen untuk mengubah warna teks dan ikon sisem diberbagai UI Android 10.

6. Gesture Diagonal Google AssistantGesture Akses Google Assistant

Google Assistant memang sangat membantu manusia dalam memberikan layanan. Seperti contohnya adalah memberitahu pengguna bahwa jalan dengan alamat tertentu sedang macet atau lancar. Lewat pembaruan Android 10 kini cara mengakses Google Assistant dengan mengusap dua sudut layar bagian bawah. Adanya langkah baru dalam akses Google Assistant dapat memberikan pengetahuan tentang bagaimana aktivasi “asisten pribadi” tersebut.

7. Deteksi Port USB yang KotorDeteksi USB Port yang Kotor Android 10

Port USB pada smartphone memang tersedia dalam bentuk yang terbuka agar langsung dicolokan dengan charger. Kadang kita sebagai pengguna tidak menyadari bahwa port tersebut telah kotor. Port USB yang kotor dapat menyulitkan charger untuk terhubung ke port. Nah, alhasil kita akan memaksa charger untuk terhubung dengan cara-cara tertentu dan disini bisa mengakibatkan kerusakan.

Di Android 10 ada fitur canggih yang bisa mendeteksi jika USB port kotor. Tak hanya kotor saja, melainkan jika ada benda cair sekalipun. Cara kerja fitur canggih ini adalah Android akan menonaktifkan port USB dan memunculkan notifikasi apabila terdeteksi. Namun, dinotifikasi tersebut masih diberikan opsi untuk tetap bisa menyalakan port USB apabila diinginkan. Hadirnya fitur ini berperan untuk mencegah kerusakan pada port USB.

8. Percepat Lagu di Panel NotifikasiNotifikasi Musik Android 10

Mungkin kamu tidak akan ternotis dengan fitur tersembunyi ini apabila tidak menyetel lagu di Android 10. Ya, lewat Android terbaru ini kamu dapat memajukan atau memundurkan beberapa detik dalam durasi lagu lewat panel notifikasi.

9. Status Baterai yang DetailStatus Baterai Android 10

Pada Android 9 maupun sebelumnya lagi hanya menampilkan status baterai dengan persentase saja. Beda halnya di Android 10, kini dapat melihat status baterai lebih detail. Pada gambar yang tertera kamu melihat bahwa perkiraan penggunaan baterai yakni sampai pukul 9:30 malam. Cara mengaktifkan fitur ini adalah ke Settings > Battery > enable Battery Percentage toggle.

10.  Focus ModeFocus Mode Android 10

Sesuai dengan namanya, fitur ini memang difungsikan agar penggunanya dapat fokus dalam satu hal yang sedang dilakukan di smartphone -nya. Fitur ini merupakan bagian dari layanan Digital Wellbeing yang tengah difokuskan oleh Google. Cocok sekali digunakan untuk kamu yang terkadang suka kecolongan bermain sosial media ketika waktu kerja, misalnya.

Ketika fitur ini diaktifkan maka ikon aplikasi yang telah dipilih sebelumnya akan berubah menjadi warna abu-abu. Selanjutnya dibarengi dengan munculnya pesan “warning”  saat kamu mencoba membukanya. Selain itu notifikasi aplikasi yang masuk tidak akan muncul dan bisa muncul kembali apabila dimatikan fiturnya. Cara menggunakan focus mode adalah ke Settings > Digital Wellbeing & Parental Control > Focus Mode.

Kesimpulan

Nampaknya tak hanya iOS 13 saja yang memiliki banyak fitur andalan dan fitur tersembunyi. Android 10 pun tidak kalah canggihnya dari fitur yang telah tersedia. Tentu dengan beragam fitur yang telah dibahas dapat memberikan layanan yang lebih baik dari sebelumnya. Apakah kamu pengguna Android menginginkan fitur-fitur diatas? Jangan lupa untuk cek update software-nya, siapa tahu kamu adalah yang beruntung mendapatkan Android 10!

You May Also Like

About the Author: Admin of Javastech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.