Instagram Reels Resmi Rilis di Indonesia, Inilah Fitur yang Mesti Kamu Coba!

Fitur Instagram Reels
Instagram Reels (Instagram)
Beri Nilai Informasi

JAVASTECH.COM – Setelah sekian lama dinanti, akhirnya Indonesia kebagian fitur baru dari Instagram yaitu “Reels” pada Rabu (23/06/2021). Dengan adanya fitur ini, maka para pengguna bisa lebih berkreasi dengan membuat video pendek yang bisa dilengkapi dengan audio atau musik serta tentu saja hasilnya bisa dibagikan ke teman-teman.

Fitur yang sudah diluncurkan ini akan mulai tersedia untuk seluruh pengguna Instagram di Indonesia dalam beberapa hari ke depan. Selain meluncurkan fitur Reels, Instagram juga memperkenalkan fitur musik di Facebook dan Instagram itu sendiri.

Fitur ini menyediakan katalog lagu dari internasional maupun lokal dan dapat digunakan oleh pengguna Indonesia secara gratis tentunya. Alhasil, dengan adanya backsound dari lagu yang digunakan, maka pengguna dapat lebih ekspresif dan kreatif dalam membuat konten singkat.

“Kami sangat senang dapat membawa Reels ke Indonesia. Instagram selalu berupaya untuk mendengarkan aspirasi para kreator dan penggunanya. Berangkat dari sini, kami banyak mendengar bahwa mereka menginginkan sebuah pengalaman membuat dan menonton video berdurasi pendek yang menghibur,” ungkap Pieter Lydian selaku Country Director untuk Facebook di Indonesia, Rabu (23/6/2021).

Jika pengguna membuat konten dengan fitur ini, maka konten tersebut berkesempatan ditonton oleh lebih dari 1 miliar pengguna Instagram melalui menu Explore. Tak hanya itu saja, sebagai penggunanya pun juga bisa menonton konten singkat milik orang lain.

Instagram Reels cocok sekali digunakan bagi orang-orang khususnya anak muda yang ingin menjadi content creator dengan dukungan fitur yang mudah. Apalagi insight untuk menjangkau para penonton lewat Instagram terbilang cukup mudah karena jumlah penggunanya tadi yang sangat banyak.

Konten Reels yang dapat ditemukan di menu Explore, dapat dibagikan juga ke feeds, Stories, Close Friends maupun dikirim melalui Direct Messages Instagram.

“Fitur-fitur yang kami luncurkan hari ini merupakan bagian besar dari masa depan konten hiburan di Instagram. Bersama dengan kehadiran fitur Musik di Facebook dan Instagram, kami memberikan banyak cara dan pilihan bagi pengguna Indonesia dalam mengekspresikan diri, mencari hiburan, dan terhubung dengan apa yang mereka sukai.” lanjutnya.

Contoh Fitur AR Effect Pada Instagram Reels
Contoh Fitur AR Effect Pada Instagram Reels (Instagram)

Fitur-Fitur Instagram Reels yang Mesti Kamu Coba!

Berikut ini adalah fitur yang tersedia di Instagram Reels.

1. Remix

Merupakan fitur yang tersedia untuk menyatukan video Reels versi pengguna dengan versi yang sudah ada sebelumnya. Disini pengguna dapat membuat video kolaborasi, sharing ekspresi wajah, penambahan perspektif, maupun konten Reels lainnya.

2. Voiceover dan Mixed Audio

Agar video Reels lebih menyenangkan, maka Instagram Reels dilengkapi dengan fitur Voiceover untuk menambahkan suara ke video dan Mixed Audio untuk menambahkan suara pengguna disertai dengan backsound lagu.

3. Tab Reels

Disini pengguna diberi “panggung” oleh Instagram untuk mendapatkan penonton melalui video yang telah dibagikan oleh kreator dan di fitur Tab Reels ini memudahkan pengguna Instagram lainnya untuk menemukan konten dari kreator. Bisa dikatakan fitur ini adalah jembatan untuk mempertemukan antara kreator dengan penonton.

4. Share Audio Pages dan Audio Browser

Berfungsi agar pengguna dapat membagikan video Reels dengan lagu yang lebih spesifik melalui DM Instagram. Sedangkan Audio Browser untuk menemukan musik dari tab “For You” dan “Trending”.

5. AR Effect

AR Effect ini bisa disebut juga dengan filter yang bisa digunakan untuk memperbagus konten Reels agar lebih menarik ketika ditonton. Pengguna dapat memilih filter yang tersedia atau bisa mencari sendiri dengan fitur “Cari Efek”. Jika sudah ditemukan, maka cukup diterapkan saja dan otomatis konten Reels diperbagus dengan filter tersebut.

6. Durasi Reels Diperpanjang Menjadi 30 Detik

Dengan durasi yang diperpanjang, para kreator dapat membuat konten Reels dengan waktu yang cukup lama agar seluruh konten yang direncanakan dapat masuk semua sesuai skenario. Tak hanya itu saja, pengguan juga bisa menambahkan pengaturan timer hingga 10 detik serta ada fitur untuk memotong atau edit klip video.

7. Branded Content dan Shopping in Reels

Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna untuk menginformasikan jika konten yang dibuat merupakan hasil kerjasama dengan sebuah brand secara transparan. Kemudian diberikan sela-sela fitur “Shopping in Reels” ke negara-negara dengan akses tersebut agar bisa melakukan kegiatan shopping langsung dari konten yang memiliki brand tersebut.

Bagaimana? Menarik bukan fitur yang tersedia di Instagram Reels? Harapannya dengan adanya Reels dapat membuat Instagram semakin menyenangkan dengan konten-konten yang menghibur lagi menarik. Apalagi berbelanja pun juga bisa semakin mudah melalui Reels karena dapat melihat peragaan produknya langsung dari pengguna.

error: Salin konten dilarang